Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
an Dan Pengemis Serbu Tegal

an Dan Pengemis Serbu Tegal

Ratings: (0)|Views: 16|Likes:
Published by Resmi Imanda

More info:

Published by: Resmi Imanda on Nov 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2011

pdf

text

original

 
Nama :Resmi ImandasariNIM : G64110027
Gelandangan dan Pengemis Serbu Tegal
TEGAL, KOMPAS.com -
Pengemis dan gelandangansemakin marak berkeliaran di wilayah Kota Tegal, Jawa Tengah. Mereka tidak hanya berasal Tegal, tetapi jugaberasal dari daerah-daerah lain, seperti Kabupaten Brebes,Pemalang, Bandung, dan Jakarta.Meskipun sudah berkali-kali dilakukan razia, pemerintahsetempat masih kesulitan untuk mengatasi persoalantersebut. Bahkan dari hasil razia pengemis, gelandangan,dan orang terlantar (PGOT) yang dilaksanakan timgabungan Pemkot Tegal dengan petugas Polres Tegal Kota, Jumat (8/4/2011), jumlah PGOT yang terjaring semakinbanyak bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Jumlah PGOT yang terjaring dalam razia hari itu sekitar39 orang. Pada razia bulan Februari, jumlah PGOT yangterjaring sekitar 34 orang, sedangkan pada bulan Januarisekitar 38 orang. Pada bulan Maret, razia dilaksanakanterhadap pria dan perempuan pekerja seks, sebanyak 37orang.Kepala Bidang Rehabilitasi dan Bantuan Sosial, DinasSosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kota Tegal, Irkar Yuswan mengatakan, masalah gelandangan dan pengemisselalu ditemukan di wilayah Kota Tegal. Jumlah PGOT jugaberfluktuatif, dan cenderung meningkat pada bulan-bulantertentu, seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri dan libursekolah.Dari razia yang dilakukan setiap bulan, sekitar 70 persenPGOT yang terjaing razia berasal dari luar wilayah Kota Tegal. Sebagian dari mereka merupakan pelaku lama,sebagian lainnya merupakan pelaku baru. Mereka yangterjaring razia, selanjutnya dikirim ke panti rehabilitasisosial di wilayah Kabupaten Pemalang dan Semarang.Menurut dia, meskipun pemerintah gencar melakukanrazia, keberadaan PGOT sulit dihilangkan. Hal itudiperkirakan karena pengaruh mental para pengemis, yanglebih suka meminta-minta."Oleh karena itu, perlu upaya terpadu antar berbagaiwilayah, untuk bersama-sama mengatasi masalah itu. Darimasyarakat sebenarnya juga bisa membantu, dengan tidakmemberikan uang kepada pengemis," ujarnya.
 
Sementara itu, para pengemis yang terjaring raziamengaku terpaksa meminta-minta untuk memenuhikebutuhan makan. Tarmuji (66) dan isterinya, Jaenah (56),warga Kaligangsa Kulon, Kabupaten Brebes misalnya,mengaku mengemis karena sudah tidak bisa lagimendapatkan pekerjaan. Selama ini, pasangan suami isteritersebut mengemis bersama dengan anak mereka,Warsinah (40) dan dua cucu mereka.
http://regional.kompas.com/read/2011/04/08/21121351/Gelandangan.dan.Pengemis.Serbu.Tegal
Resume :Pengemis dan gelandangan semakin banyak berkeliarandi kota Tegal. Bahkan dari hasil razia yang dilakukanPemkot Tegal (8/4/2011) menunjukkan adanya peningkatan jumlah pengemis, gelandangan, dan orang terlantar (PGOT)dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Menurut datastatistik Pemkot Tegal, 70% dari jumlah pengemis dangelandangan di kota Tegal berasal dari luar wilayah Tegalantara lain dari Kabupaten Brebes, Pemalang, Bandung, dan Jakarta. Meskipun pemerintah gencar melakukan razia,keberadaan PGOT sulit dihilangkan. Hal itu dikarenakanpengaruh mental para pengemis, yang lebih suka meminta-minta. Mereka terpaksa mengemis untuk memenuhikebutuhan makan anggota keluarga mereka. Oleh karenaitu, perlu adanya upaya terpadu antar berbagai wilayah,untuk bersama-sama mengatasi masalah itu. Selain itu, daripihak masyarakat dapat membantu dengan tidakmemberikan uang kepada pengemis.
 
Nama :Resmi ImandasariNIM : G64110027

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->