Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kliping Renang

Kliping Renang

Ratings: (0)|Views: 9,549 |Likes:
Published by Arya Wicaksana
pembuatnya adalah Arya Wicaksana add facebook : wicaksana94@gmail.com
pembuatnya adalah Arya Wicaksana add facebook : wicaksana94@gmail.com

More info:

Published by: Arya Wicaksana on Nov 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

 
TUGAS
KLIPING RENANG
Disusun Oleh : Arya Wicaksana (4)Kelas : XII IPA 1SMA NEGERI BANYUMAS
 
PENGANTAR
“Berenang banyak manfaatnya”.
Olahraga renang biasa disarankan kepada anak-anakbahkan ibu-ibu hamil, termasuk orang-orang yang bermasalahdengan tulang belakang dan persendian lainnya. Bagi anak-anak dengan memiliki tulang yang kuat, tubuh mereka bisatumbuh optimal dan bisa mendapatkan tinggi yang maksimal jugaGayaapa pun tidak akan mengurangi manfaat renangkepada para penikmat renang. Ketika berenang, apa pungayanya, para perenang telah melawan gaya gravitasi bumi.Gerakanyang berlawanan dengan gravitasi bumi ini akanmembuat otot semakin kuat. Ketika otot kuat, pembentukkantulang berjalan dengan sempurna. Bila pembentukkan tulangbagus, makapenyakityang berhubungan dengan tulang,seperti osteoporosis, dapat dicegah.Apabila jalur pernapasan bagus karena tulang belakangbagus, maka organ dalam tubuh, seperti, jantung, paru-paru,hati, ginjal, dan terutama otak pun akan mendapatkan pasokanoksigen yang sempurna. Bila semuanya berjalan dengansempurna, maka secarateori, sehatlah yang didapat.Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air, danbiasanya tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapatdimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakaisewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air,mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisidilakukan orang di kolam renang. Manusia juga berenang disungai, di danau, dan di laut sebagai bentuk rekreasi. Olahragarenang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuhdipakai sewaktu berenang.
 
Sejarah
“Manusia sudah dapat berenangsejak zaman prasejarah”
Bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisantentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "guaperenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir,Mesir barat daya.Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM.Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentangberenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab(Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538,Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jermanmenulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atauDialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder einZwiegespräch über die Schwimmkunst).Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Sebagian besarpeserta waktu itu berenang dengan gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depanatau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di duniaBarat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas sukuIndian di Amerika Selatan. Renang merupakan salah satucabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renangOlimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationalede Natation (FINA) dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu yangpada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterimasebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ngk ada ya,,,kliping tntg nelayan
budi2906 liked this
khrnnsde liked this
Kangjul Aripin liked this
Yadhi AL Muqsith liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->