Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
CARSINOMA MAMAE_LP

CARSINOMA MAMAE_LP

Ratings: (0)|Views: 31 |Likes:
Published by Ardie Bougiez

More info:

Published by: Ardie Bougiez on Nov 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2011

pdf

text

original

 
CARSINOMA MAMAE (KANKER PAYUDARA)
A. PENGERTIAN
Carcinoma mamae (Ca. Mamae) adalah pertumbuhan ganas sel-sel epitel pada payudara. Ca Mamae merupakan masalah utama di USA sedangkan di Indonesiamenduduki urutan ke-2 dari insiden semua tipe kanker.
B. ETIOLOGI
Tidak ada penyebab yang spesifik dari Ca. Mamae, adapun faktor-faktor resiko yangmenyebabkan Ca. Mamae antara lain:1.Riwayat pribadi tentang Ca. Mamae.Resiko mengalami Ca. Mamae pada mamae sebelahnya meningkat 1% setiaptahun.2. Anak perempuan atau saudara perempuan(hubungan keluarga kandung) dariwanita dengan Ca. Mamae.Resikonya meningkat dua kali jika ibunya terkena Carsinoma sebelum berusia 60tahun, resiko meningkat sampai 4-6 kali jika Ca. Mamae terjadi pada dua orangsaudara langsung.3.Menarke dini.Resiko Ca. Mamae meningkat pada wanita yang mengalami menstruasi sebelumusia 12 tahun.4.Nulipara dan usia marternal lanjut saat kelahiran anak pertama.Wanita yang mempunyai anak pertama setelah 30 tahun mempunyai resiko 2 kalilipat untuk mengalami Ca. Mamae dibanding dengan wanita yang mempunyaianak pertama pada usia sebelum 20 tahun.5.Menopause pada usia lanjut.Menopause setelah usia 50 tahun meningkatkan resiko untuk mengalami Ca.Mamae.6.Riwayat penyakit Mamae jinak.Wanita yang mempunyai tumor mamae di sertai perubahan epitel proliferatif mempunyai resiko dua kali lipat untuk mengalami Ca. Mamae, wanita denganhiperplasia tipikal mempunyai resiko empat kali lipat untuk mengalami penyakit
 
ini.7.Pemajanan terhadap radiasi ionisasi setelah masa pubertas dan sebelum usia 30tahun berisiko hampir dua kali lipat.8.Obesitas.Wanita gemuk yang di diagnosa penyakit ini mempunyai angka kematian lebihtinggi, yang lebih sering berhubungan dengan diagnosis yang lambat.9.Kontrasepsi Oral.Wanita yang menggunakan kontrasepsi oral beresiko lebih tinggi untuk mengalami Ca. Mamae.10.Terapi Penggantian Hormon.Wanita yang berusia lebih tua yang menggunakan estrogen suplemen danmenggunakannya untuk jangka panjang ( lebih dari 10-15 tahun) dapatmengalami peningkatan resiko.11.Masukan alkohol.Resiko Ca. Mamae meningkat dua kali lipat pada wanita yang minum alkohol tigakali sehari.
C. MANIFESTASI KILNIK 
1.Lesi tidak tersa nyeri: pembengkakan dan eritema.2.Terfiksasi dan keras dengan batas yang tidak teratur.3.Retraksi pada papila dan lesi yang terdapat pada dinding dada.4.Metastasi kekulit dimanifestasikan oleh lesi yang mengalamiulserasi.
D. PENTAHAPAN CA. MAMAE
Pentahapan mencakup mengklafikasikan kanker payudara berdasarkan pada keluasan penyakit.1.Tahap I terdiri atas tumor yang kurang dari 2 cm , tidak mengenai noduslimfe, dan tidak terdeteksi adanya metastasis2.Tahap II terdiri atas tumor yang lebih besar dari 2 cm tetapi kurang dari 5cm, dengan nodus limfe dan terfiksasi negatif atau positif, dan tidak terdeteksi adanya metastasis.3.Tahap III terdiri atas tumor yang lebih besar 5 cm atau tumor dengan
 
sembarang ukuran yang menginvasi kulit atau dinding, dengan noduslimfe terfiksasi positif dalam area klavikuler, dan tanpa bukti adanyametastasis.4.Tahap IV terdiri atas tumor dalam sembarang ukuran, dengan nodus limfenormal atau kankerosa , dan adanya metastasi jauh.
E.TIPE CA. MAMAE
1.Karsinoma duktal menginfiltrasiMerupakan tipe histologi yang paling umum, 75% dari semua jenis Ca. Mamae.Kanker ini sangat jelas karena keras saat dipalpasi. Kanker ini biasanya bermetastasis ke nodula aksila. Prognosisnya lebih berat di bandingkan dengantipe kanker lainnya.2.Karsinoma lobular menginfiltrasiKanker ini jarang terjadi, merupakan 5-10% Ca. Mamae. Tipe ini lebih umummultisentris sehingga dapat terjadi penebalan beberapa area pada salah satu ataukedua mamae.3.Karsinoma medulaMenempati sekitar 6% dari Ca. Mamae dan tumbuh dalam kapsul didalam duktus.4.Karsinoma musinusMenempati sekitar 3% dari Ca. Mamae. Penghasil lendir tumbuh dengan lambatsehingga prognosisnya lebih baik dari kanker yang lainnya.5.Karsinoma duktal tubulaJarang terjadi, menempati hanya sekitar 2% dari kanker.6.Karsinoma inflamatoriSangat jarang ditemukan yaitu sekitar 1-2% dan menimbulkan gejala yang berbeda dari Ca. Mamae yang lainnya.7.Penyakit paget mamaeTipe Ca. Mamae yang jarang terjadi. Gejala yang sering timbul adalah rasaterbakar dan gatal pada mamae.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->