Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Koran Padang Ekspres | Jumat, 4 November 2011

Koran Padang Ekspres | Jumat, 4 November 2011

Ratings: (0)|Views: 717 |Likes:
Published by All Faceminang
baca selengkapnya di www.faceminang.com
baca selengkapnya di www.faceminang.com

More info:

Published by: All Faceminang on Nov 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/03/2012

pdf

text

original

 
Kec. Koto XITasuranKec. IV NagariBayang UtaraKec.BayangKec.IV JuraiKec.SuteraKec. BatangKapasKec.LengayangKec. LinggoSari BagantiKec. RanahPesisir Kec. PancungSoalKec. BasaAmpek BalaiKec. LuangSilaut
SOLOKSAWAHLUNTODHARMASRAYASOLOKSELATANPADANGPESISIR SELATAN
Daerah Terendam Banjir di Kabupaten Pesisir Selatan
Sumber: PemkabPesisir Selatan, 2011.
GRAFIS: ORTA
REDAKSI
0751-778886
IKLAN
0751-778882
KORAN
0751-778884
JUMAT
4 NOVEMBER 2011
 
8 DZULHIJJAH 1432 H
KORAN NASIONAL DARI SUMBAR
Rp
3.000
www.padangekspres.co.id
redaksi@padangekspres.co.id
Luar Kota+ Ongkos Kirim
Dan, apabila dibacakan kepadamereka ayat-ayat Kami yang terang(maksudnya), niscaya orang-orang yang kafir berkata kepada orang-orang yang beriman: ”Manakah di antara kedua golongan(kafir dan mukmin) yang lebih baik tempattinggalnya dan lebih indah tempat perte-muan(nya)?”
(QS. Maryam: 73)
SUBUH........
04.40
ZUHUR........
12.04
ASHAR........
15.23
MAGHRIB....
18.09
ISYA.............
19.19
Koreksi Waktu:
Alahanpanjang-1menit,AirBangis+4menit,BalaiSelasa-1menit,Batusangkar-1menit,Dharmasraya–3menit,MuaraLabuh-2menit,Painan-1menit,Sijunjung-2menit,Sawahlunto-1menit,SimpEmpat+2menit,Solok-1menit,SeiLimau+1menit
teras
UTAMA
 
 ASLI CHAIDIR
Ketua DPWPAN Sumbar 
 
Baca
Biduak...
Hal 7
Biduak Lalu,Kiambang Batawik 
 ALAM
selalu berjalan di atas hukum-hukum-nya. Tidak ada yang akan menghalangi. Semuanyaadalah soal waktu. Ketika mengapa baru hari initerjadi dan mengapa tidak sejak dulu-dulu, itu pun berlangsung di atas hikmah-hikmah yang penuhmisteri. Tetapi semuanya adalah untuk kebaikan.Saya ingin mengatakan bahwa silang sengkarut yang terjadi dalam pembangunan Pasar Inpres II,III dan IV di Pasar Raya Padang, adalah berlang-sung dalam hukum-hukum alam yang seperti itu.Buktinya, hari ini kita boleh bernapas lega. Dadakita terasa lapang. Pikiran kita kembali jernih. Pe-merintah Kota Padang dan pedagang di Pasar Ra- ya, setelah menempuh jalan mendaki, menapak ja-lan beriku, akhirnya sampai jua pada satu titik yangsama-sama didambakan.Pasar Inpres II, III dan IV yang segera dibangun baru, nantinya akan dihuni pedagang denganketentuan yang benar-benar lumrah, sederhana,sangat manusiawi. Yaitu, cukup membayar iyuranretribusi bulanan yang nantinya, besarannya punakan diputuskan pula oleh Pemko Padang denganmempertimbangkan kemampuan pedagang.
 Alhamdulillah
, semuanya sudah selesai.Selamat buat Pemko Padang dan para pedagang.
Cerita di Balik Banjir Besar Pesisir Selatan
Menolong Adik, Kakak dan Ibu Hanyut
Inilah banjir terbesar melandaPesisir Selatan sejak 2002 lalu.Daerah terparah menimpa Pasir Putih Kambang, KecamatanLengayang, Pesisir Selatankemarin (3/11), sekitar pukul04.00 WIB. Banyak kisah piludialami para korban banjir.Selain kehilangan harta bendadan anggota keluarga, merekadihantui bencana susulan.
kan nasib warganya, pria berusia55 tahun ini juga menjadi korban.Dia kehilangan tempat tinggalkarena rumahnya rusak beratditerjang air bah.”Masih mujur saya selamat.
 
Baca
Menolong...
Hal 7
Murid DEK PadangHomestay ke Perth
Padang, Padek 
—Sebanyak 21 murid dan staf Yayasan Pen-didikan Dedikasi Edukasi Kua-liva (DEK) Padang berangkatmenuju Perth, Australia, hariini (4/11). Mereka akan mengi-kuti Homestay Program, salahsatu program kerja sama anta-ra Yayasan DEK dengan GibbsStreet Primary School, Perth, Australia hingga 13 Novembermendatang.Keberangkatan rombonganini dilepas Wakil Wali Kota Pa-dang Mahyeldi Ansharullah di-dampingi Ketua Yayasan DEK Gafar Salim di SD DEK, Jalan A Yani No 49 Padang, kemarin(3/11). Ikut menyaksikan pe-ngurus Yayasan DEK, guru,orangtua murid dan seluruhmurid SD kelas I hingga VI.
 
Baca
Murid...
Hal 7
Uang Hasil SMS Komodo Diaudit
Jakarta, Padek 
—Polemik Ko-modo di perhelatan The New 7 Wonders (N7W) terus bergulir.Perdebatan tidak berhenti padaada tidaknya kantor yayasanN7W yang disebut-sebut milik Ber-nard Weber itu.Sindiran nasio-nalisme butadan kemanalarinya rupiah yang dikirim-kan masyarakatmelalui voteSMS juga makin kompleks.Tidak mau terus menjadi bulan-bulanan masyarakat yangkontra terhadap cara meme-nangkan Komodo melalui SMS,tim Pemenangan Komodo pim-pinan Emmi Hafild siap ber-tanggung jawab. Caranya, men- janjikan bahwa SMS yang masuk akan di audit oleh auditor kre-dibel. “Auditornya yang biasa pe-gang BUMN,” ujar Emmi kema-rin (3/11).Dia memastikan, audit terse- but untuk memupuk keperca- yaan terhadap tim pemenangan yang terkikis oleh
 black cam-paign
. Rencananya, auditor ba-kal langsung dilakukan setelah 11November atau setelah pengu-muman berlangsung. Namun,sekali lagi dia belum tahu pasti berapa jumlah SMS yang mem- berikan suara untuk Komodo.Emmi menjelaskan, melaluipola transparasi itu diharapkansemuanya bisa terbuka. Ter-masuk tudingan bahwa timnyaikut “memakan” uang SMS yangtarifnya sempat menyentuh Rp1.000 itu. Dia memastikan tidak  bakal ada sepeser rupiah dariSMS yang masuk ke tim. “Yangada, karena
 black campaign
kami kesulitan mencari spon-sor,” tuturnya.Tudingan miring itu me-mang kerap muncul lantarananeh jika pengukuhan N7W di-lakukan melalui SMS.
Tanpa N7W,Pemerintah DukungKampanye JK 
 
Baca
Uang...
Hal 7
7 Tewas, 52 Ribu Mengungsi
 
Baca
7 Tewas...
Hal 7
Koordinator
Manajer Pusda-lops Penanggu-langan BencanaBPBD Sumbar, Ade Edward meng-ungkapkan, banjir ban-dang yang melanda Pesselkemarin, akibat dari bertemu-nya curah hujan yang deras darihulu sungai dan arus pasang lautdari pesisir pantai. Saat kedua arus berlawanan itu bertemu, debit air ter-tahan dan melimpah hingga meng-hantam permukiman penduduk.“Sebetulnya topografi daerah itusudah sejak dulu rawan banjir. Sekitartahun 2002, banjir hampir sama pernahterjadi di sana. Artinya, masyarakat sudahtahu daerah itu rawan, tapi mungkin tidak mempertimbangkan hal tersebut dalammembangun,” kata Ade Edward. Agar kejadian serupa tidak terulanglagi, mesti dilakukan normalisasi sungai(meluruskan sungai yang berliku),penataan drainase dan permukimanmasyarakat agar jauh dari bantaransungai.
Bencana Mengintai 2 Pekan ke Depan
 
Baca
Bencana...
Hal 7
DIHANTAM BANJIR
: Rumah warga hancur akibat banjir bandang di kawasan Pasir Putih, Nagari Kambang Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, kemarin (3/11). Enam warga dilaporkan tewas dalam bencana yang dipicu hujan lebat tersebut.
RAUT
kecemasan terurat di wajah Nurlison, Wali NagariKambang Barat. Hatinya dipe-nuhi kegalauan. Selain memikir-
YONI SYAFRIZAL
—Pessel
InnovaTertimpa,PelajarTerlantar
Baca Halaman 9 
Sumbar DikepungBencana, Pessel Terparah
Painan, Padek 
—Sumatera Barat dike-pung bencana. Tingginya curah hujan yangmelanda hampir di seluruh daerah, telahmenyebabkan terjadinya bencana di mana-mana. Tujuh orang diperkirakan telahtewas terseret arus banjir besar di Pesseldan Solsel.Bencana terparah menimpa KabupatenPesisir Selatan (Pessel). Selain banjir danlongsor, abrasi pantai terjadi di sepanjangpantai dan memutus arus transportasiSumbar-Bengkulu.Hingga berita ini diturunkan, enamorang di Pessel hilang terseret banjir bandang dan diperkirakan telah tewas.Sekitar 52.123 orang mengungsi di tempatketinggian, 296 rumah penduduk rusak,ratusan hektare sawah rusak, puluhan ter-nak mati. Kerugian diperkirakan menca-pai Rp 650 miliar.
MENUJU PERTH:
Wawako Padang Mahyeldi Ansharullah bersamakeluarga besar Yayasan Pendidikan DEK Padang, kemarin (3/11).
NYARIS TERSERET:
Rumah warga nyaris terseret masuk laut, di Pasir Putih Kambang, Nagari Kambang Barat.
JALAN PUTUS:
Ruas jalandi Pasir Putih, NagariKambang Barat, terputusakibat dihantam banjir.
YONI SYAFRIZAL/PADEKFOTO-FOTO: YONI SYAFRIZAL/PADEKYONI SYAFRIZAL/PADEK
Kalauditanyakankemana Rp 1, tanyakansaja sama operatornya.
Jusuf Kalla
 
LingkupPekerjaan:SumberDana :BagiCalonPenyediaBarang/Jasayangberminatdapatmendaftardie-ProcurementPLNdenganalamat ataupadatanggal ,denganketentuansebagaiberikut:1.CalonPenyediaBarang/Jasayangberminatdapatmendaftarkandirikealamattersebutdiatasdenganmembawaaslidansalinan:a. : SIUP untuk jenis usaha Pengadaan Barang/Jasa bidang pekerjaan Mekanikal Elektrikal,denganKlasifikasi:NonKecilyangmasihberlaku;b. : SIUJK untuk jenis pelaksanaan Konstruksi Bidang Mekanikal/Elektrikal, sub bidang: Jaringan Transmisi Tegangan Tinggi dengan Klasifikasi : Gred 5, 6 atau Gred 7 yang masih berlaku.: SIUJK untuk jenis usaha Pengadaan Barang/Jasa bidang pekerjaan Bidang Sipil, Klasifikasi : Kecil yangmasihberlaku;c. : Sertifikat Penanggung Jawab Teknik (SPJT D) dan Sertifikat Keahlian Kualifikasi AhliUtama (SKA) bidang Teknik Tenaga Listrik yang masih berlaku dan telah diregistrasi oleh Lembaga Pengembangan JasaKonstruksiNasional;d.MembawaSuratpernyataanKSObagiCalonPenyediaBarang/Jasa(bilamelaksanakankonsorsium).2. Biaya Penggantian Dokumen Pengadaan dibayarkan ke Kasir. Pengambilan dokumen dapat dilakukan dengan menyerahkanprint out bukti pendaftaran melalui e-Procurement PLN dan bukti pembayaran dokumen pengadaan/RKS kepada PanitiaPengadaanBarang/Jasa diPTPLN(Persero)P3BSUPTPadang.3. Pengambilan Dokumen Pengadaan/RKS dilakukan langsung oleh Direktur/Pimpinan Perusahaan atau kuasa yang namanyatercantum dalam struktur organisasi Perusahaan. Penyedia Barang/Jasa yang diwakilkan/dikuasakan, wajib membawa suratkuasadariPimpinanPerusahaanyangditandatanganidiatasmateraiRp6000,-danphotocopyKTPPemimpinPerusahaansertaphotocopyKTPyangdiberikuasa/wakiluntukmendaftar.BiayaPengambilandokumen:a.Untukpekerjaannomor1membayarBiayaPenggantianDokumenRp.5.000.000,-b.Untukpekerjaannomor2membayarBiayaPenggantianDokumenRp.1.500.000,-c.Untukpekerjaannomor3membayarBiayaPenggantianDokumenRp.1.000.000,-4.MempunyaiPengalamanKerjasejenis5.Untuk hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung kepada Panitia Pengadaan Barang/Jasa II di PT PLN (Persero)P3BSUPTPadang,JlByPassKM6LubugBegalung,Padang.
PENGADAANBARANG/JASAAPLNSKITAHUN2011http://eproc.pln.co.idhttp://202.162.220.10 11November20112011s/d16November2011Untuk pekerjaan nomor 1 dan 2Untuk pekerjaan nomor 1 dan 2Untuk pekerjaannomor 3Untuk pekerjaan nomor 1 dan 2
No URAIAN PEKERJAAN KLASIFIKASIPERKIRAAN NILAIPEKERJAAN
TELUKKUANTAN3 PEMBUATANSARANADANFASILITASPDKBDIUPTPADANG2 RELOKASITRAFO150/20KV30MVADARIGIPADANGLUARKEGI Gred3dan4 Rp.1.649.547.541,00
Gred2,3atau4
Rp. 950.000.000,001 PENGGANTIANTRAFO20MVADENGAN60MVA150/20KVDIGISOLOK
Gred5,6atau7
Rp.3.490.296.000,00
PT PLN (PERSERO) P3BS UPT PADANG mengundang Calon Penyedia Barang dan Jasa, Bidang Usaha: Jaringan Transmisi & DistribusiKelistrikan,Mekanikal,Elektrikal/Listrik,danSipiluntukmengikutiPelelanganmelaluie-ProcurementPLNdenganPascakualifikasie-BiddingdiKantorPTPLN(Persero)P3BSUPTPADANG,pekerjaansebagaiberikut:
PENGUMUMANPENGADAAN
Nomor : 028/PENG/LELANG/UPTPDG/2011
PTPLN(PERSERO)P3BSUMATERAUPTPADANG
Padang, 03 November 2011PANITIAPENGADAAN BARANG/JASAPT PLN (PERSERO) P3B SUMATERAUPT PADANG
Indonesia kaya akan sumber dayahayati dan merupakan salah satu negara
megabiodiversity
terbesar di duniasetelah Brazil. Meskipun luasnya hanya1, 3% luas daratan bumi, namun ke-kayaan alamnya sangat melimpah, baik flora maupun faunanya. Indonesia me-miliki sekitar 17% jumlah spesies yangada di dunia. Maka, tak mengherankan jika negara ini dikenal sebagai gudangnyatumbuhan obat (herbal) sehingga men-dapat julukan
live laboratory
.Gentong Mas sebagai minumankesehatan herbal alami yang me-ngandung Gula Aren dan Nigella Sa-tiva (Habbatussauda), bahan bakuutamanya telah terbukti manfaatnyadari berbagai penelitian ilmiah danbukti empirik di berbagai negara.Berikut penuturan Sopyan, 45thn, yang 2 tahun terakhir ini kerapmengeluhkan staminanya sering me-nurun, “Badan saya mudah sekali te-rasa lelah Mungkin karena dari pagisampai sore saya beraktifitas di la-pangan.” Terang pria yang tinggal diSungai Cubadak, Kab. Agam, SumateraBarat memulai percakapan.Diakui oleh ayah 2 orang anak ini, ia memang tergolong orang yangpercaya pada pengobatan tradisional.Karenanya, ketika 2 bulan yang lalumendapat informasi mengenai Gen-tong Mas, dirinya tertarik untuk mencoba manfaat herbal ini, “Setelahminum Gentong Mas, sekarang sayamerasa sehat. Badan terasa enteng.Walau kerja dari pagi sampai sore dansering kehujanan, badan tetap segar.”Ungkapnya bahagia.Kini, ia tidak segan-seganmembagi pengalaman sehatnyatersebut dengan orang lain, “Semo-ga pengalaman saya ini bermanfaatuntuk yang lain.” Pungkasnyamengakhiri percakapan.Selain rasanya manis dan lezat,Gula Aren banyak mengandung nutrisiyang dibutuhkan tubuh diantaranyaadalah Riboflavin yang membantupembentukan antibodi dan energi,memperbaiki kerusakan sel saat prosesproduksi energi, dan memperbaiki jaringan sistem pencernaan.Habbatussauda dalam GentongMas dapat meningkatkan jumlah sel-sel T, yang baik untuk meningkatkansel-sel pembunuh alami. Efektifi-tasnya hingga 72% jika dibandingkandengan plasebo hanya 7%. Dengan de-mikian mengkonsumsi Habbatussaudadapat meningkatkan kekebalan tubuh.Habbatussauda pun kaya akankandungan nutrisi sebagai tambahanenergi sangat ideal untuk lansia, untuk menjaga daya tahan tubuh. Habba-tussauda mengandung 15 macam asamamino penyusun isi protein termasuk 
SOLSOLSOLSOLSOLUSI SEHAUSI SEHAUSI SEHAUSI SEHAUSI SEHAT UNTUKT UNTUKT UNTUKT UNTUKT UNTUKPEKERJPEKERJPEKERJPEKERJPEKERJA LAPA LAPA LAPA LAPA LAPANGANANGANANGANANGANANGAN
di dalamnya 9 asam amino esensial.Asam amino ada yang dapat diproduksidalam tubuh ada juga yang tidak dipro-duksi oleh tubuh oleh karena itudibutuhkan suplemen tambahan.Profesor G Reimuller, DirekturInstitut Immonologi dari Universi-tas Munich mengatakan bahwa Hab-batussauda dapat meningkatkansistem kekebalan tubuh dan dapatdigunakan sebagai bioregulator.Manfaat yang hebat bagi kese-hatan dan rasa yang lezat membuatsemakin banyak masyarakat meng-konsumsi Gentong Mas.Untuk informasi lebih lanjutsilahkan kunjungi www.gentong-mas.com. Bagi Anda yang membu-tuhkan Gentong Mas bisa didapatkandi apotek/ toko obat terdekat atauhubungi: Padang: 081283307337/ 07519879924, 082173008999 Bu-kittinggi/Agam :081266649000 , Pa-saman Timur : 085263468003,Payakumbuh: 085274663871. Sa-wahlunto: 081374119996. Solok:085274751679. Painan: 0812-66944088. Pariaman: 0878202-50088. Pasaman Barat: 082170-517000. Padangpanjang/Bt.Sangkar :085363446614 Limapuluh Kota :085216048020, Solok Selatan :082174562792 Depkes:P-IRT: 8123-20501114.
UTAMA
JUMAT
 
4 NOVEMBER
2011
2
112 Tenaga Kesehatan Diwisuda
UtamakanKerukunanUmat
Padang, Padek—
KepalaKantor Kementerian Agama(Kemenag) Sumbar, Ismail Us-man mengajak Forum Keru-kunan Umat Beragama(FKUB) Sumbar mengawal ke-harmonisan hubungan antar-umat beragama di Sumbar.Pasalnya, jika sudah terjadikonflik antar-umat beragam,maka upaya memupuk keru-kunan umat beragama akanmenjadi mahal dan butuh biaya tinggi.Demikian diungkapkan Is-mail Usman ketika beraudien-si dengan FKUB Sumbar, di Aula Kanwil Kemenag Sum- bar, Kamis (3/11). Sejumlahtokoh agama terlihat hadirdalam pertemuan ini, sepertiSyamsumir Syaibun Datuk Putih, Yulius Said, Prof DuskiSamad, Adi Bermasa, ZainalMS, Zainal Tasar, YunizarParaman, Yournoli Latief,Suhefri, Pendeta Ginting (Kris-ten), Sumarjono (Katolik), danRomo Sudharmo (Budha).Konflik berbau agama se-perti terjadi di Poso, Ambondan Pontianak, menurut Ismail,seharusnya bisa menjadi pem- belajaran. Makanya, KanwilKemenag menjadikan keru-kunan umat beragama sebagaipoin penting dalam rencanastrategis ke depan. ”Untuk menjadikan umat rukun, amandamai, tidak terlepas dari par-tisipasi semua pihak terutamapartisipasi FKUB,” katanya.Dalam kesempatan itu, FKUB berkomitmen mendukung pe-nuh, menyamakan gerak danlangkah melestarikan keru-kunan umat.
(bis)
BAHAS KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR
Wakil Bupati Pasaman Daniel Lubis menyerahkan rencana kerja Pasaman kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo,disaksikan Wagub Muslim Kasim dan Bupati Pessel Nasrul Abit saat kunjungan ke kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta,Kamis (3/11). Pertemuan ini juga membahas gerakan penyejahteraan ekonomi masyarakat pesisir (GE-PEMP) di kawasan pantai Sumbar.
Padang, Padek—
Ketua Se-kolah Tinggi Kesehatan(STIKes) Ranah Minang Efri-za Aziz menyebutkan, pihak-nya sudah menjalin kerja samadengan berbagai institusi pe-merintahan maupun swasta,seperti Dinas Kesehatan Sum- bar maupun kota/ kota, rumahsakit umum maupun swasta,puskesmas, dan bidan praktik swasta di wilayah Sumbarmaupun di luar Sumbar. Kerjasama ini meliputi programpraktik klinik kebidanan, sertaprogram kerja lapangan se- bagai persiapan, dan bekalketerampilan menjadi bidanprofesional.”Hakikatnya, tempat-tem-pat itu merupakan salah satupengguna potensial lulusankami,” ujar Efrida Aziz saatprosesi pelantikan dan wisudaSTIKes Ranah Minang, di BallRoom Kampus Ranah Mi-nang, kemarin (3/11). Pi-haknya, juga merasa tertan-tang memenuhi tuntutanpengguna lulusan yang mem- butuhkan tenaga profesionaldan kompeten. Itulah sebab-nya, lulusan STIKes RanahMinang mampu mengisi pe-luang-peluang secara optimal.Mantan Kepala Dinas Ke-sehatan Kota Padang ini jugamengatakan, ke depan STIKesRanah Minang terus memacuprestasi dan meningkatkanpelayanan pendidikan ter-hadap peserta didiknya.Sekretaris Kopertis Wi-layah X, Hanafi memberikanapresiasi khusus kepada pe-ngelola STIKes Ranah Mi-nang. Dinilainya, STIkes inimampu meluluskan tenagakebidanan, keperawatan, far-masi yang siap kerja.”Pencapaian ini jelas tak lepas dari perjuangan berat yang senantiasa dihadapkanpada berbagai tantangan, se-perti kepercayaan masyara-kat, kelangsungan operasio-nal lembaga, dan perjuanganmemperoleh akreditasi.Hanafi juga mengingat-kan, apa pun pekerjaan yangdilakukan bukan semata-ma-ta untuk mencari uang. Na-mun, jadikanlah sebagai iba-dah. Sedangkan uang ataurezeki, apa pun bentuknyaakan mengikuti dengan sen-dirinya setelah kita mela-kukan pekerjaan.Di sisi lain, Ketua YayasanSTIKes Ranah Minang KingChurcill mengingatkan ke-pada semua lulusan bahwakeberhasilan meraih gelarakademik ini, artinya terbukapeluang luas untuk dapat ber-kiprah, meniti karier, danmenata masa depan lebih baik, serta berperan aktif dalam membangun bangsadan negara.”Pendidikan menjadi wa-hana strategis mempersiap-kan sumber daya manusia yang bermutu dan mampuhidup bersaing dalam duniaglobal, serta dalam konteksilmu pengetahuan dan tek-nologi (IPTEK).King Churchill juga me-mesankan kepada para wi-sudawan, ”Di pundak kalianada tanggung jawab moralkepada masyrakat untuk memberikan pelayanan ter- baik. Jadilah teladan dalamprofesi yang Anda geluti ka-rena itu sebagian dari iba-dah,” tegasnya.
(mg6)
Dua petak Rumah Ludes Terbakar
Solsel, Padek—
Dua petak rumah di Duriantaruang, Na-gari Lubuk Gadang, Keca-matan Sangir, ludes dilalap si jago merah. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yangterjadi tadi malam (Kamis 3/11) sekitar pukul 19.00 WIB.Namun, kerugian materil di-taksir mencapai puluhan jutarupiah.Belum diketahui pasti pe-nyebab kebakaran yang meng-akibatkan sedikitnya dua KK harus kehilangan tempat ting-gal. Mereka adalah, Mutiyono,29, Eka, 23, Ridwan, 40 danTaryono, 50. Menurut saksimata, api begitu cepat berko- bar karena material rumah pe-tak tersebut terbuat dari kayu.Satu unit pemadam keba-karan langsung datang ke lo-kasi saat kejadian. Dalam tem-po 15 menit kemudian, api berhasil dipadamkan. Menu-rut Kabid Kedaruratan dan Lo-gistik Badan PenanggulanganBencana Daerah (BPBD) Sol-sel, Mukhnizen, kepala ke-luarga yang menempati rumahpetak tersebut, sehari-harinyamerupakan pedagang ayamKentuky di Pasar Padangaro.”Kerugian yang dialamiakibat kebakaran tersebutdiperkirakan mencapai Rp20 juta. Untunglah jarak rumah disana tidak terlalu berdempet.Sehingga, api tidak cepat men- jalar ke rumah warga yanglainnya,” ujarnya saat dihu- bungi tadi malam.Untuk sementara, korbankebakaran di Duriantaruangitu terpaksa menumpang dirumah saudaranya.
(sih)
Bandar Ganja Ditangkap
Limapuluh Kota, Padek 
Satuan Narkoba Polres Li-mapuluh Kota mengamankanseorang pria yang diduga me-rupakan bandar ganja, Senin(31/10). Pria yang diamankanitu teridentifikasi bernama Afnilson alias Sison, 33, wargaJorong Sipatang, Nagari Ta-ram, Kecamatan Harau.”Selain mengamankan Si-son, kita juga menyita barang- bukti ganja kering sebanyak 1,5 kilogram,” kata KapolresLimapuluh Kota AKBP Par-tomo Iriananto, didampingiKasat Narkoba AKP Amraldan Kasubag Humas Iptu BDatuak Marajo kepada war-tawan, Kamis (3/11).Kapolres menjelaskan, Si-son ditangkap anggota Sat-narkoba ketika mengendaraisepeda motor Honda Revo BM5123 JV di depan Pos PolisiTaram. Waktu itu, Sison barupulang mengantarkan istrinyake pasar Tembok Taram.”Dalam kantong celanaSison awalnya hanya ditemu-kan empat paket ganja. Se-telah dilakukan penyidikan,ternyata Sison juga menyim-pan barang bukti ganja se- banyak empat paket yangdipecah-pecah dengan berat250 gram per paket,” ujar AKBP Partomo.Sison sendiri kepada war-tawan yang biasa nangkring diMapolres Payakumbuh, me-ngaku memperoleh ganja dariseorang cukong di Riau. Ban-dar itu akan dijual kepadaseorang pria yang tinggal di wilayah Akabiluru, Limapu-luh Kota.Namun malang, kata Sison, baru saja berniat mengantarganja tersebut, dia sudah di-tangkap. Dengan penangkap-an itu, berarti sudah tiga kaliSison masuk jeruji besei, de-ngan kasus yang sama. AKBP Partomo memas-tikan, apa pun alasannya, Si-son pelaku tetap dijerat de-ngan undang-undang kepe-milikan narkoba. Tanpa hak dan melawan hukum, pelakumemiliki dan menyimpannarkoba golongan I, jenisdaun ganja kering. Kita ber-tekad, kasus narkoba ini
zero
di wilayah hukum Polres Li-mapuluh Kota,” ujarnya.
(*)
Polisi Sita1,5 Kilogram
FFFFFAJAR R VESKYAJAR R VESKYAJAR R VESKYAJAR R VESKYAJAR R VESKY
redaksi@padangekspres.co.id
EFRIMALBAHARI FORPADEK
 
JUMAT
 
4 NOVEMBER
2011
EKONOMI BISNIS
3
 AHA Coolpad, Ber-Android Menyenangkan
Transaksi ATMBNI Tinggi
Bidik Bypass,Buka Kantor Kas
Padang, Padek 
—Membaik-nya perputaran ekonomi diSumbar, setelah dua tahun pas-cagempa 2009, menjadi pe-luang bagus bagi pelaku eko-nomi dan usaha, termasuk pihak perbankan. Salah satuindikator naiknya putaranekonomi itu, bisa dilihat daricukup tingginya nilai transaksikeuangan yang dilakukan ma-syarakat Sumbar dengan me-nggunakan jasa bank maupunanjungan tunai mandiri (ATM).Khusus BNI 46 misalnya,mencatat rata-rata jumlahtransaksi yang dilayani oleh se-tiap kantor cabang, dan kantorkas di berbagai tempat di Sum- bar minimal 150 kali transaksiper hari. Belum lagi transaksimenggunakan fasilitas ATM yang jumlahnya diperkirakanribuan kali oleh masyarakat.“Untuk Kota Padang saja,kami punya 40
teller
, jadi ka-lau dikalikan dengan 150 kalitransaksi per hari, maka jum-lahnya mencapai 6 ribuan tran-saksi sehari. Jumlah itu belumlagi ditambah kantor kamilainnya dari daerah jumlahnyamencapai 11 kantor. Belum lagitransaksi yang terjadi di bank- bank lainnya. Bayangkan sajaoleh saudara berapa jumlahperputaran uang yang terjadi diSumbar pada hari itu saja,”ungkap Wakil Kepala KantorBNI 46 wilayah Padang, Arima-tea didampingi sejumlah staf-nya kepada
Padang Ekspres
diPadang, Kamis (3/11).Nah, seiring makin tinggi-nya tingkat transaksi keuanganitu, BNI 46 Wilayah Padang lalumembuat strategi dengan mem-perbanyak jumlah ATM dankantor kasnya di Sumbar. Saatini saja, sedikitnya sudah 109 ATM yang dibuka BNI 46 diSumbar, dan 30 persen (54 unit)di antaranya ada di Kota Padang.“Semua ATM kami itu me-layani transaksi untuk penari-kan tunai, transfer hinggapembayaran rekening listrik,telepon/Hp hingga PDAM.Dan jumlah transaksi yang ter- jadi di sana rata-rata mencapai4 ribu lebih transaksi,” lanjut Arimatea.Sebaliknya, dengan tinggi-nya intensitas transaksi peng-gunaan ATM bersama milik BNI, menjadikan hal itu seba-gai peluang. Makanya, waktudekat bank ini akan menam- bah jumlah ATM-nya. Setidak-nya, ada sembilan ATM baru yang akan didirikan, termasuk akan menambah beberapakantor baru.“Memang ada rencana ka-mi di 2012 mendatang akanditambah sembilan unit lagi ATM, semuanya kami tempat-kan di Kota Padang, karenakami melihat tingkat transaksidi sini cukup tinggi,” tukasJasril. Alasan pembukaan ATM baru itu jelas Jasril,karena jumlah transaksi yangterjadi di tiap ATM sudahmelebihi 4.000 kali dalamsehari. “Jadi sesuai aturan yang ada di bank kami, bilasudah melebihi maka dibukaunit ATM baru, dan lagianmakin mempedekat jarak ma-syarakat untuk bisa bertran-saksi tunai,” imbuh Jasril.Selain menyangkut ATM,BNI wilayah Padang juga me-nambah satu kantor kas baru diKota Padang, berlokasi di
By-pass
Padang pada KM 6. Se-dangkan alasan dipilihnya lokasiitu menurut Jasril karena kawa-san
Bypass
telah berkembangpesat. Buktinya makin banyak-nya tumbuh pusat-pusat pere-konomian, perumahan, pergu-dangan dan lainnya.
(*)
ARZIL
redaksi@padangekspres.co.id
Jakarta, Padek—
PT BakrieConnectivity (Bconnect), anak perusahaan PT Bakrie TelecomTbk (BTEL), yang bergerak di bidang
internet broadband
melalui produk bermerek AHA (
 Affordable Hyper-speed Ac-cess
) hari ini menampilkanproduk terbarunya berupaTablet Android yang diberinama AHA Coolpad padaacara pameran Teknologi In-formasi (TI) terbesar di Indo-nesia Indocomtech 2011. AHA CoolPad adalah se- buah Tablet Android 2.2 (fro- yo) menggunakan perangkatCoolpad M31 dengan ukuranlayar 7 inchi WVGA 
Capaci-tive Touch Screen
didukungoleh prosesor 800 Mhz dariQualcomm yang dipadukandengan konektifitas terbaik  AHA, menjadikan pengala-man ber-Android di tablet-pcmenjadi semakin menye-nangkan.Presiden Direktur PT Bak-rie Connectivity, Erik Meijer disela-sela peluncuran AHA CoolPad mengemukakan bah- wa sesuai dengan visi dan misiperusahaan yaitu untuk mem- berikan layanan yang terbaik dan terjangkau bagi masya-rakat pengguna jasa internet diIndonesia.”Kami hadir dengan AHA CoolPad. Perangkat ini adalahkeluarga terbaru dari variantablet yang dimiliki AHA, de-ngan spesifikasi perangkat yang tidak kalah dengan suk-sesornya terdahulu namun di bandrol dengan harga yanglebih terjangkau, AHA Coolpaddapat menajdi pilihan yangsangat menarik bagi pelanggankami,” ujarnya.Selain kemewahan akses Youtube tanpa buffering ditablet android AHA Coolpad,seperti suksesor nya terdahulu,pada perangkat ini juga dibe-namkan konten lokal yang pal-ing lengkap. Yaitu aplikasi interaktif  yang tidak tersedia pada plat-form tablet lainnya. Antara lain AHAshop dimana para pelang-gan dapat melengkapi danmen
download
sepuasnya se-mua aplikasi seru. AHAvibe dimana para pe-langgan dapat melakukanDownload full track ribuanoriginal lagu dari penyanyi/ band original favorit, AHAga-mes. Dimana para pelanggandapat melakukan Downloaddan mainkan semua gamesseru, AHAstars.
(mg11)
Goten Bazar Sharp Meriah
Padang, Padek 
—PameranGoten Bazar Keluarga Sharptelah berakhir, 28-30 Oktoberlalu di Plasa Andalas, Padang.Pada iven itu, konsumen danpengunjung yang datang men-dapatkan berbagai souvenirekslusif, goodie bag dankesempatan memenangkan Aquos LCD TV, Blackberry,kamera digital dan masih ba-nyak lagi. Acara ini juga dime-riahkan pertunjukan band, badut , barongsai, aneka gamesdan demo masak.Selama pameran, Sharpmemberikan kemudahan kepa-da masyarakat Sumbar denganmenghadirkan Adira, FIF Spec-tra dan SNP Finance untuk me-miliki barang elektronik Sharp yang disukai masyarakat KotaPadang untuk bisa merekamiliki. Ini memberikan kemu-dahan bagi masyarakat KotaPadang. Tunggu kedatanganpameran Sharp lainnya.
(rel)
DEMO MASAK:
Warga kota menyaksikan demo masak Sharp saat Goten Bazar Keluarga Sharp.
ISTIST
PEMBERDAYAANNASABAH
Dirut PT Asabri, Adam RDamiri (duduk 3 kanan)didampingi Wakil Direktur PT Bank TabunganPensiunan Nasional(BTPN) Ongki WDana(berdiri kiri) berdialogdengan nasabah pen-siunan pada Daya SehatSejahtera di BTPNPadang, Kamis (3/11).

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->