Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Syarat Umum Kontrak

Syarat Umum Kontrak

Ratings: (0)|Views: 471 |Likes:

More info:

Published by: Gusti Putu Sila Adnyana on Nov 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2013

pdf

text

original

 
A.KETENTUAN UMUM1.DEFINISI
1.1.Dalam Syarat-Syarat Umum Kontrak ini kata-kata danungkapan-ungkapan harus mempunyai arti sepertiyang dimaksudkan atau didefinisikan disini.a.
 Jasa Konstruksi
adalah layanan jasa konsultanperencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasapelaksanaan konstruksi, layanan jasa konsultansipengawasan pekerjaan konstruksi.b.
 Jasa konsultansi
adalah layanan jasa keahlianprofesional dalam berbagai bidang konstruksi yangmeliputi jasa perencanaan konstruksi dan jasapengawasan konstruksi dan non konstruksi, dalamrangka mencapai sasaran tertentu yangkeluarannya berbentuk piranti lunak yang disusunsecara sistematis berdasarkan kerangka acuankerja yang ditetapkan Kuasa Pengguna Anggaran;c.
Kuasa Pengguna Anggaran
adalah pejabat yangdiangkat oleh Pengguna Anggaran sebagai pemilikpekerjaan, yang bertanggung jawab ataspelaksanaan pengadaan barang/jasa.d.
Penyedia jasa
adalah badan usaha atau orangperseorangan yang kegiatan usahanyamenyediakan layanan jasa;e.
Surat Perjanjian/Kontrak 
adalah perikatanhukum antara Kuasa Pengguna Anggaran denganpenyedia jasa;f.
Kontrak 
 
Kerja Konstruksi
adalah keseluruhandokumen yang mengatur hubungan hukum antaraKuasa Pengguna Anggaran dan penyedia jasadalam penyelenggaraan pekerjaan konstruksi.g.
Dokumen Kontra
 
Kerja Konstruksi
adalahkeseluruhan dokumen berdasarkan kesepakatanbersama yang mengatur hubungan hukum antaraKuasa Pengguna Anggaran dan penyedia jasauntuk melaksanakan dan menyelesaikanpekerjaan, yang terdiri dari:1).Surat Perjanjian kerja konstruksi;2).Surat Penunjukan Penyedia Jasa;3).Berita Acara Hasil Klarifikasi dan Negosiasi;4).Surat Penawaran;5).Adendum Dokumen Seleksi (bila ada);6).Syarat-Syarat Khusus Kontrak;7).Syarat-Syarat Umum Kontrak;8).Rencana Kerja dan Syarat;9).Kerangka Acuan Kerja;10).Dokumen lain yang tercantum dalamlampiran kontrak.h.
Tanggal mulai kerja
adalah tanggal mulai kerjapenyedia jasa yang dinyatakan pada Surat PerintahMulai Kerja (SPMK), yang dikeluarkan oleh KuasaPengguna Anggaran;i.
Tanggal penyelesaian pekerjaan
adalah tanggalpenyerahan pekerjaan selesai (penyerahan laporanakhir). j.
Harga kontrak 
 
Kerja Konstruksi
adalah hargayang tercantum dalam Surat Penunjukan Penyedia Jasa yang selanjutnya disesuaikan menurutketentuan-ketentuan kontrak;
Syarat-syarat Umum Kontrak 
 
k.
Hari
adalah hari kalender; bulan adalah bulankalender;l.
Pemimpin tim
adalah orang yang ditunjuk olehpenyedia jasa untuk bertanggung jawab ataspelaksanaan pekerjaan dan berkedudukan di tempattugas/lokasi dimana personil penyedia jasa akanmelaksanakan tugas pokoknya;m.
Tenaga Ahli tetap
adalah tenaga ahli yangbekerja pada badan usaha/Penyedia jasa(Perusahaan berbadan hukum/Perusahaan tidakberbadan hukum) secara penuh dan diangkatsebagai pegawai tetap berdasarkan keputusanpimpinan perusahaan/Direksi dan telah bekerjasekurang-kurangnya selama 3 (tiga) bulann.
Mediator
adalah orang yang ditunjuk ataskesepakatan Kuasa Pengguna Anggaran danpenyedia jasa untuk menyelesaikan perselisihanpada kesempatan pertama;o.
Konsiliator
adalah orang yang ditunjuk ataskesepakatan Kuasa Pengguna Anggaran danpenyedia jasa untuk menyelesaikan perselisihanpada kesempatan kedua;p.
Arbiter
adalah orang yang ditunjuk ataskesepakatan Kuasa Pengguna Anggaran danpenyedia jasa, atau ditunjuk oleh pengadilan negeri,atau ditunjuk oleh lembaga arbitrase, untukmemberikan putusan mengenai sengketa tertentuyang diserahkan penyelesaiannya melalui arbitrase;q.
Kegagalan bangunan
adalah keadaanbangunan/atau bentuk lain, yang setelah diserah-terimakan oleh penyedia jasa kepada KuasaPengguna Anggaran menjadi tidak berfungsi, baiksecara keseluruhan maupun sebagian dan/atau tidaksesuai dengan ketentuan yang tercantum dalamkontrak, dari segi teknis, manfaat, keselamatan dankesehatan kerja, dan/atau keselamatan umum.
2.PENERAPAN
2.1.Ketentuan-ketentuan pada syarat-syarat umumkontrak harus diterapkan secara luas tanpa melanggarketentuan yang ada dalam dokumen kontrakkeseluruhan dan peraturan perundang-undangan yangberlaku.2.2.Dokumen kontrak harus diinterpretasikan dalamurutan kekuatan hukum sebagai berikut:a.Surat Perjanjian/Kontrak kerja konstruksi;b.Surat Penunjukan Penyedia Jasa;c.Berita Acara Hasil Klarifikasi dan Negosiasi;d.Surat Penawaran;e.Adendum Dokumen Seleksi (bila ada);f.Syarat-Syarat Khusus Kontrak;g.Syarat-Syarat Umum Kontrak;h.Rencana Kerja dan Syarat;i.Kerangka Acuan Kerja; j.Dokumen lain yang tercantum dalam lampirankontrak dan merupakan bagian dari kontrak.
3.ASAL JASA
3.1.Jasa konsultansi untuk pekerjaan ini adalah
Syarat-syarat Umum Kontrak 
 
merupakan layanan jasa dari penyedia jasa nasionalyang berdomisili di wilayah Negara Kesatuan RepublikIndonesia.3.2.Bagi penyedia jasa asing harus mempunyai kantorperwakilan di Wilayah Negara Kesatuan RepublikIndonesia dan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4.PENGGUNAANDOKUMENKONTRAK DANINFORMASI
4.1.
Penyedia jasa tidak diperkenankan menggunakandokumen kontrak dan informasi yang ada kaitannyadengan kontrak di luar keperluan dari pekerjaan yangtersebut dalam kontrak, kecuali lebih dahulu mendapatijin tertulis dari Kuasa Pengguna Anggaran.
5.HAK PATEN, HACIPTA, DAN MEREK 
5.1.
Apabila penyedia jasa menggunakan hak paten, hakcipta dan merek dalam pelaksanaan pekerjaan, makamenjadi tanggungjawab penyedia jasa sepenuhnya danKuasa Pengguna Anggaran dibebaskan dari segalatuntutan atau klaim dari pihak ketiga atas pelanggaranhak paten, hak cipta dan merek.
6.JAMINAN
6.1.
Kuasa Pengguna Anggaran wajib membayar uangmuka kepada penyedia jasa sejumlah tertentu dalamwaktu yang ditentukan dalam syarat-syarat khususkontrak, setelah penyedia jasa menyerahkan jaminanuang muka yang bernilai sekurang-kurangnya samadengan jumlah uang muka dalam bentuk jaminan bankatau
surety bond 
kepada Kuasa Pengguna Anggaran.
7.ASURANSI
7.1.Asuransi yang harus disediakan oleh penyedia jasadalam rangka pelaksanaan pekerjaan yaitu:a.Penyedia jasa harus mengasuransikan semuabarang dan peralatan-peralatan yang mempunyairesiko tinggi terjadi kecelakaan, pelaksanaanpekerjaan, serta personil untuk pelaksanaanpekerjaan kontrak atas segala resiko yaitukecelakaan, kerusakan-kerusakan, kehilangan,serta resiko lain yang tidak dapat diduga;b.Penyedia jasa harus mengasuransikan pihak ketigasebagai akibat kecelakaan di tempat kerja;c.Besarnya asuransi ditentukan di dalam syarat-syarat khusus kontrak.
8.PEMBAYARAN
8.1.Cara pembayarana. Uang muka
1).
Uang muka dibayar untuk membiayai mobilisasiperalatan, personil, dan pengeluaran bulan pertama.Besaran uang muka ditentukan dalam syarat-syarat khususkontrak dan dibayar setelah penyedia jasa menyerahkan jaminan uang muka sekurang-kurangnya sama denganbesarnya uang muka;
2).
Penyedia jasa mengajukan permohonanpembayaran uang muka secara tertulis kepada KuasaPengguna Anggaran disertai dengan rencana penggunaanuang muka;
3).
Kuasa Pengguna Anggaran mengajukan suratpermintaan pembayaran untuk permohonan tersebut padabutir 2)., paling lambat 7 (tujuh) hari setelah jaminanuang muka diterima;
Syarat-syarat Umum Kontrak 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->