Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP NO 38 TAHUN 2011

PP NO 38 TAHUN 2011

Ratings: (0)|Views: 563 |Likes:
Published by widodo88

More info:

Published by: widodo88 on Nov 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2014

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 38 TAHUN 2011 TENTANGSUNGAIDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa dalam rangka konservasi sungai, pengembangansungai, dan pengendalian daya rusak air sungaisebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (3), Pasal 36ayat (2), dan Pasal 58 ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air perlu menetapkanPeraturan Pemerintah tentang Sungai;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang SumberDaya Air (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2004 Nomor 32, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4377);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG SUNGAI.
 
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Sungai . . .
 
 - 2 -1.
 
Sungai adalah alur atau wadah air alami dan/ataubuatan berupa jaringan pengaliran air beserta air didalamnya, mulai dari hulu sampai muara, dengandibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan.2.
 
Danau paparan banjir adalah tampungan air alami yangmerupakan bagian dari sungai yang muka airnyaterpengaruh langsung oleh muka air sungai.3.
 
Dataran banjir adalah dataran di sepanjang kiridan/atau kanan sungai yang tergenang air pada saatbanjir.4.
 
Pengelolaan sumber daya air adalah upayamerencanakan, melaksanakan, memantau, danmengevaluasi penyelenggaraan konservasi sumber dayaair, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendaliandaya rusak air.5.
 
Daerah aliran sungai adalah suatu wilayah daratan yangmerupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anaksungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan, danmengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke lautsecara alami, yang batas di darat merupakan pemisahtopografis dan batas di laut sampai dengan daerahperairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan.6.
 
Wilayah sungai adalah kesatuan wilayah pengelolaansumber daya air dalam satu atau lebih daerah aliransungai dan/atau pulau-pulau kecil yang luasnya kurangdari atau sama dengan 2.000 Km
2
(dua ribu kilo meterpersegi).7.
 
Banjir adalah peristiwa meluapnya air sungai melebihipalung sungai.8.
 
Bantaran sungai adalah ruang antara tepi palung sungaidan kaki tanggul sebelah dalam yang terletak di kiridan/atau kanan palung sungai.9.
 
Garis sempadan adalah garis maya di kiri dan kananpalung sungai yang ditetapkan sebagai batasperlindungan sungai.10. Masyarakat . . .
 
 - 3 -10.
 
Masyarakat adalah seluruh rakyat Indonesia, baiksebagai orang perseorangan, kelompok orang,masyarakat adat, badan usaha, maupun yangberhimpun dalam suatu lembaga atau organisasikemasyarakatan.11.
 
Pemerintah pusat, selanjutnya disebut Pemerintah,adalah Presiden Republik Indonesia yang memegangkekuasaan pemerintahan negara Republik Indonesiaberdasarkan Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945.12.
 
Pemerintah daerah adalah gubernur, bupati/walikota,dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggarapemerintahan daerah.13.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusanpemerintahan di bidang sumber daya air.Pasal 2Peraturan pemerintah ini mengatur mengenai ruang sungai,pengelolaan sungai, perizinan, sistem informasi, danpemberdayaan masyarakat.Pasal 3(1)
 
Sungai dikuasai oleh negara dan merupakan kekayaannegara.(2)
 
Pengelolaan sungai dilakukan secara menyeluruh,terpadu, dan berwawasan lingkungan dengan tujuanuntuk mewujudkan kemanfaatan fungsi sungai yangberkelanjutan.Pasal 4Pengelolaan sungai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3ayat (2) dilakukan oleh Pemerintah, pemerintah provinsi,atau pemerintah kabupaten/kota sesuai dengankewenangannya.BAB II . . .

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Haslinda Datau liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->