Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
20Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alat Peraga Membuat Matematika Mudah

Alat Peraga Membuat Matematika Mudah

Ratings: (0)|Views: 6,176|Likes:
Published by M_Ghozi

More info:

Published by: M_Ghozi on Nov 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/22/2013

pdf

text

original

 
an peralatan1.
 
Kumpulkan beberapa gelas kertas/plastik dan sedotan. Usahakan untuk mengumpulkansedotan dengan berbagai warna, minimal tiga warna.2.
 
Potong sedotan menjadi potongan-potongan kecil sekitar 1cm panjang masing-masing.3.
 
Guntinglah potongan sedotan tadi secara memanjang supaya potongan sedotan tadi dapatdikaitkan ke gelas. Ingat, potongan sedotan ini nanti akan kita jadikan sebagai tanda.Contoh penggunaan alat peraga sederhana untuk menjelaskan Kaidah Pencacahan (AturanPengisian Tempat):1.
 
Sembunyikan potongan-potongan sedotan selain warna Merah (M) dan Hijau (H).2.
 
Mulailah dengan pertanyaan “berapa gelas dapat ditandai jika masing
-masing gelas hanya
 boleh diberi diberi tepat 1 (satu) tanda (sedotan)?”. Jawaban normal nya akan 2 (dua)
gelas. 1 gelas ditandai merah dan satu gelas bertanda hijau (H) atau kita simbolkan: Mdan H.3.
 
Selanjutnya tingkatkan jumlah tanda, meminta pertanyaan seperti: “bagaimana jika kitaingin menggunakan tepat dua tanda?” . Jawabannya ada 4 (empat) gelas, MM
-MH-HM-HH (ingat, setiap gelas tidak boleh ada yang bertanda sama persis).4.
 
Tanyakan lagi “bagaimana kalau tepat tiga tanda
-
tanda?” dimana jawabannya 8. MMM
-MHM-HMH-HHM.5.
 
Generalisasikan dengan mulai menggunakan simbol seperti “bagaimana jika kita
menggunakan tanda te
 pat sejumlah n tanda?”.
 6.
 
Petunjuk jawabannya adalah:7.
 
2 kali 2 kali 2 ….. n kali
 8.
 
2 pangkat n.2 dikalikan dengan dirinya sendirinya sejumlah n kali.9.
 
Ulangi langkah di atas dengan menambah jumlah warna yang dibolehkan misalnyamenjadi merah (M), hijau (H) dan biru (B).Contoh populer yang sering digunakan misalnya adalah pasangan baju dan celana yang dapatdipakai, atau berapa kemungkinan membuat tim pengibar bendera yang terdiri dari tiga orang.Untuk menjelaskan contoh ini, dapat digunakan alat peraga sederhana matematika denganmengasosiasikan baju-celana dengan sedotan, dan orang yang memakai baju-celana dengangelas.Alat peraga ini juga dapat dipakai untuk menjelaskan permutasi dan kombinasi.
 
Ide dan gambar diambil dari 
 Alat Peraga Membuat Matematika Mudah
Kamis, 27 November 2008 00:00SIMPUL - Kres.. kres.. kres... Suara gunting memotong kertas terdengar nyaris serempak ditiga kelas pelatihan diseminasi alat peraga matematika untuk guru SD. Dalam pelatihan yangdigelar di SDN Percobaan 2 Kota Malang...Kres.. kres.. kres... Suara gunting memotong kertas terdengar nyaris serempak di tiga kelaspelatihan diseminasi alat peraga matematika untuk guru SD. Dalam pelatihan yang digelar diSDN Percobaan 2 Kota Malang, kemarin pagi, obrolan-obrolan kecil ikut mewarnai kerja samapara guru membuat alat bantu pembelajaran matematika tersebut.Alat peraga yang dibuat para guru bermacam-macam. Kertas yang dipotong digunakan untuk membuat bangun tiga dimensi. Ada segitiga, kubus, jajaran genjang, dan bukur sangkar.Potongan kertas itu dilekatkan dengan lem. Potongan kertas karton sekaligus digunakan untuk membuat bidang-bidang irisan melintang yang menjadi penyusun sebuah bangun tiga dimensi.Kertas yang dipotong kecil-kecil digunakan membuat papan tempel penjumlahan bilangan.Kertas itu digambari bunga, buah, atau bentuk sederhana lainnya. Setelah itu ditempel distereofoam.Potongan stereofoam lebih banyak lagi fungsinya. Ada yang digunakan untuk membuat muka jam beserta jarum penunjuknya. Stereofoam yang berbentuk lembaran juga dimanfaatkan parapeserta pelatihan untuk membuat berbagai bentuk mainan. Mainan-mainan itu digunakan untuk berhitung.Sedotan juga bisa digunakan untuk membuat alat peraga. Dirangkai dengan kawat atau benang,maka sedotan bisa untuk menjelaskan sisi sebuah bangun datar. Juga bisa digunakan untuk jarum jam dan lidi hitung.Lilyana Abibah, salah seorang tentor dari Meqip (
 Mathematic Education Quality Improvement Program
) Kota Malang mengungkapkan, para guru diajak berkreasi secara sederhana.
 
Diharapkan dengan ajang kreasi alat peraga untuk SD akan memunculkan kebiasaan membuatalat peraga.Dalam proses pembelajaran, kata Lilyana, alat peraga sangat penting membantu siswamamahami materi. Sebab, siswa akan senang, tidak tegang dan akan selalu ingat dengan apayang diterangkan guru melalui alat peraga. "Jangan sampai siswa SD takut dengan matematika.Kalau dibiarkan, maka matematika akan jadi momok," kata Lilyana.Alat peraga tak harus terbuat dari bahan lembaran plastik atau mika tebal. Dari bahan-bahansederhana sejenis kertas dan stereofoam pun bisa tetap bermanfaat. "Harapannya guru bisamembuat yang lebih permanen. Tetapi bahan sederhana pun dimaklumi, yang penting tujuannyatercapai," kata guru SD Laboratorium ini.Yang juga penting dari sebuah alat peraga adalah guru tidak hanya membuat satu alat peragasaja. Melainkan beberapa buah dengan model yang sama. Tujuannya agar semua siswa bisamencoba sendiri-sendiri. Tidak bergantian. Ini untuk menjawab masalah waktu yang banyak terbuang dalam pembelajaran menggunakan alat peraga. Sedangkan diseminasi diikuti 500 orangguru SD. Lokasinya dibagi tiga, yakni SDN Bandungrejosari 2, SD Percobaan 2, dan SDNDinoyo 2. (yos/ziz)
Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=44817 
 Unit Media Alat Peraga Matematika (MAPM) merupakan salah satu unit pendukung kegiatanakademis di PPPPTK Matematika. Tugas pokok unit MAPM adalah mengembangkan rancanganprototipe alat peraga matematika, mengembangkan dan membuat alat peraga matematika,mengembangkan dan menyusun manual serta petunjuk penggunaan alat peraga dalampembelajaran matematika, mengembangan model pembelajaran dengan menggunakan alatperaga matematika. Unit MAPM juga memberikan layanan akademik berupa konsultasipembuatan, penggunaan, atau pemanfaatan alat peraga matematika dalam pembelajaran, layananpeminjaman alat peraga untuk keperluan diklat dan kegiatan pembelajaran, serta layananpembuatan alat peraga.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
adi_cr775 liked this
Vivhiie PHi liked this
Andy Andriyanto liked this
Wiher Haeraty liked this
Zakkiyah Sari liked this
Elsa Diah Martha liked this
Septian Widodo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->