Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kerajaan Islam di Indonesia

Kerajaan Islam di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 762 |Likes:
Published by Athifa Net
Kerajaan Islam di Indonesia 1. Kerajaan Samudra Pasai Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan Islam prtama di Indonesia. Secara geografis, kerajaan ini terletak di daerah pantai timur Pulau Sumatera bagian utara yang berdekatan dengan jalur pelayaran perdagangan internasional pada saat itu yaitu Malaka. Raja-raja yang pernah memimpin : a. Hazimudin Al Kamil (Pendiri), ia adalah seorang laksamana laut dari mesir b. Sultan Malikl Saleh c. Sultan Malikul Thahir  Kehidupan Ekonomi : Kerajaan ini eko
Kerajaan Islam di Indonesia 1. Kerajaan Samudra Pasai Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan Islam prtama di Indonesia. Secara geografis, kerajaan ini terletak di daerah pantai timur Pulau Sumatera bagian utara yang berdekatan dengan jalur pelayaran perdagangan internasional pada saat itu yaitu Malaka. Raja-raja yang pernah memimpin : a. Hazimudin Al Kamil (Pendiri), ia adalah seorang laksamana laut dari mesir b. Sultan Malikl Saleh c. Sultan Malikul Thahir  Kehidupan Ekonomi : Kerajaan ini eko

More info:

Published by: Athifa Net on Nov 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

 
Opiecx | sevend07.blogspot.com1
Kerajaan Islam di Indonesia
1.
 
Kerajaan Samudra PasaiKerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan Islam prtama di Indonesia. Secara geografis,kerajaan ini terletak di daerah pantai timur Pulau Sumatera bagian utara yang berdekatandengan jalur pelayaran perdagangan internasional pada saat itu yaitu Malaka.Raja-raja yang pernah memimpin :a.
 
Hazimudin Al Kamil (Pendiri), ia adalah seorang laksamana laut dari mesirb.
 
Sultan Malikl Salehc.
 
Sultan Malikul Thahir
 
Kehidupan Ekonomi :Kerajaan ini ekonominya di bidang miritim, sehingga juga mempersiapkan bandar-bandar yang digunakan untuk hal-hal berikut :a.
 
Menambah perbekalan untuk pelayaran selanjutnyab.
 
Mengurus soal-soal atau masalah-masalah perkapalanc.
 
Mengumpulkan barang dagangan yang akan dikirim ke luar negerid.
 
Menimpan barang-barang dagangan sebelum diantar ke beberapa daerah di Indonesia
 
Kehidupan Sosial :Kehidupan sosial diatur masyarakatnya diatur memuat aturan-aturan dan hukum-hukum islam. Dalam pelaksanaanya banyakterdapat persamaan dengan kehidupansosial di
negeri Mesir dan Arab sehingga daerah Aceh djuluki “ Daerah SerambiMekah “
 2.
 
Kerajaan MalakaPada masa kejayaannya kerajaan Malaka merupakan pusat perdagangan islam di AsiaTenggara
 
Raja-raja yang pernah memimpin :a.
 
Iskandar Syah, ia berhasil meletakkan dasar-dasar dari kerajaan malaka danmenjadikannya kerajaan penting di Malaka, ia memimpin Malaka dari Tahun1396-1414 M.b.
 
Muhammad Iskandar Syah ( Putra dari Iskandar Syah ) , ia berhasil memperluaswilayah kekuasaan K.Malaka hingga seluruh wil.Semenanjung Malaka.c.
 
Mudzafat Syah, ia merupakan raja pertama dari kerajaan Malaka yang memakaigelar sultan.d.
 
Sultan Marsyur Syah, di bawah pemerintahannya Malaka mengalami kemajuanpesat.e.
 
Sultan Alaudin Syah, pada pemerintahannya kekuasaan K.Malaka mulaimengalami kemerosotan.f.
 
Sultan Mahmud Syah, pada pemerintahannya K.Malaka merupakan kerajaaanyang sangat pesat.
 
Opiecx | sevend07.blogspot.com2
 
Kehidupan Ekonomi :Kerajaan Malaka mempunyai undang-undang laut yang berisi pengaturan pelayarandan perdagangan di wilayah kerajaan.
 
Kehidupan Sosial :Kehidupan sosial masyarakat kerajaan Malaka dipengaruhi oleh faktor letak, keadaanalam dan lingkungan wilayahnya, sebagai masyarakat yang hidup di dunia maritim,sudah jelas hub.sosial mereka sangatkurang dan cenderung individualisme.3.
 
Kerajaan AcehKerajaan Aceh berkembang sebagai kerajaan islam. Perkembangan pesat yang dicapaikerajaan Aceh tidak lepas dari letak kerajaannya yang strategis, yaitu di Pulai Sumatrabagian Utara dan dekat jalur pelayaran perdagangan Internasional pada masa itu.Berdasarkan Butanussalatin ( 1637 M ) karangan Nuruddin Ar Raniri yang berisisilsilah sultan-sultan Aceh, diketahui bahwa K.Aceh telah berhasil membebaskan diri darikekuasaan kerajaan pedir.
 
Raja-raja yang pernah memimpin :a.
 
Sultan Ali Mughayat Syah, di bawah kekuasaannya, K.Aceh memperluas daerahkekuasaannya ke beberapadaerah di Sumatera Utara seperti Daya dan Pasai,bahkan menyerang Portugis dan K.Aru.b.
 
Sultan Salahuddin, pada pemerintahannya ia tidak memikirkan pemerintahankerajaannya. Sehingga kerajaan mulai goyah dan mengalami kemerosotan.c.
 
Sultan Alauddin Riayat Syah Al-Kahar, ia melakukan berbagai dalam segalabentuk pemerintahan K.Aceh.d.
 
Sulatan Iskandar Muda, di bawah pemerintahannya kerajaan Aceh mengalamikejayaannya. K.Aceh tumbuh menjadi besar dan berkuasa atas selat perdaganganislam.
 
Kehidupan EkonomiKekuasaan aceh atas daerah-daerah pantai timur dan barat Sumatera menambah jumlah ekspor ladanya. Sementara itu, Aceh dapat berkuasa atas selat Malaka yangmerupakan jalan dagang Internasional.
 
Kehidupan SosialMeningkatnya kemakmuran telah menyebabkan berkembangnya sistem feodalismedan ajaran agama islam di Aceh. Kaum bangsawan yang memegang kekuasaan dalam
 pemerintahan sipil disebut “ Golongan Teuku “, sedangkan kaum ulama yang
memegang peranan dalam agama di
sebut “ Golongan Teungku “.
 
 
Penyebab kemunduran kerajaan Aceha.
 
Tak ada raja-raja besar yang mampu mengendalikan daerah Aceh sepeninggalIskandar Muda.
 
Opiecx | sevend07.blogspot.com3b.
 
Timbulnya pertikaian terus-menerus antara golongan Teuku dengan golonganTeungkuc.
 
Daerah-daerah banyak yang melepaskan diri.4.
 
Kerajaan Demak Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam yang pertama di Pulau Jawa. Secarageografis kerajaan Demak terletak di daerah Jawa Tengah.
 
Raja-raja yang pernah memimpin :a.
 
Raden Fatah, di bawah pemerintahannya kerajaan Demak berkembang denganpesat, karena memiliki daerah pertanian yang luas sebagai penghasil bahanmakanan terutama beras.b.
 
Adipati Unus, masa pemerintahannya tidak lama karena ia meninggal di usiamuda. Hanum namanya cukup di kenal karena ia adalah panglima perang yangmemimpin pasukan Demak menyerang Portugis.c.
 
Sultan Trenggana, di bawah pemerintahannya kerajaan Demak mencapai masakejayaannya, ia berusaha memperluas wilayah hingga daerah Jawa Barat.
 
Kehidupan Ekonomi :Sebagai kerajaan maritim, Demak menjalankan funsinya sebagai penghubung dantransito antara daerah penghasil rempah-rempah di indonesia bagian timur denganMalaka.
 
Kehidupan Sosial :Kehidupan masyarakat telah diatur oleh atura-aturan atau hukum-hukum yang berlakudalam ajaran Islam, tetapi saja meninggalkan tradisi lama.
 
Kehidupan Budaya :Salah satu bukti peninggalan kebudayaan K.Demak adalah masjid Demak.5.
 
Kerajaan BantenSecara geografis kerajaan Banten terletak di daerah Jawa Barat bagian Utara.Kerajaan Banten menjadi penguasa jalur pelayaran dan perdagangan yang melalui selatSunda, dengan posisi yang strategis inilah K.Banten berkembang menjadi sebuahkerajaan besar di Jawa Barat dan bahkan menjadi saingan berat VOC ( Belanda ) yangberkedudukan di Batavia.
 
Raja-raja yang pernah memerintah :a.
 
Raja Hasanudin, dibawah pemerintahannya agama Islam denagan kekuasaankerajaan Banten dapat berkembang pesat.b.
 
Panembahan Yusuf, ia berupaya memajukan pertanian dan pengairan.c.
 
Maulana Muhammadd.
 
Abu’ Mufakir 
 

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Vera Waty Yeo liked this
Dewi Rahma liked this
Afrah Adina liked this
Nita Keong liked this
Mahasti Wiandita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->