Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tai Chi Chi Kung

Tai Chi Chi Kung

Ratings: (0)|Views: 1,772|Likes:
Published by A.ARIEF.MADROMI
Beberapa gerakan sederhana Tai Chi Chi Kung untuk kesehatan dan vitalitas
Beberapa gerakan sederhana Tai Chi Chi Kung untuk kesehatan dan vitalitas

More info:

Published by: A.ARIEF.MADROMI on Nov 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2013

pdf

text

original

 
 
Tai Chi Chi Kung Written by Zulkarnain ZN
11
Latihan Persiapan Tai Chi Chi Kung
Tulisan ini dari dirangkum dari bukunya Wong Kiew Kit yang berjudul
Chi Kung for Health andVitality
dan
The Complete Book of Tai Chi Chuan
terbitan Gramedia, Jakarta.Dalam tulisan ini diuraikan mengenai Latihan Persiapan Tai Chi Chi Kung, yang dikelompokkan atastiga bagian, yakni Latihan Persiapan Tai Chi Chuan, Latihan-Latihan Dasar Chi Kung dan LatihanGerakan Mewujud Sendiri.
Latihan Persiapan Tai Chi Chuan
ini berguna untuk mendapatkan Chidi dalam tubuh. Chi ini sangat penting perannya dalam mempelajari Tai Chi Chi Kung, sebab kalautidak ada Chi di dalam tubuh, serangkaian gerakan Tai Chi Cuan hanyalah sekedar tarian yang indahdan elok dipandang saja, yang hanya berguna untuk kelenturan tubuh saja, tetapi tidak dapatdigunakan untuk bela diri karena tidak bertenaga. Selanjutnya dalam
Latihan-Latihan Dasar ChiKung
, Chi dapat diarahkan untuk memperoleh manfaat penyembuhan berbagai penyakit agar tubuhsehat, penuh vitalitas dan kuat selalu, sehingga dengan tubuh yang sehat, Latihan Tai Chi Chi Kungakan dapat dilaksanakan dengan baik. Terakhir dalam
Latihan Gerakan Mewujud Sendiri
, Chidiarahkan untuk mendapatkan gerakan mewujud sendiri yang membuat tangan, kaki dan tubuhpraktisi bergerak sendiri sesuai dengan aliran Chi. Gerakkan ini dapat diarahkan dan dapatdipergunakan untuk penyembuhan dan bela diri. Sehingga dengan menguasai latihan ini praktisi akanmendapat tubuh yang sehat, penuh vitalitas dan dapat menguasai jurus-jurus Tai Chi Chi Kungdengan baik dan lancar.
A. Latihan Persiapan Tai Chi Chuan
Latihan persiapan ini dimaksud sebagai persiapan dalam mempelajari Tai Chi Chi Kung, setelahpraktisi dapat melaksanakan dan menguasai latihan ini dengan baik maka praktisi tersebut akanmendapatkan pondasi yang kokoh dan bertenaga, sehingga dapat melaksanakan Tai Chi Chi Kungdengan baik.
A.1.Kuda-kuda Tai Chi Chuan
Latihan ini merupakan latihan awal, yang merupakan cara dasar untuk meningkatkan kepekaansehingga Anda dapat merasakan aliran energi dari dalam tubuh Anda, untuk merangsang energi vitaldan energi kosmis serta mengembangkan tenaga internal tersebut agar aktif dalam tubuh Anda.Prosedurnya adalah sebagai berikut:1.
 
Berdirilah tegak dengan keduakaki cukup rapat dan kedualengan mengantung secaraalami di kedua sisi.Tersenyumlah, mulut dibukasedikit, tutup mata, tenangkanpikiran dan rileks.2.
 
Tetap dalam posisi inibeberapa saat rasakan aliranenergi internal dalam tubuhAnda. Energi tersebut berupaenergi vital Anda dan energikosmis Alam Semesta. Posisiini disebut dengan
WujiZuang
atau Kuda-kudaUtama (Gambar1. a).3.
 
Tanpa menggerakkan kaki, pindahkan berat tubuh Anda ke kaki kiri Anda, gerakkan kakikanan Anda sejauh satu kaki ke kanan Anda. (Gambar1.b).4.
 
Kemudian pindahkankn berat Anda dari kaki kiri ke kaki kanan Anda, dan gerakkan kaki kiriAnda mendekati kaki kanan Anda. (Gambar1.c).5.
 
Dengan berat tubuh di atas kaki kanan, gerakkan kaki kiri Anda sejauh satu kaki ke kiri Anda(Gambar1.d). Salurkan berat tubuh Anda pada kedua kaki, sehingga berat tubuh Anda meratapada kedua kaki Anda.
 
 
Tai Chi Chi Kung Written by Zulkarnain ZN
22
6.
 
Tekuklah lutut Anda sehingga keduanya berada di atas jari kaki Anda. Pastikan tubuh Andategak dan rileks. Kemudian naikkan kedua lengan ke depan sampai batas dada, dengan sikuterlipat sehingga lengan Anda membentuk lingkaran di depan Anda (Gambar1.e). Peganglah jari-jari kedua tangan dengan: jempol dan jari membentuk busur yang jika dilanjutkan akanmembentuk lingkaran di depan dada Anda. Kaitkanlah lutut Anda yang tertekuk seolah-olahAnda memegang bola dengan paha dan lutut. Anda sekarang memegang tiga bola imajiner,bola kecil di telapak tangan, bola lebih besar di lengan Anda dan bola ketiga di paha danlutut Anda.7.
 
Pastikan bahu dan siku Anda jatuh secara alami, fokuskan pikiran ke Tantien di bawah perutAnda, nikmatilah sensasinya selama kurang lebih lima menit. Posisi ini disebut dengan
Kuda-kuda Tai Chi.
 8.
 
Selanjutnya, kembali lagi ke posisi Wu Ji atau Kuda-kuda Utama. Tetaplah tenang selamabeberapa menit, kemudian fokuskan tenaga internal di Tantien selama kurang lebih tigamenit.9.
 
Gosok telapak tangan untuk menghangatkan, tempatkan di mata Anda, dan oleslah mataAnda beberapa kali sambil membuka mata. Berjalanlah selangkah untuk mengakhiri latihanini.
A.2. Mengangkat Air
Latihan ini merupakan gerakan awal dari Tai Chi sebelum dapat mempelajari jurus-jursnya,prosedurnya adalah sebagai berikut1. Berdirilah dengan Kuda-kuda Utama(Gambar2.a)2.
 
Lalu gerakan salah satu kaki Anda untuk membentuk Kuda-Kuda Tai Chi. Secarabersamaan, naikan kedua lengan dengansiku lurus ke depan setinggi dada. Tarik napas perlahan melalui hidung(Gambar2.b).3.
 
Lalu rendahkan lengan Anda di depanseolah menekan air dengan telapak tangan, keluarkan napas melalui mulut.(Gambar2.c)4.
 
Setelah menaikkan dan menurunkanlengan dengan pernapasan yang benarsebanyak 5 -10 kali, Anda akan dapat memasuki alam berpikir Chi Kung, tingkat bawahsadar. Saat itu visualisasikan energi kosmis yang mengalir ke dalam diri saat Anda menarik napas, dan energi vital Anda mengalir ke lengan menuju ke telapak tangan saat Andamengeluarkan napas. Energi kosmis dan energi vital merupakan istilah yang seringdigunakan untuk merujuk energi luar dan dalam tubuh Anda.5. Setelah menaikkan dan menurunkan lengan sebanyak 30 kali, dengan visualisasi dan aliranenergi yang tepat, satukan kaki dan tetaplah tenang dalam Kuda-kuda Utama selamabeberapa saat. Anda akan merasakan tenaga internal mengalir ke langan dan kaki, sertamengalir ke dalam diri Anda.
A.3. Pernapasan Perut.
Latihan ini dapat meningkat jumlah energi vital dalam tubuh dan dapat mengembangkan aliranenergi secara harmonis, prosedurnya adalah sbb:1. Berdirilah dengan Kuda-kuda Utama. Tempatkan salah satu telapak tangan di atas Tantientdan telapak tangan yang lain di atas telapak tangan yang pertama.2.
 
Tekan perut dalam 6 hitungan untuk mengempiskannya, proses penekannya harusberkelanjutan dan lancar, bukan terputus-putus.3.
 
Tetaplah menekan perut (tahan) selama 2 hitungan.

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
Onky Indradi R added this note
mantap
1 thousand reads
1 hundred reads
saharani liked this
horlent0 liked this
taichijeff64 liked this
pretender liked this
spyo5 liked this
renedavid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->