Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Silat Pangean

Silat Pangean

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 732 |Likes:
Published by api-3831079
penuh dengan ........ dan kesakralan penduduk setempat dan penganutnya.
penuh dengan ........ dan kesakralan penduduk setempat dan penganutnya.

More info:

Published by: api-3831079 on Oct 18, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

silek pangean

pangean adalah sebuah kecematan di kabupaten kuantan singingi, provinsi riau. pada awal era otonomi daerah, pangean merupakan sebuah kecamatan hasil pemekaran dari kecamatan kuantan hilir. yang kemudian dianggap layak untuk menjadi sebuah kecamatan yang definitif dan berhak menyelenggarakan pemerintahannya sendiri.

mendengar nama pangean, ini tidak asing lagi bagi dunia persilatan baik dalam
maupun luar negeri. karena pangean memang terkenal dengan yang namanyasilat
pangean. \u201djika kemudian nama silat pangean terdengar asing bagi orang awam ini bisa

dimaklumi lantaran silat pangean, dalam banyak hal, lebih banyak menutup diri, agar keasliannya terjaga,\u201d jelas salah seorang guru silat pangean. silat pangean merupaka seni bela diri yang lahir dari masyarakat pangean dan berkembang sampai sekarang, yang dipopulerkan secara turun temurun oleh guru-guru besar silat pangean (yang biasa dikenal dengan induak barompek).

seni beladiri yang dikenal dengan gerakannya yang lembut dan gemulai namun menyimpan akibat yang mematikan ini telah tersohor keseantero jagad pelosok negeri baik didalam maupun diluar indonesia. hal ini menjadikan silat pangean menjadi sebuah seni beladiri yang sangat diminati untuk dipelajari oleh pemuda-pemuda yang berasal dari pangean itu sendiri maupun yang berasal dari luar pangean.

awal peradaban di pangean

menerut buku kulik kore (tambo) negeri pangean, peradaban di pangean bermula dari sebuah bukit di pangean yang bernama bukit sangkar puyuh (sekarang koto tinggi pangean), nama tersebut diambil dari bentuk bukit itu sendiri yaitu bukit yang berbentuk sangkar puyuh, bukit ini dilingkari sebatangmanau (sejenis rotan yang berukuran besar) yang berpangkal dari setangkai cendawan besar,manau ini melingkar menurut arah jarum jam pada pertengahan kaki bukit dan berakhir pada pangkal permulaan tempat tumbuhnya. cendawan yang tumbuh dipangkalmanau ini, penduduk setempat menamakannya cindawan upeh, cendawan ini sangat beracun, sehingga penduduk setempat memusnahkannya dengan cara mengecor tempat tumbuh cendawan tersebut.

cindawan upeh ini hanya tumbuh di bukit sangkar puyuh. dengan seiring waktu diatas
bekas tumbuh manau dan cindawan upeh ini dibangun masjid pertama di pangean pada
akhir abad ke 17.

pada masa itu datuk lebar dado, datuk sebatang rusuk dan datuk badaro putih adalah peminpin masyarakat yang tinggal di bukit sangkar puyuh. merekalah nenek moyang orang pangean. menurut orang pangean, datuk lebar dado sangat perkasa dan berwibawa, beliau sanggup memeras besi menjadi cair, dan dengan ketangguhannya, pengacau yang dikenal hantu pakburu dilemparkan dua perhimbauan (kira-kira 150 meter) langsung mati dan langsung dikubur ditempat itu. kubur hantu pakburu sepanjang empat meter dapat ditemukan 150 meter di sebelah barat koto pangean.

selain itu negeri pangean juga diramaikan oleh pendatang negeri tetangga, seperti negeri toar (sekarang kecematan gunung toar) yang berada di sebalah hulu negeri pangean, dan pendatang dari ranah minangkabau untuk mencari kehidupan yang lebih

aman, karena sewaktu itu kerajaan pagaruyung diserang oleh kerajaan majapahit dari
daerah jawa dan kerajaan pagaruyung dikuasai oleh adityawarman.

dengan ramainya pendatang kenegeri pangean dan yang berbagai macam suku, sehingga terbentuklah tataran kehidupan bermasyarakat dengan (peribahasanya lupa bang)......lembaga dituang, suku dinegeri pangean diantaranya adalah malayu, paliyang,

caromin, mandaihiling, dan berkembang samapi sekarang.
asal usul silat pangean

sampai saat ini banyak terjadi kesimpang siuran tentang asal-usul silat pangean, yang membuat orang menjadi bingung, tapi jangan takut di edisi ulang tahun ini bm akan mencoba mengupas tuntas tentang asal-usul silat pangean dengan langsung terjun ke laman silat pangean dan dengan nara sumber guru silat pangean (induak barompek), yang segan untuk disebutkan namanya.

konon ceritanya silat pangean berasal dari pangian lintau daerah sumatra barat, tapi cerita ini dibantah oleh guru silat pangean (induak barompek), menurut ceritanya, sewaktu gindorajo dari negeri pangean (rantau kuantan) pergi berguru kepada datuk betabuh di lintau, daerah sumatra barat, selain mempelajari agama islam ia juga belajar ilmu silat untuk membela yanghaq yaitu keyakinan agamanya. sewaktu gindorajo menuntut ilmu di lintau, istrinya gadi ome dalam tidurnya bermimpi, dalam mimpinya itu ia kedatangan seseorang yang mengajarkannya ilmu silat, ternyata silat yang didapat melalui mimpi oleh istri gindorajo ini lebih hebat dari ilmu silat yang dipelajari gindorajo dari datuk betabuh.

menurut carita, yang datang mengajar gadi ome itu adalah roh syekh maulana ali yang datang dari tanah suci mekkah. istri syekh maulana ali bernama halima tusakdiah yang bergelar susu ampo sabolah turut andil dalam mengajar silat kepada gadi ome. orang pangean yakin halimah tusakdiah ini adalah orang pangean yang bersuamikan orang mekkah.

jadi gindirajo dan gadi ome merupakan guru yang pertama kali mengajarkan silat pangean dari guru yang berbeda. oleh sebab itu pada silat pangean terdapat dua sifat yang berbeda yang satu kasar keras dan satu lagi lunak lemah gemulai tapi mematikan. yang kasar keras berasal dari gindorajo sedangkan yang lunak berasal dari istrinya gadi ome. namun akhirnya gindorajo berguru pula kepada istrinya gadi ome. kemudian ilmu silat inilah yang berkembang dan diteruskan kepada anak kemenakan di kemudian hari. silat inilah yang disebut dengan silat pangean, bukan silat yang didapat dari ajaran datuk betabuh dari lintau.

mengapa silat pangean tidak bersal dari silat lintau? karena ilmu silat yang diperoleh gindorajo di lintau jauh kalahnya dibanding dengan yang diperoleh istrinya gadi ome, makanya sang suami belajar dari istrinya, dengan begitu murid pertama gadi ome adalah gindorajo.

beberapa tahun kemudian gindorajo pergi ke lintau mengunjungi datuk betabuh guru silat pertamanya, untuk memberitahukan bahwa ia telah memperoleh ilmu silat dari istrinya yang lebih hebat dari silat yang diajarkan datuk betabuh, namun sesampainya di

lintau semua anak silat dan guru mengadakan ziarah kubur, kemudian malaksanakan pertunjukan silat sedangkan gindorajo duduk dipojok tempat yang telah disediakan, beberapa selang waktu berlalu kemudian gindorajo disuruh tampil.

dalam bersilat lawan dari gindorajo tidak satupun yang mampu menjatuhkan gindorajo, malahan sepuluh orang datang sepuluh orang terpelanting olehnya, yang biasanya penonton hiruk pikuk kini terdiam dan terpelongo melihat kehebatan gindorajo, datuk betabuh pun terheran heran melihatnya. ini disebabkan karena gindorajo menggunakan silat yang diajarkan istrinya dan belum seorangpun diantara mereka yang mengetahu silat tersebut.

timbullah sikap yang tidak terpuji dan tercela pada pribadi datuk betabuh yang berupa sikap tidak senang atas keunggulan gindorajo, sehingga timbul tipu muslihat untuk membunuh gindorajo.

sewaktu tipu muslihat itu dilakukan, datuk betabuh mencoba menikam gindorajo dari belakang dengan menggunakan sebuah keris kecil sewaktu dalam perjalanan menuju ladang milik salah seorang guru silat. tapi sayang, tidak mengenai sasaran malah datuk betabuh yang jatuh terjungkal, lalu datuk betabuh berdiri dan mengacungkan tangan kepada gindorajo meminta maaf atas keterlanjuran ingin membunuh gindorajo. lalu gindorajo mengulurkan tangannya dan memaafkan perbuatan datuk betabuh dengan penuh waspada.

setelah suasana agak tenang lalu datuk betabuh menyampaikan kata hatinya bahwa ia terkagum kagum dan heran dengan ketangguhan ilmu silat gindorajo, kemudian tanpa ragu ia menanyakan dari mana gindorajo belajar, gindorajo menjawab dari istrinya di pangean.

dari kejadian diatas menambah keyakinan gindorajo terhadap ketangguhan ilmu silat yang dimiliki istrinya dari ilmu silat datuk betabuh. esok harinya datuk betabuh kembali menemui gindorajo dengan maksud menawarkan agar gindorajo tinggal dan menetap di lintau kemudian akan dinikahkan dengan seorang wanita cantik, namun tawaran tersebut ditolak gindorajo karena rasa setianya terhadap istri tercinta si gadi ome.

struktur kepemimpinan silat pangean

dari uraian mengenai sejarah silat pangean jelaslah orang pertama yang memiliki silat di pangean adalah gindorajo yang belajar dari datuk betabuh, setelah itu baru gadi ome istrinya yang memiliki ilmu silat lebih tinggi darinya, karena itu ia berguru kepada gadi ome.

isrti gindorajo memperoleh ilmu silat secara ghaib melalui mimpi. menurut kepercayaan orang pangean ilmu silat ini sengaja diturunkan kepadanya oleh seorang syekh dari mekkah yang beristrikan halima tusakdiah yang turut mengajarkan silat kepada gadi ome. menurut sumber bm di pangean makam halimah tusakdiah ini terdapat di logas tanah darat kecamatan kuantan hilir. kepercayaan ini memberikanjustifikasi kepada nilai dan fungsi silat yang dimiliki gadi ome istri gindorajo yang merupakan asal silat pangean.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rapion Aja liked this
Gegar Rantau liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->