Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
51Activity
×

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jilid 2 Bab VII Sd XIII

Jilid 2 Bab VII Sd XIII

Ratings: (0)|Views: 65,039|Likes:
Published by Roni Nepology

More info:

Published by: Roni Nepology on Nov 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
Desain dan Produksi Kriya Logam Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 
232
VII. PEMBUATAN PELAT DANKAWAT LOGAM DENGAN TEKNIKCANAI
Membuat kawat dan pelat merupakantahapan pekerjaan dalam membuatkomponen-komponen yang nantinyaakan dirangkai menjadi produk kriyalogam. Dalam proses pembuatan produkkriya logam, pembuatan komponenmerupakan tahapan yang penting dansangat menentukan kualitas produk yangakan dihasilkan. Oleh karena ituketerampilan membuat pelat dan kawatdengan cara dan langkah yang benar,harus dikuasai oleh siswa, guru , maupunpekerja di bidang kriya logam.Kemampuan membuat bahan baku daripelat dan kawat untuk dijadikankomponen-komponen produk merupakansalah sutu keahlian yang sangatdiperlukan oleh perusahaan yangmemproduksi produk–produk kriyalogam.Buku ini akan menjelaskan teknikmembuat pelat dan kawat yang dimulaidari pengetahuan tentang peralatan yangdigunakan, latihan keterampilan, sertapengerjaan praktek dengan teknik canai.
VII.1. Pengertian membuat pelat dankawat dengan teknik canai
Proses membuat pelat dan kawatkomponen produk, dalam tehnik canaibisa dilakukan dengan menggunakanperalatan canai baik manual maupunsemi mesin dan mesin.
VII.1.1. Membentuk kawat dan pelat
 VII.1.1.1. Peralatan canaia. landasanb. paluc. landasan alur
d. rolling mill 
(alat canai gilas)
 
e. mata canai platf.
Drawing bench 
(meja canai)g.
Drawing plate 
(plat canai)h. tang penariki. kikira. LandasanLandasan ini digunakansebagai landasan penipisandan sekaligus meratakanpermukaan batangan logamagar batangan logam dapatmasuk ke dalam mesin canai.Hal ini dilakukan karenabatangan logam yang keluardari proses pencetakanbatangan permukaannya masihbelum rata dan ukurannya jugamasih terlalu tebal.
 
Desain dan Produksi Kriya Logam Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 
233
 Gambar 356 Landasan bajab. PaluPalu digunakan dalampenipisan dan perataan awalsebelum batangan logammasuk ke dalam rolling milldan pelat penarik.Gambar 357 paluc. Landasan alurLandasan ini digunakan untukmengawali dalam membentukpelat menjadi bentuk pipasebelum mauk ke pelatpencanaiGambar 358 Landasan alurd.
Rolling mill 
(alat canai gilas)Rolling mill digunakanuntuk menipiskan batanganmenjadi plat dan kawatdengan cara menggilasnya.Untuk pelat digilas pada rollplat sedangkan untukkawat digilas pada roll alur.Roll baja penggilasukrannya ada beberapamacam dari 10 cm sampaidengan 25 cm panjangnya,sehingga rolling milltersebut dapat digunakanuntuk membuat pelatdengan lebar 10 sampaidengan 25 cm. rolling milldapat diatur ukuran teballogam yang diinginkansecara berurutan.
 
Desain dan Produksi Kriya Logam Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 
234
 Gambar 359
Rolling Mill 
 e.
Draw Bench ( 
Meja canai)Meja canai berfungsi sebagaitempat mencanai kawatGambar 360
Draw Bench 
 f.
Draw plate 
(plat canai)Pelat pencanai mempunyaifungsi untukmencanai/mengecilkankawat atau pipa melaluilubang-lubang pencanai.Plat pencanai ini masing-masing pelat memilikilubang bermacam-macamada pelat yang memilikilubang bulat, ada yangsegitiga, segi empat, danoval dengan masing-masing pelat pencanaimemiliki ukuran lubangyang berurutan dari 10mmsampai dengan 1 mm.Sehingga pelat pencanaitersebut dapat untukmembuat kawat atau pipadengan berbagai bentukdan ukuran.Gambar 361
Draw plate 
g. Kikir

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->