Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
28Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Bahasa Pemrograman

Makalah Bahasa Pemrograman

Ratings: (0)|Views: 5,349|Likes:
Published by Awit Lela Sigi

More info:

categoriesTopics, Art & Design
Published by: Awit Lela Sigi on Nov 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/09/2013

pdf

text

original

 
 |
Copyright ©ayolihatsini.blogspot.com
 
1
BAB IPENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang Masalah
Informatika adalah disiplin ilmu teknik yang menangani masalah transformasi ataupengolahan fakta simbolik dengan menggunakan komputer melalui proses-proses logika.Membahas tentang informatika, bahasaannya tidak akan jauh dari bahasa pemrogramanatau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer.  Sejak dulu hingga sekarang, tentu kita mengetahui bahwa di dunia komputer terdapatberaneka ragam bahasa pemrograman. Karena begitu banyaknya jenis-jenis bahasapemrograman, bahasabahasa tersebut juga dikelompokan berdasarkan kriteria tertentu.Ada yang mengelompokkannya menjadi 3 level bahasa yaitu: high level (Seperti Pascaldan Basic), middle level (Seperti Bahasa C), dan low level (Seperti Bahasa Assembly).Ada juga yang mengelompokkannya menjadi procedural/functional programming, objectoriented programming, dan sebagainya.Namun pada dasarnya, bahasa-bahasa pemrograman tersebut memiliki bagian-bagianyang serupa. Yang membedakan hanyalah tata bahasa yang digunakan. Seperti halnyabelajar bahasa Indonesia, bahasa Jawa, ataupun bahasa asing. Masing-masingnyamemiliki bagian-bagian yang sama, yang membedakan hanyalah istilah/simbol yangdigunakan dan dialek bahasa tersebut.
B.
 
Rumusan Masalah
Masalah yang diangkat dalam makalah ini adalah mengenai Bahasa Pemrograman.Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut :1.
 
Apa itu Bahasa Pemrograman ?2.
 
Siapa yang mengenalkan Bahasa Pemrograman ?3.
 
Kapan Bahasa Pemrograman mulai dikenal ?4.
 
Apa saja macam-macam Bahasa Pemrograman ?5.
 
Mengapa Bahasa Pemrograman dibutuhkan ?6.
 
Kapan Bahasa Pemrograman dibutuhkan ?
 
 |
Copyright ©ayolihatsini.blogspot.com
 
2
C.
 
Batasan Masalah
Masalah yang dibahas dalam makalah ini, yaitu penjelasan mengenai bahasapemrograman, sejarah bahasa pemrograman, generasi bahasa pemrograman, macam-macam bahasa pemrograman, serta fungsi dari bahasa pemrograman itu sendiri.
D.
 
Tujuan Penulisan
 Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penulisan makalahtentang bahasa pemrograman ini. Beberapa tujuan tersebut antara lain:1.
 
Menenal bahasa pemrograman.2.
 
Mengetahui sejarah bahasa pemrograman.3.
 
Mengetahui generasi bahasa pemrpgraman4.
 
Memahami macam-macam bahasa pemrograman.5.
 
Memahami fungsi bahasa pemrograman.
E.
 
Sistematika Penulisan
 Penulis membagi sistematika penulisan makalah ini, menjadi tiga bab. Adapun bab-bab dalam penulisan makalah ini dapat penulis perinci sebagai berikut :1.
 
Bab I Pendahuluan, di dalam pendahuluan ini penulis mengemukakan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan Bahasa Pemrogramaan.2.
 
Bab II Isi, di dalam isi ini, penulis mengemukakan teori sebagai jawabanpermasalahan-permasalahan dari rumusan masalah.3.
 
Bab III Penutup, sebagai penutup penulis mengemukakan kesimpulan dan saran.
 
 |
Copyright ©ayolihatsini.blogspot.com
 
3
BAB II
 
ISI
 
A.
 
Bahasa Pemrograman
 
Bahasa
adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakansimbol (yaitu huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusiadisebut bahasa alamiah, dimna komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukansuatu bahasa komputer.
Program
merupakan sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah.
Program „dmasukkan‟ ke dalam komputer, komputer mengerjakan instruksi
-instruksi didalam program tersebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan. Agarprogram dapat dilaksanakan oleh komputer, programtersebut harus ditulis dalam suatubahasa yang dapat dimengerti komputer. Karena komputer adalah mesin, maka programharus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer.Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasapemrograman.Jadi
Bahasa Pemrograman
yaitu kumpulan perintah-perintah bermakna, berstrukturtertentu (syntax dansemantik )yang dapat dimengerti komputer yang berguna dalam penyelesaian masalah.
B.
 
Sejarah Bahasa Pemrograman
 Penemuan bahasa pemrograman di mulai bersamaan dengan kemunculan komputeritu sendiri. Bahasa pemrograman dan komputer merupakan dwitunggal yang tidak terpisahkan karena sebuah komputer hanya bisa berfungsi jika ada program.Sementara itu, sebuah program yang dibuat dengan bahasa pemrograman hanya bisahidup dengan menggunakan komputer sebagai media.Bahasa pemrograman telah mengalami berbagai proses perkembangan. Kondisibahasa pemrograman saat ini telah berbeda jauh dengan bahasa pemrograman di tahun40-an. Dahulu progammer memrintah komputer secara fisik menggunakan metodepengkabelan / wiring secara manual.Metode wiring kemudian berkembang hingga menjadi bahan pemrogramansederhana. Kualitas dan fitur berkembang dan bertambah dengan pesat. Bahasapemrograman di awal kemunculannya hanya dapat digunakan untuk satu keperluan saja/ one purpose only, tetapi kini dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluaan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->