Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
askep kwashiorkor

askep kwashiorkor

Ratings: (0)|Views: 496 |Likes:
Published by doraemon tembem

More info:

Published by: doraemon tembem on Nov 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Makanan yang dikonsumsi oleh seseorang sangat mempengaruhikesehatannya. Nutrisi yang dikandungnya akan digunakan tubuh untuk prosesmetabolisme yang menghasilkan energi, pertahanan, dan pertumbuhan.Ketika makanan yang dikonsumsi seseorang itu mengandung gizi seimbangmaka kesehatan tubuhnyapun akan terjaga, sebaliknya jika makanan yangdikonsumsinya tidak memperhatikan gizi maka pemenuhan energi, pertahanan, dan pertumbuhan akan terganggu. Apabila defisit nutrisi tersebut berlangsung lama maka dapat menyebabkan kwashiorkor.Kwasiorkor adalah sindrom klinis yang diakibatkan dari defisiensi protein berat dan asupan kalori yang tidak adekuat . Penyebab terjadinya kwashiorkor adalah inadekuatnya intake protein yang berlansung kronis. Anak penderitakwashorkor secara umum mempunyai ciri-ciri pucat, kurus, atrofi padaekstremitas, adanya edema pedis dan pretibial serta asites.Pentingnya memeperhatikan asupan mkanan bagi anak harus disadari olehsemua orang tua agar tidak terjadi defisit kronis yang menyebabkankwashiorkor. Di sisi lain orang tua tidak semua paham akan nutrisi yangdiperlukan bagi pertumbuhan anak. Orang tua juga perlu mengetahui ciri-ciri bila anak menderita kwashorkor dan memerlukan tindakan kuratif.Oleh karena itu peran perawat sangat berpengaruh dalam kasus ini, baik tindakan preventif, kuratif maupun rehabilitatif. Penyusunan asuhankeperawatan ini diperlukan untuk media pembelajaran dan pedoman bagimahasiswa keperawatan.
 
 
B.Tujuan
1.Mahasiswa mampu mendefinisikan kwashiorkor 2.Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab kwashiorko3.Mahasiswa mampu membuat diagnosa keperawatan untuk penderitakwashiorkor 4.Mahasiswa mampu membuat rencana asuhan keperawatan untu penderita kwashiorkor 
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
A.
Pengertian Kwashiorkor
Kwasiorkor adalah sindrom klinis yang diakibatkan dari defisiensi protein berat dan asupan kalori yang tidak adekuat. Dari kekurangan masukanatau dari kehilangan yang berlebihan atau kenaikan angka metabolik yangdisebabkan oleh infeksi kronik, akibat defisiensi vitamin dan mineral dapatturut menimbulkan tanda-tanda dan gejala-gejala tersebut. Kwasiorko berarti “anak tersingkirkan”, yaitu anak yang tidak lagi menghisap, dapatmenjadi jelas sejak masa bayi awal sampai sekitar usia 5 tahun, biasanyasudah menyapih dari ASI. Walaupun pertambahan tinggi dan berat dipercepatdengan pengobatan, ukuran ini tidak pernah sama dengan tinggi dan berat badan anak yang secara tetap bergizi baik.
B.Etiologi
Penyebab terjadinya kwashiorkor adalah inadekuatnya intake proteinyang berlansung kronis. Faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut antaralain :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->