Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Menejemen konstruksi PLTMH

Menejemen konstruksi PLTMH

Ratings: (0)|Views: 272 |Likes:
Published by Dasrinal Tessal
Manajemen buat sipil
Manajemen buat sipil

More info:

Published by: Dasrinal Tessal on Nov 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

 
 Panduan untuk Pembangunan Pembangkit Listrik Mikrohidro Bab 9
- 9-1 -
 
Bab 9 MENEJEMEN KONSTRUKSI
9.1 Menejemen Konstruksi untuk Fasilitas Sipil9.1.1 Tujuan menejemen konstruksi
Menejemen konstruksi dilaksanakan oleh kontraktor sendiri untuk memenuhi standar dan untuk melengkapi pekerjaan-pekerjaan konstruksi secara ekonomis dan amandengan waktu konstruksi. Untuk menjamin kualitas dan fungsi dan untuk mengontrolkemajuan dari dari pekerjaan, kontrkator membuat sebuah rencana konstruksi,memeriksa pada saat pertengahan pekerjaan apakah pekerjaan dilakukan sesuai jadwal,melakukan perbaikan jika pekerjaan tertunda, menguji apakah kualitas dan keadaanyang ditentukan sebelumnya telah dibuat dan menunjukkan hasilnya pada grafik dantabel, memeriksa hal-hal yang tidak sesuai atau seperti standar, dan mencatat kemajuan,kualitas dan keadaan dari pekerjaan untuk diperbandingkan dengan spesifikasi dangambar.Menejemen konstruksi termasuk kontrol kemajuan, kontrol dimensi dan kontrolkualitas.
9.1.2 Kontrol kemajuan
Kontrol kemajuan adalah menejemen dari proses konstruksi untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan secara efisien dan ekonomis dengan waktu konstruksi dengan pemanfaatan secara efektif mesin-mesin, tenaga kerja dan material sementara kualitas perawatan mencukupi dan tepat daripada sekedar kontrol sebagai sebuah rangkaian dari proses untuk melihat dan menyelesaikan waktu. Terutama, di negara-negara dimanamusim hujan dan musim kemarau dapat dibedakan dengan jelas, pekerjaan-pekerjaankonstruksi difokuskan di musim kemarau dan ini akan sangat menuntut ketepatan waktu,dan dengan demikian kontrol pekerjaan harus dibuat dengan sangat teliti. Ini sangat penting dimana tidak dapat dihindarkan untuk mempercayakan pekerjaan-pekerjaansipil pada tenaga manusia. Pada sisi lain, konstruksi pembangkit listrik tenaga air mengandung pekerjaan-pekerjaan untuk pemasangan generator dan konstruksi fasilitaslistrik sebagai tambahan untuk pekerjaan-pekerjaan sipil, dan koordinasi yang sangat baik antar pekerjaan tersebut dibutuhkan.
 
 Panduan untuk Pembangunan Pembangkit Listrik Mikrohidro Bab 9
- 9-2 -
 Jika menggunakan dana dari lembaga keuangan internasional untuk impor peralatan dan bahan-bahan konstruksi, berbagai prosedur dibutuhkan untuk memperoleh persetujuandari bagian-bagian yang relevan untuk rencana impor, untuk menyiapkan dokumen yangdibutuhkan untuk tender internasional, untuk membuat dokumen tender dan kontrak dengan agent ekspor/impor dan untuk mendapat pesetujuan ekspor dari pemerintahnegara pengekspor barang tersebut. Ketika mempersiapkan jadwal untuk konstruksi,harus dicatat bahwa mempertimbangkan waktu menjadi penting dari mulai memutuskan prosedur diatas sampai ke pengiriman barang-barang tersebut ke lokasi.(1) Prosedur kontrol kemajuanKemajuan kontrol dibuat untuk setiap tahap perencanaan, implementasi, pemeriksaandan penanganan. Kemajuan harus dikontrol untuk melaksanakan pekerjaan sedekatmungkin ke jadwal dengan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan jadwal konstruksi,dan secara berkala mencatat kemajuan nyata pada lembaran jadwal setiap hari, setiapminggu atau setiap bulan dan secara tetap mengecek kemajuan dengan membandingkanrencana yang dibuat dengan kemajuan yang nyata. Jika ada penyimpangan besar yangdideteksi antara keduanya, mungkin ada sebuah masalah dalam sistem perencanaan atauimplementasi. Dengan demikian, perencanaan harus diuji ulang dan perbaikan ukurandiambil. Kemudian, tahap implementasi, pemeriksaan dan penangan harus diambildengan berdasar pada jadwal konstruksi perbaikan.(2) Grafik jadwal konstruksiBerbagai jadwal waktu harus disiapkan secara grafikal untuk kontrol kemajuan dankemudian digunakan sebagai standar untuk implementasi, pemeriksaan dan penanganan.Bentuk-bentuk berikut biasanya digunakan untuk grafik kontrol.(a) Grafik jadwal tipe garis horisontal (
Gantt chart, bar chart 
)(b) Grafik jadwal tipe kurva (
 graph type
)(c) Grafik jadwal tipe jaringan (PERT, CPM)Grafik balok biasanya digunakan sebagai grafik jadwal tetapi penggunaan garfik jadwaltipe jaringan lebih menguntungkan dalam proyek pembangkit listrik dimana berbagaitipe pekerjaan overlap (tumpang tindih). Untuk mengetahui bentuk (dimensi, kuantitas,referensi ketinggian, dll) dari sebuah obyek yang dibuat oleh pekerjaan-pekerjaan, bentuk secara langsung diukur.
 
 Panduan untuk Pembangunan Pembangkit Listrik Mikrohidro Bab 9
- 9-3 -
 
9.1.3 Kontrol dimensi
Perlu untuk memastikan bahwa pekerjaan-pekerjaan sipil telah dibangun dalamkesesuaian dengan keperluan kontrak yang diajukan dan ditujukan oleh pemilik. Jikaada hal-hal yang tidak sesuai dengan keperluan ditemukan, penyebabnya harus dicaridan perlu dilakukan perbaikan. Kontrol dimensi dapat secara kasar dibagi ke dalam pengukuran langsung dan rekaman fotografi.(1) Pengukuran langsungUntuk mengetahui ukuran (dimensi, kuantitas, referensi ketinggian, dll) dari sebuahobyek yang dibuat dengan pekerjaan-pekerjaan, bentuk dapat diukur secara langsungsesuai dengan urutan pekerjaan-pekerjaan konstruksi dan nilai-nilai yang diukur kemudian dibandingkan dengan nilai-nilai disain. Hasil dicatat, ketepatan darikonstruksi diperiksa apakah sesuai standar, dan derajat dari teknologi konstruksidikontrol.(2) Rekaman fotografiRekaman fotografi dibuat sebagai data tambahan untuk konfirmasi kemudian darikemajuan pekerjaan-pekerjaan termasuk kondisi sebelum dan sesudah pekerjaan, bagian-bagian yang tidak mungkin terlihat pada penyelesaian struktur, dan hasil dari pengukuran langsung.
9.1.4 Kontrol Kualitas
Kontrol kualitas digunakan untuk merawat standar dari kuantitas yang diajukan dalamdisain dan spesifikasi.(1) Prosedur kontrol kualitasUntuk melaksanakan kontrol kualitas, standarisasi harus pertama-tama dibuat darisemuanya. Standar atau kriteria harus dibuat untuk semua kisaran fase dari pengadaanmaterial untuk melakukan pekerjaan, dan pekerjaan-pekerjaan harus dikontrol sesuaidengan standar tersebut.(a) Standar untuk materialStandar kualitas untuk material yang digunakan harus diklarifikasi dan ditegaskansecara kuantitatif.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->