Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Surat Gugatan

Surat Gugatan

Ratings: (0)|Views: 837 |Likes:

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Sitharesmi Dien Mangoendiharjo on Nov 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2013

pdf

text

original

 
Surat Gugatan
Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai surat gugatan, adabaiknya kita juga megetahui siapa saja yang berhak mengajukan suratgugatan.
Pihak yang berhak mengajukan gugatan
perdata adalah pihakyang merasa dirugikan. Pihak ini dinamakan penggugat. Penggugatdapat terdiri dari satu orang/ beberapa orang. Apabila gugatandiajukan oleh beberapa orang, maka ini dinamakan sebagai gugatankelompok / class action/ gugatan perwakilan.Sedangkan
pihak yang diduga telah merugikan pihak penggugat
dinamakan tergugat. Jumlah tergugat boleh satu, atau bahkan lebih.dan pihak ini dinamakan sebagai tergugat I, jika hanya ada satu namn jika ada sampai 4 maka dinamakan sebagai tergugat IV.Sebelum menyusun surat gugatan, sebaiknya dilakukan observasi atauaudit hukum berkenaan dengan kasus tersebut, hal ini jugamencangkup penelitian terhadap dokumen-dokumen yang dapatdimasukan dalam gugatan nantinya. Biasanya dalam pembuatan suratgugatan, kronologis dari kasus tersebut dibuat langsung olehpenggugat, karena pada dasarnya si penggugatlah yang benar-benarmengetahui permasalahan tersebut.
Berikut contoh kasus kronologis perkara atau biasa disebutsebagai kasus posisi perkara.
Pada 2 Januari 2002, A memberikan pinjaman kepada Bsebanyak 200 juta rupiah untuk menambah modal usahanya.Perjanjian pinjam-meminjam dilakukan di hadapan Notaris C, SH dan pinjaman akan dikembalikan dalam jangka waktu tiga tahun, tepatnya2 Januari 2005.Ternyata, pada waktu pengembalian yang ditentukan, B tidak mengembalikan pinjamannya tersebut kepada A dengan alasanusahanya bangkrut. Usaha untuk menangih utang tersebut dilakukanoleh A, tetapi selalu tidak mendapatkan hasil. Akhirnya, pada 6 April2005 A melalui kuasa hukumnya D mengajukan gugatan terhadap B diPengadilan Negeri Kelas I Jakarta.
Setelah penggugat membuat kronlogis kasus, maka kuasa hukum akanmerumuskan petitum/ menentukan apa yang harus dituntut dalamgugatan. Penentuan petitum didapatkan berdasarkan diskusi yang
 
dilakukan oleh kuasa hukum dengan penggugat danmempertimbangkan barang bukti yang menguatkan petitum tersebut.Namun, jika penggugat membuat surat gugatan tanpa didampingi olehkuasa hukum, maka si penggugat berhak menentukan petitumnya itusendiri.
Suatu gugatan memiliki anatomi, yaitu
:1. Kepala gugatan, meliputi:a. tanggal gugatanb. ditujukan kepada pengadukan mana gugata tersebut, dalam halini si penggugat harus mengacu kepada kompetensi absolut(lembaga mana yang berwenang menangani perkara) dankompetensi relatif ( pengadilan mana yang berwenangmenangani perkara).c. Keterangan para pihak/ komparisid. Dasar diajukan gugatan.2. Isi gugatan, meliputi:a. latar belakang mengajukan gugatan/ posita, yang disusunsecara sistematikb. Tuntutan pengugat / petitum, dalam membuat petitum harus adahubungannya dengan posita karena jika tidak makagugatan terancam ditolak dengan alasan petitum yangkabur atau tidak jelas.3. Penutup gugatan, biasanya berisi tanda tangan penggugat ataukuasa hukum pengugat.Surat gugatan yang diajukan oleh pengugat sendiri atau melalui kuasahukum, bedanya hanya pada kepada gugatan dan tanda tangangugatan.
Contoh surat gugatan yang dibuat oleh pengugat sendiri.
 Jakarta, 7 April2005Kepada: Yang Terhormat Bapak KetuaPengadilan Negeri Kelas I Jakartadi JakartaDengan hormat, Yang bertanda tangan dibawah ini, saya:
 
A, SE, pekerja swasta, beralamat di Jl. panjang no 100 Jakarta, hendakmenandatangani dan mengajukan surat gugatan ini, selanjutnya akandisebut pengugat.Dengan ini pengugat hendak mengajukan gugatan terhadap:B, SE, yang beralamat di Jl. Hening no 1 Jakarta, selanjutnya disebuttergugat.Kronologis masalah….Isi:Posita.......Petitum......Primair.......Gugatan diajukan oleh pengugat sendiri.Penutup:PengugatA, SE
Contoh surat gugatan yang diajukan oleh kuasa hukumpengugat:
 Jakarta, 10 April 2005Kepada:Bapak Ketua Pengadilan Negeri Kelas I JakartaDi JakartaDengan hormat, Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:D, SH.MH, beralamat kantor di Jalan Cemara Jakarta, berdasarkan suratkuasa khusus tertanggal 4 April 2005, terlampir, bertindak untuk danatas nama A, S.E, bertempat tinggal di jalan panjang 100 Jakarta.Dalam hal ini tekah memilih kediaman hukum (domisili) di kantorkuasanya tersebut diatas, hendak menandatangani dan mengajukansurat gugatan ini, selanjutnya akan disebut pengugat.Dengan ini hendak mengajukan gugatan terhadap B, S.E,bertempat tinggal di Jalan Hening Jakarta, slenajutnya akan disebuttergugat.Adapun mengenai duduk persoalannya adalah sebagai berikut:1.Bahwa, pada tanggal 2 Januari 2002, tergugat telah meminjamuang kepada pengugat sebanyak Rp. 200.0000.000 dengan jangkawaktu pengembalian tiga tahun.

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Made Bagus liked this
Taufiq N Ardian liked this
bukanaq liked this
samuel_aland liked this
Adin Makati liked this
Raden Mas Ali liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->