Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
122Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Referat Meningitis Anak

Referat Meningitis Anak

Ratings: (0)|Views: 4,987 |Likes:
Published by Sarah Mahri

More info:

Published by: Sarah Mahri on Nov 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Infeksi susunan saraf pusat sampai sekarang masih merupakan keadaan yang membahayakankehidupan anak, dengan berpotensial menyebabkan kerusakan permanen pada pasien yanghidup. Infeksi ini juga merupakan penyebab tersering demam disertai tanda dan gejalakelaian susunan saraf pusat pada anak. pada anak Infeksi sebenarnya dapat disebabkan olehmikroba apapun, patogen spesifik yang dipengaruhi oleh umur dan status imun hospes danepidemiologi patogen. Pada umumnya, infeksi virus sistem saraf pusat jauh lebih seringdaripada infeksi bakteri, yang pada gilirannya lebih sering daripada infeksi jamur dan parasit.Infeksi pada sistem saraf pusat (SSP) dapat dibagi menjadi dua kategori besar: yangutamanya melibatkan meninges (meningitis) dan terbatas pada parenkim (ensefalitis).
1,2,7
Meningitis adalah sindrom klinis yang ditandai dengan peradangan pada meningesatau lapisan otak, 3 lapisan membran yang melapisi otak dan sumsum tulang belakang yangterdiri dari Duramater, Arachnoid dan Piamater. Secara klinis, meningitis bermanifestasidengan gejala meningeal (misalnya, sakit kepala, kaku kuduk, fotofobia), serta pleositosis(peningkatan jumlah sel darah putih) dalam cairan cerebrospinal (CSS). Tergantung padadurasi gejala, meningitis dapat diklasifikasikan sebagai akut atau kronis. Meningitis secaraanatomis dibagi menjadi inflamasi dura, kadang-kadang disebut sebagai pachymeningitis(agak jarang) dan leptomeningitis, yang lebih umum dan didefinisikan sebagai peradangan pada jaringan arakhnoid dan ruang subaraknoid.
2
Penyebab paling umum peradangan pada meningens adalah akibat iritasi oleh infeksi bakteri atau virus. Organisme biasanya masuk meningens melalui aliran darah dari bagianlain dari tubuh ataupun dapat secara langsung (perkontinuitatum dari peradangan organ atau jaringan di dekat selaput otak.
2
Meningitis piogenik (bakteri) terdiri dari peradangan meningens dan CSSsubarachnoid. Jika tidak diobati, meningitis bakteri dapat mengakibatkan kelemahan(
debility
) seumur hidup atau kematian. Penyakit ini fatal sebelum era antimikroba, tapidengan munculnya terapi antimikroba, tingkat kematian secara keseluruhan dari meningitis bakteri mengalami penurunan. Meskipun demikian, tetap sangat tinggi, mencapai sekitar 25%. Munculnya strain bakteri resisten telah mendorong perubahan dalam protokolantibiotik di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Para agen infektif spesifik yang
REFERAT - Meningitis
1
 
terlibat pada meningitis bakteri bervariasi di antara berbagai kelompok umur pasien, dan peradangan bisa berevolusi menjadi kondisi seperti ventriculitis, empiema, cerebritis.
2
Meningitis juga bisa juga diklasifikasikan secara lebih spesifik berdasarkan etiologinya. Beberapa penyebab infeksi dan non-infeksi telah diidentifikasi. Contoh penyebab non-infeksi yang umum termasuk obat-obatan ( misalnya, obat anti-inflammatory drugs [NSAID], antibiotik) dan carcinomatosis.
2
Meningitis akut bakteri, menunjukkan bakteri penyebab sindrom ini. Hal ini biasanyaditandai dengan onset akut gejala meningeal dan pleositosis neutrophilic. Tergantung dari bakteri spesifik penyebabnya, sindrom yang dapat disebut, misalnya, salah satu dari berikut:meningitis Pneumococcal, meningitis Haemophilus influenzae, meningitis stafilokokus,meningitis meningokokus , meningitis tuberkulosis. Tidak seperti subakut (1-7 hari) ataukronis (> 7 hari) meningitis, yang memiliki etiologi infeksi dan non-infeksi yang sangat banyak, meningitis akut (<1 hari) hampir selalu infeksi bakteri yang disebabkan oleh satudari beberapa organisme . Pasien dengan meningitis bakteri akut dapat dekompensasi sangatcepat, sehingga mereka memerlukan perawatan darurat, termasuk terapi antimikroba,idealnya dalam waktu 30 menit pada unit gawat darurat.
2
Meningitis yang disebabkan oleh organisme nonbacterial, jamur dan parasit penyebabmeningitis juga disebut menurut agen spesifik penyebabnya, seperti meningitis kriptokokal,meningitis Histoplasma, dan meningoencephalitis amebic.
2
Meningitis viral, jika, setelah hasil pemeriksaan yang luas, meningitis aseptiditemukan memiliki etiologi virus, dapat direklasifikasi sebagai bentuk meningitis virus akut(misalnya, meningitis enterovirus, meningitis herpes simplex virus [HSV]).
2
Aseptic meningitis, dalam banyak kasus, penyebab meningitis tidak terlihat setelahevaluasi awal dan karena itu diklasifikasikan sebagai meningitis aseptik. Pasien ini khasmemiliki onset akut gejala meningeal, demam, dan pleositosis serebrospinal yang biasanya jelas limfositik. Ketika penyebab meningitis aseptik ditemukan, penyakit ini bisadireklasifikasi sesuai dengan etiologi-nya. Jika metode diagnostik yang tepat dilakukan,etiologi virus spesifik diidentifikasi dalam 55-70% kasus meningitis aseptik. Namun, kondisiini juga bisa disebabkan oleh agen bakteri, jamur, mikobakteri, dan parasit.
2
REFERAT - Meningitis
2
 
BAB IIPEMBAHASAN
DEFINISI
Peradangan atau inflamasi pada selaput otak (meninges) termasuk dura, arachnoid dan piamater yang melapisi otak dan medulla spinalis yang dapat disebabkan oleh beberapa etiologi(infeksi dan non infeksi) dan dapat diidentifikasi oleh peningkatan kadar leukosit dalamlikuor cerebrospinal (LCS).
3
2.1
ANATOMI
4
2.2.1
LAPISAN SELAPUT OTAK/ MENINGES
Otak dibungkus oleh selubung mesodermal, meninges. Lapisan luarnya adalah pachymeninx atau duramater dan lapisan dalamnya, leptomeninx, dibagi menjadiarachnoidea dan piamater.
1. Duramater
Dura kranialis atau pachymeninx adalah suatu struktur fibrosa yang kuat dengan suatulapisan dalam (meningeal) dan lapisan luar (periostal). Kedua lapisan dural yangmelapisi otak umumnya bersatu, kecuali di tempat di tempat dimana keduanya berpisah untuk menyediakan ruang bagi sinus venosus (sebagian besar sinus venosusterletak di antara lapisan-lapisan dural), dan di tempat dimana lapisan dalammembentuk sekat di antara bagian-bagian otak.Duramater lapisan luar melekat pada permukaan dalam cranium dan juga membentuk periosteum, dan mengirimkan perluasan pembuluh dan fibrosa kedalam tulang itu sendiri; lapisan dalam berlanjut menjadi dura spinalis.Septa kuatyang berasal darinya membentang jauh ke dalam cavum cranii. Di anatara keduahemispherium terdapat invaginasi yang disebut falx cerebri. Ia melekat pada cristagalli dan meluas ke crista frontalis ke belakang sampai ke protuberantia occipitalisinterna, tempat dimana duramater bersatu dengan tentorium cerebelli yang meluas kedua sisi. Falx cerebri membagi pars superior cavum cranii sedemikian rupa sehinggamasing-masing hemispherium aman pada ruangnya sendiri. Tentorium cerebelliterbentang seperti tenda yang menutupi cerebellum dan letaknya di fossa craniii posterior. Tentorium melekat di sepanjang sulcus transversus os occipitalis dan
REFERAT - Meningitis
3

Activity (122)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
aengatombom liked this
Rizki Raharjo liked this
Rina Moza Arios liked this
SHaa Fizzy liked this
Ayu Wening liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->