Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Psikologi Pendidikan Islam - Kepribadian Muslim Dan Ciri-cirinya

Psikologi Pendidikan Islam - Kepribadian Muslim Dan Ciri-cirinya

Ratings: (0)|Views: 518 |Likes:
Published by Afif

More info:

Published by: Afif on Nov 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan manusia sebagai individu maupun makhluk sosial kepribadiansenantiasa mengalami warna warni kehidupan. Ada kalanya senang, tentram dangembira. Tetapi pengalaman hidup membuktikan bahwa manusia juga kadang kadangmengalami hal-hal yang pahit, gelisah, frustasi dan sebagainya, ini menunjukan bahwamanusia senantiasa mengalami dinamika kehidupan.Berbagai macam cara dilakukan agar manusia dapat menyalurkan rasa senang,tenang dan gembira atau dengan kata lain agar manusia memperoleh kebahagiaan danterhindar dari hal-hal yang mengecewakan. Mampu tidaknya seseorang dalam mencapaikeinginannya tergantung dari vitalitas, temperamen, watak serta kecerdasan seseorang.Vitalitas merupakan semangat hidup, pusat tenaga seseorang, ia merupakan dasar kepribadian dan merupakan unsur penting yang ikut menentukan kemampuan berprestasi, dan bersifat dinamis. Setiap orang memiliki vitalitas yang berbeda ada yangkuat ada juga lemah.
1
Beberapa ahli psikologi telah banyak mengemukakan teori tentang kepribadianantara lain William James, ia berpendapat bahwa kepribadian merupakan unsur kesatuanyang berlapis-lapis. Terdiri dari
The Material Self 
atau diri materi,
The Social Self 
ataudiri sosial,
The Spiritual Self 
atau diri rohani dan
 Pure Ege
atau ego murni atau
Self of Selves.
2
Di kalangan intelektual Muslim masalah psikologi sudah banyak dibahas oleh para ahli diantaranya Al-Farabi, Ibnu Sina, Ikhwan Ash Shafa, Al-Ghazali, Ibnu Rusyd,Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim al Jauzi.
3
Psikologi Islam juga membahas tentang
 syakhsiyah
atau
 personality
ataukepribadian. Dalam literature klasik seperti Al-Gazali telah membahas tentang keajaiban
1
H. Ahmad Fauzi, Drs,
 Psikologi Umum
, Bandung, Pustaka Setia, 1999, hlm. 133
2
Ibid, hlm. 132
3
Dr. Muhammad Utsman Najali,
 Jiwa dalam Pandangan Para Filsafat Muslim
, terj. Gari Saloom, S.Psi,Bandung, 2002, hlm. 16
1
 
hati
4
dan Ibnu Maskawaih ditemukan pembahasan tentang akhlak yang maksudnya miripdengan
 syakhsiyah.
Bedanya
 syakhsiyah
dalam psikologi berkaitan dengan tingkah lakuyang didevaluasi sedangkan akhlak adalah tingkah laku yang dievaluasi.
5
Karena itukepribadian muslim selain mendiskripsikan tentang tingkah laku seseorang juga menilai baik buruknya.Makalah ini akan membahas tentang struktur kepribadian muslim meliputisubstansi jasmani, substansi ruhani dan substansi nafsani, juga akan membahas pola danciri-ciri kepribadian muslim.
B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana pengertian kepribadian?2.Bagaimana kepribadian muslim dalam perspektif psikologi pendidikan Islam?3.Bagaimana maksud dan apa saja struktur kepribadian muslim?4.Bagaimana ciri – ciri kepribadian muslim?
C.Tujuan Masalah
1.Untuk mengetahui pengertian kepribadian.2.Untuk mengetahui kepribadian muslim dalam perspektif psikologi pendidikan Islam.3.Untuk mengetahui maksud dan apa saja struktur kepribadian muslim.4.Untuk mengetahui ciri – ciri kepribadian muslim.
BAB IIPEMBAHASAN
4
Lihat Abu Hamid Muhammad Al-Gazali,
 Ihya Ulumu al Din
, Beirut, Dar a Fikr, 1980
5
Mansur Ali Rajab,
Ta’am Mulat Fi Falsafah al Akhlaq
, Mesir, Maktabah al Anjalu al Mishroyah, 1961,hlm.13
2
 
KEPRIBADIAN MUSLIMA.Pengertian Kepribadian
Kepribadian dalam bahasa Arab disebut
as-syakhshiyyah
, berasal dari kata
 syakhshun
, artinya, orang atau seseorang atau pribadi. Kepribadian bisa juga diartikanidentitas seseorang (haqiiqatus syakhsh). Kepribadian atau
 syakhshiyyah
seseorangdibentuk oleh cara berpikirnya (aqliyah) dan caranya berbuat untuk memenuhikebutuhan-kebutuhan atau keinginan-keinginannya (nafsiyah).
6
Kepribadian berasal dari kata Personality (bahasa Latin) yang berarti kedok atautopeng. Yaitu tutup muka yang sering dipakai oleh pemain-pemain panggung, yangmaksudnya untuk menggambarkan perilaku, watak atau pribadi seseorang. Hal itudilakukan oleh karena terdapat ciri-ciri yang khas, yang hanya dimiliki oleh seseorangtersebut baik dalam arti kepribadian yang baik, ataupun yang kurang baik. Secarafilosofis dapat dikatakan bahwa pribadi adalah ”aku yang sejatidan kepribadianmerupakan “penampakan sang aku” dalam bentuk prilaku tertentu.Disini muncul gagasan umum bahwa kepribadian adalah kesan yang diberikanseseorang kepada orang lain yang diperoleh dari apa yang dipikir, dirasakan, diperbuatyang terungkap mealui perilaku.Selanjutnya berdasarkan pengertian kata-kata tersebut para ahli mengemukakandefinisinya sebagai berikut:a.Woodworth: Kualitas dari seluruh tingkah laku seseorang. b.Morrison: Keseluruhan dari apa yang dicapai seseorang individu dengan jalanmenampilkan hasil- hasil kultural dari evolusi social.c.Hartmann: Susunan yang terintegrasikan dari ciri-ciri umum seseorang individusebagaimana yang dinyatakan dalam corak khas yang tegas yang diperhatikannyakepada orang lain.
7
6
Syekh Taqiyuddin An Nabhani, As Syakhshiyyah Al Islamiyyah, jilid I , hlm. 5
7
Siti Maisyaroh, dalam pengertian kepribadian muslim, http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2191444-pengertian-kepribadian-muslim/ dikases pada: Kamis, 03 Nov 2011. Pkl.21.13 WIB
3

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
murianda liked this
Awish Al Ghariyb liked this
DjayusYus liked this
DjayusYus liked this
Sabran Kaltim liked this
adiretsu7491 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->