Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Presentasi Bahan Ajar SIG Berbasis WEB 02

Presentasi Bahan Ajar SIG Berbasis WEB 02

Ratings: (0)|Views: 129|Likes:
Published by be383ex
Presentasi Bahan Ajar SIG Berbasis WEB 02
Presentasi Bahan Ajar SIG Berbasis WEB 02

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: be383ex on Nov 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
Oleh :Ir. Deddy Kurnia Sunaryo, MS. Tis.
1.
GIS dikembangkan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari product yangditawarkan oleh vendor, seperti ArcView/Arc Gis dengan avanue-nya atauMAPINFO dengan script-nya. Hal ini memiliki kelemahan karena untuk memilikiaplikasi ini sebuah institusi harus turut membeli core product-nya agar sistem atauaplikasi dapat berjalan.
2.
Untuk itulah kemudian diciptakan komponen yang bisa dengan mudahdiaplikasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga memberikemudahan untuk kustomisasi bagi user.
3.
Seiring dengan berjalannya waktu maka mulai terjadi pergeseran kebutuhan dari sisipenguna, yaitu kemudahan akses terhadap solusi GIS yang mereka terapkan (dimana pundan kapan pun). Untuk mengatasi hal ini diciptakan lah development environmentuntuk mengembangkan aplikasi internet yang dapat menampilkan data spatial. Hal inimendorong para penggiat open source untuk membuat product sejenis, sehingga muncullah MapServer, ALOVMap, dsb.
4.
Dari semua product open source tersebut MapServer, yang dikembangkan UniversitasMinesota, adalah salah satu product open source yang paling banyak digunakan karenabanyak fungsi yang ditawarkan serta support yang ditawarkan, serta pengembangannya yang terus dilakukan hingga sekarang. Selain itu MapServer tidak hanya dapatdikembangkan untuk aplikasi web tapi juga dapat dikembangkan untuk aplikasidesktop.
 
MapServer
MapServer adalah sebuah tools dengan platform open source yangdigunakan untuk mem-publish data spatial secara interaktif diinternet. Pertama kali dikembangakan di University of Minnesota dandapat berjalan di semua platform (windows, linux dan mac os x).
Dalam perkembangannya MapServer akhirnya dikembangkan olehbanyak orang dari seluruh penjuru dunia. Dan sampai saat ini masihterus dalam proses pengembangan.
Sampai saat ini MapServer lebih banyak digunakan pada aplikasi yangdikembangkan menggunakan bahasa pemrograman.
MapServer dapat dikolaborasikan dengan bahasa lain semisal asp ataubahkan html.
 
Shapefile Overview
 
ESRI shapefile atau yang lebih dikenal dengan shapefile adalah geospatial vector dataformat (dalam dunia gis dikenal ada dua macam data format yaitu vektor dan raster,dimana raster adalah data format untuk merepresentasikan data dalam bentuk imageseperti foto udara, citra satelit, citra radar, dsb) yang paling populer di dunia GIS.
 Yang disebut shapefile itu biasanya terdiri dari minimal 3 buah file (*.shp, *.shx dan*.dbf) yang merepresentasikan suatu data/objek tematik tertentu, misalnya data ibukota propinsi di indonesia dengan nama ibu_kota_prop maka jika kita melihat secarafisik di windows explorer akan terdapat file ibu_kota_prop.shp, ibu_kota_prop.shx danibu_kota_prop.dbf. Dimana file *.shp adalah file yang menyimpan data keruangan yangbiasa di sebut objek (spatial data), *.dbf adalah file yang menyimpan data tabular yangbiasa disebut attribut. Sedangkan *,shx menyimpan data index yang digunakan olehshapefile tersebut.
Shapefile biasanya berupa titik (point), garis (polylines) dan poligon (polygons).Dimana titik biasanya merepresentasikan lokasi suatu objek tertentu misal posisi bts,posisi sekolah dsb. Sedangkan garis biasanya merepresentasikan objek yang memilikititik awal dan titik akhir yang berbeda, missal jalan, sungai, dsb. Sementara poligonbiasanya digunakan untuk merepresentasikan objek yang memiliki titik awal dan titikakhir sama, misalnya danau.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->