Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANDUAN PENGEMBANGAN RPP

PANDUAN PENGEMBANGAN RPP

Ratings: (0)|Views: 256|Likes:
Published by Fitra Mencari Surga

More info:

Published by: Fitra Mencari Surga on Nov 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/16/2013

pdf

text

original

 
PANDUAN PENGEMBANGANRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sumber Depdiknas 2006)
I. Pendahuluan
Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkandi dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik dikelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karenaitu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkaitandengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatuKompetensi dasar. Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan StandarKompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,MateriPembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran,Sumber Belajar, dan Penilaian.
II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan PembelajaranA. Mencantumkan identitas
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
IndikatorCatatan:
RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip darisilabus yang disusun oleh satuan pendidikan.
Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensidasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran danbanyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatukompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapakali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.
B. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yangditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajarandirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar.
 
Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yangdijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajarandapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
C. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuanpembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materipokok yang ada dalam silabus.
D. Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikansebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristikpendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
E. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkahlangkahkegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuatunsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akantetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristikmodel yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Olehkarena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutuptidak harus ada dalam setiap pertemuan.
F. Mencantumkan Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yangdikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan,lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secaralebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens,dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halamanyang diacu.
G. Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yangdipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentukmatrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulisuraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrikpenilaian.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->