Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sindrom klinefelter

sindrom klinefelter

Ratings: (0)|Views: 722 |Likes:
Published by Jawahir Madeaming

More info:

Published by: Jawahir Madeaming on Nov 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
1
Sindroma klinefelter
Jawahir bin MadeamingMahasiswa Semester VIIFakultas Kedokteran UKRIDA Jakarta 2011Jl. Arjuna Utara No.6 Jakarta Barat 11510www.ukrida.ac.id BAB IPendahuluan1.1
 
Latar Belakang
 
Pada tahun 1942, Dr Harry Klinefelter dkk di Massachusetts General Hospital Bostonmenerbitkan laporan tentang sembilan orang laki-laki yang mengalami pembesaran payudara,rambut wajah dan tubuh jarang, testis kecil, dan ketidakmampuan untuk memproduksisperma. Pada akhir 1950-an, peneliti menemukan bahwa pria dengan ciri-ciri seperti ini yangkemudian disebut sebagai sindroma Klinefelter memiliki pengaturan kromosom seks ekstra,XXY tidak seperti laki-laki biasa, XY.Pada awal 1970-an, peneliti di seluruh dunia berusaha untuk mengidentifikasi laki-lakimemiliki kromosom ekstra dengan skrining sejumlah besar bayi yang baru lahir. Salah satuyang terbesar dari studi ini, disponsori oleh Institut Nasional Kesehatan Anak danPengembangan Manusia (NICHD), memeriksa kromosom lebih dari 40.000 bayi..Berdasarkan studi ini, pengaturan kromosom XXY tampaknya menjadi salah satu kelainangenetik yang paling umum dikenal, dengan angka kejadian 1 dalam 500 hingga 1 dalam 1000kelahiran laki-laki. Meskipun penyebab sindrom karena sebuah kromosom seks ekstra,namun tersebar luas, sindrom itu sendiri (set gejala dan karakteristik) yang mungkin hasil darimemiliki ekstra kromosom jarang. Banyak pria menjalani hidup mereka tanpa pernahmencurigai bahwa mereka memiliki kromosom tambahan.
 
2
"Saya tidak pernah merujuk kepada bayi baru lahir memiliki Klinefelter, karena mereka tidak memiliki sindrom," kata Arthur Robinson, MD, seorang dokter anak di University of Colorado Medical School di Denver dan direktur studi yang disponsori NICHD tehtang laki-laki XXY . "Agaknya, beberapa dari mereka akan tumbuh untuk mengembangkan sindromKlinefelter tapi banyak dari mereka tidak akan." Jelasnya.Untuk alasan ini, istilah "sindrom Klinefelter" telah jarang digunakan lagi oleh penelitimedis. Kebanyakan lebih memilih untuk menggambarkan pria dan anak laki-laki memilikikromosom ekstra sebagai "laki-laki XXY."Selain pembesaran payudara, kurangnya rambut wajah dan tubuh, dan tipe tubuh bulat, laki-laki XXY lebih berisiko dibandingkan laki-laki lain untuk mengalami kelebihan berat badan,dan cenderung lebih tinggi dari ayah dan saudara mereka.Untuk sebagian besar, gejala-gejala ini dapat diobati. Bedah bila perlu dapat mengurangiukuran payudara. Suntikan hormon testosteron laki-laki secara regular mulai dari pubertas,dapat membantu pertumbuhan rambut wajah serta memberikan tipe tubuh yang lebih berotot.Suatu gejala yang jauh lebih serius, namun tidak selalu mudah terlihat yaitu gangguanbahasa. Meskipun mereka tidak mengalami keterbelakangan mental, kebanyakan laki-lakiXXY memiliki beberapa derajat gangguan bahasa. Sebagai anak-anak, mereka sering belajarberbicara lebih lambat daripada anak-anak lain dan mungkin mengalami kesulitan belajarmembaca dan menulis. Walaupun mereka akhirnya belajar untuk berbicara dan bercakapsecara normal, mayoritas cenderung memiliki beberapa tingkat kesulitan dengan bahasasepanjang hidup mereka. Jika tidak diobati, gangguan bahasa ini dapat menyebabkankegagalan sekolah dan hilangnya kepercayaan diri. Untungnya cacat bahasa ini biasanyadapat dikompensasi.Kemungkinan untuk sukses besar jika dimulai pada anak usia dini.
 
3
BAB IIIsi/Pembahasan2.1. Anamnesis
Anamnesis dapat dilakukan autoanamnesis pada pasien dewasa jika keadaanmemungkinkan. Sekiranya keadaan tidak memungkinkan, anamnesis dilakukan secaraallo anamnesis. Anamnesis yang perlu dilakukan meliputi:
Identitas Pasien
Meliputi nama, umur, jenis kelamin, status perkahwinan, status pendidikan, alamat,pekerjaan, agama, suku bangsa
Keluhan utama
 
Pasien klinefelter paling sering datang dengan keluhan infertilitas atau belummempunyai anak setelah lama berkahwin.
Keluhan tambahan
 
Sindroma klinefelter sering menimbulkan keluhan berikut:
 
Testis dan penis yang kecil
 
Rambut tubuh dan wajah yang sedikit
 
Pembesaran payudara (genikomastia)
 
Ketinggian melebihi normal (harus ditanyakan ketinggian orang tuadan saudara kandung yang lain)
Riwayat penyakit sekarang
 
Sudah pernah memeriksa ke dokter lain sebelumnya
 
Sudah pernah mendapat terapi atau pengobatan lain sebelumnya
Riwayat penyakit dahulu
 
 
Pernah tidak menderita penyakit lain sebelum ini ataupun mengalami trauma(misalnya trauma pada testis), kalau pernah dapat rawatan dimana, ada tidak komplikasi yang timbul.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
rexiloutezz liked this
Thya Kanzha N liked this
niezzweetz liked this
Ayu Elvana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->