Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dampak Teknologi-Bagi Kehidupan Manusia

Dampak Teknologi-Bagi Kehidupan Manusia

Ratings: (0)|Views: 90 |Likes:
Published by Ahmad Amiruddin

More info:

Published by: Ahmad Amiruddin on Nov 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2011

pdf

text

original

 
WAWASAN IPTEKS
“DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA
 Kelompok 6:
δ
SAFARUDIN (D621 11 006)
δ
AHMAD AMIRUDDIN (D621 11 901)
FAKULTAS TEKNIK JURUSAN GEOLOGIPRODI PERTAMBANGANUNIVERSITAS HASANUDDIN2011
 
BAB IPENDAHULUAN
a.
Latar Belakang Permasalahan
.
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusiasudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih amandan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnyadan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itumemang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umatmanusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampumenggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitasmanusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telahdiakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupanumat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusiatidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akankenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dankehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampumenampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedakenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia. b.
Perumusan Permasalahan
.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penulisan makalah ini adalah : Apakah dampak dari teknologi terhadap kehidupanmanusia?
 
c.
Ruang Lingkup.
Mengenai ruang lingkup dari pembahasan ini adalah sebatas tentang perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan telah membawa manfaatyang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yangsebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisadigantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannyaformulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisikemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.
d.Tujuan dan manfaat penulisan.
Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk lebih mengarahkan kepada setiap oranglebih mengerti tentang dampak teknologi bagi kehidupan manusia karena sejak duluteknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorangmenggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar darimasalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologiterjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiapmasalah yang dihadapinya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->