Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Medan Utara Dalam Ekonomi Politik ( Ekopol )

Medan Utara Dalam Ekonomi Politik ( Ekopol )

Ratings: (0)|Views: 46 |Likes:
Published by Adjie Van Ocopz

More info:

Published by: Adjie Van Ocopz on Nov 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2011

pdf

text

original

 
Medan Utara dalam Ekonomi Politik 
I.PENDAHULUAN
Pemekaran wilayah di Medan Utara hingga saat ini masih berupa wacana.Pemekaran Medan Utara adalah isu yang kembali mencuat belakangan ini. Pemekaranwilayah Medan Utara muncul dikarenakan pembangunan di Medan Utara dinilaitertinggal dari pada pembangunan di Medan Selatan. Oleh karena itu, banyak pihak yang mendesak agar Medan Utara dipisahkan dari Kota Medan. Hal ini tidak luputdari pembagian kekuasaan para elit politik di Medan.Beberapa kecamatan yang akan masuk daerah Medan Utara antara lain adalah:1.Medan Labuhan2.Medan Deli3.Medan Belawan4.Medan MarelanEmpat kecamatan tersebut yang merupakan kawasan di Medan Utara dinilaitertinggal dan kurang terayomi, sehingga dinilai sudah jauh tertinggal dibandingkankawasan medan selatan.Sementara,.empat kecamatan ini adalah kawasan industri di Kota Medan, bukanmerupakan pusat kota seperti medan selatan yang selama ini menjadi jantung kotamedan. Jadi wajar saja kalau sekiranya medan utara tertinggal disbanding medanselatan. Karena para investor lebih memilih kawasan Medan Selatan disbandingkawasan Medan Utara untuk lebih dibangun.Berikut adalah Data dari 5 kecamatan yang masuk kawasan Medan Utara:
1.Medan Labuhan
Kecamatan Medan Labuhan terletak di wilayah Utara Kota Medan dengan batas-batassebagai berikut :Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Medan MarelanSebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Deli SErdangSebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Medan Deli dan Kab.Deli SerdangSebelah Utara Berbatasan dengan Kecamatan Medan belawanKecamatan Medan Labuhan dengan luas wilayahnya 36,67 KM²Kecamatan Medan Labuhan adalah merupakan daerah yang berdekatan dengandaerah pesisir (dekat dengan Belawan dan pesisir Deli Serdang), dengan penduduknya berjumlah : 104.829 Jiwa (2006)
 
Di Kecamatan Medan Labuhan ini banyak terdapat industri kecil seperti ProduksiPerabot Rumah Tangga dari Kayu. Disamping itu jugaa ada Pertanian dibidangTanaman Kelapa Genjah di Kel. Nelayan Indah.Di Kecamatan Medan Labuhan ini terdapat industri menengah dan industri besar seperti Produksi Inti Sawit dan Makanan Ternak.
2.Medan Deli
Kecamatan Medan Deli terletak di wilayah Tenggara Kota Medan dengan batas- batas sebagai berikut:Sebelah Barat
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kabupaten Deli SerdangSebelah Timur 
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kabupaten Deli SerdangSebelah Selatan
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kecamatan Medan Barat dan Kecamatan MedanTimur Sebelah Utara
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kecamatan Medan Marelan Dan Kecamatan MedanLabuhanKecamatan Medan Deli dengan luas wilayahnya
 
20,84 KM
²
Kecamatan Medan Deli adalah daerah kawasan industri dan pergudangan di KotaMedan dengan penduduknya berjumlah 145.174 jiwa
 
(2006).Di Kecamatan Medan Deli ini terdapat Potensi Wilayah berupa KawasanIndustri Medan (KIM) terletak di Kelurahan Mabar dengan luas 514 Ha, adalah salahsatu kawasan industri yang menyiapkan fasilitas investasi yang relatif lengkap.Kawasan Industri Medan, keberadaannya dapat mendukung Kota Medan sebagai KotaIndustri dan Jasa.Disamping sebagai daerah pusat industri di Kecamatan Medan Deli ini juga terdapat beberapa Industri Kecil / Rumah Tangga yang menjadi unggulan seperti ProduksiPrabot Rumah Tangga dari Kayu. Disamping itu di daerah ini juga ada terdapatPertanian Agrobisnis seluas 949 Ha.Sebagai informasi bagi investor dan masyarakat pada Kecamatan Medan Deli initerdapat: Pergudangan PKTM milik Pemko Medan, dll.
3.Medan Belawan
Kecamatan Medan Belawan terletak di wilayah Utara Kota Medan dengan batas-batassebagai berikut :Sebelah Barat
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kabupaten Deli SerdangSebelah Timur 
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kabupaten Deli Serdang
 
Sebelah selatan Berbatasan dengan Kecamatan Medan Marelan dan KecamatanMedan LabuhanSebelah Utara
 
 berbatasan
 
dengan
 
Selat MalakaKecamatan Medan Belawan dengan luas wilayahnya 26,25 KM
²
Kecamatan Medan Belawan adalah daerah pesisir Kota Medan dan merupakanwilayah bahari dan maritim yang berbatasan langsung pada Selat Malaka dengan penduduknya berjumlah 94.735 jiwa (2006).Di Kecamatan Medan Belawan ini terdapat Pelabuhan Belawan yangmerupakan pelabuhan terbuka utk perdagangan internasional, regional dan nasional.Pelabuhan Belawan ini merupakan urat nadi perekonomian Sumatera Utarakhususnya arus keluar masuk barang dan penumpang melalui angkutan laut, sehinggaKota Medan dikenal dengan pintu gerbang Indonesia bagian Barat.
4.Medan Marelan
Kecamatan Medan Marelan terletak di wilayah Utara Kota Medan dengan batas- batas sebagai berikut :Sebelah
 
Barat berbatasan dengan Kabupaten
 
Deli
 
SerdangSebelah Timur 
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kecamatan Medan LabuhanSebelah Selatan
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kecamatan Medan HelvetiaSebelah Utara
 
 berbatasan
 
dengan
 
Kecamatan Medan BelawanKecamatan Medan Marelan dengan luas wilayahnya 23,82 KM
²
Kecamatan Medan Marelan dengan penduduknya berjumlah : 121.716 jiwa (2004).Di Kecamatan Medan Marelan ini terdapat sebuah tempat rekreasi yangsedang dikembangkan, yaitu Danau Siombak, merupakan Danau buatan yang indah,dengan luas areal 40 Hektare. Jaraknya 15 Km dari Pusat Kota Medan.Walaupun bukan sebagai daerah pusat industri di Kecamatan Medan Marelanini juga ada terdapat beberapa gudang-gudang besar seperti Banda Graha Reksa dan juga terdapat peternakan ayam sebagai pasokan telur ayam untuk Kota Medan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->