Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tarikh TASYRI - TASYRI’ PADA AWAL ABAD KEDUA SAMPAI PERTENGAHAN ABAD KEEMPAT HIJRIYAH

Tarikh TASYRI - TASYRI’ PADA AWAL ABAD KEDUA SAMPAI PERTENGAHAN ABAD KEEMPAT HIJRIYAH

Ratings: (0)|Views: 1,788 |Likes:
Published by Afif

More info:

Published by: Afif on Nov 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Pemerintahan Islam pasca keruntuhan Daulah Ummayah segeradigantikan oleh Daulah Abbasiyah. Masa Daulah Abbasiyah ini disebut juga maamujtahidin dan masa pembukuan fiqh, karena pada masa ini terjadi pembukuandan penyempurnaan fiqh. Pada masa Abbasiyah disebut masa keemasan Islamyang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang pengaruhnya dapatdirasakan hingga sekarang.
1
Pada masa ini yang berlangsung pada abad kedua hijriyah sampai pertengahan abad keempat ini merupakan masa perkembangan hukum Islam danilmu pengetahuan yang terpancar keseluruhan wilayah Islam bahkan ke mancanegara, bahkan Baghdad merupakan pusat kota dan ibukota Islam yang menjadi pusat kebudayaan dan peradaban yang tinggi saat itu. Saat ini diharapkan agar Islam bangkit dan menjadi acuan dalam segala hal termasuk dalam perkembanganhukum yang telah dicapai zaman keemasan.
B.Rumusan Masalah
Pada pembuatan makalah ini mengacu pada masalah :1.Apa yang menjadi faktor pendorong perkembangan Tasyri ?2.Sebutkan dasar pemikiran dan perkembangan madzhab hukum Islam yangterkenal dan masih ada pengikutnya hingga kini ?
1
Supiana,
Materi Pendidikan Agama Islam,
(Bandung : Remaja Rosdakarya, 2000), h. 299
1
 
BAB IIPEMBAHASANTASYRI’ PADA AWAL ABAD KEDUA SAMPAI PERTENGAHANABAD KEEMPAT HIJRIYAHA.Faktor Pendorong Perkembangan Tasyri’
Dinamika hukum Islam mencapai masa keemasan setelah runtuhnyaDaulah Umayah. Naiknya Daulah Bani Abbas memberikan angin segar bagi perkembangan hukum Islam.
2
Faktor utama yang mendorong perkembanganhukum Islam adalah berkembangnya ilmu pengetahuan di dunia Islam.
3
Masa ini adalah masa kecemerlangan hukum Islam (fiqh). Pada masa ini,figh telah berkembang dan menjadi ilmu yang mandiri. Masa ini juga ditandaidengan mulai dirintisnya ilmu ushul fiqh, perumusan metodologi serta kaidah-kaidah ijtihad yang dipakai para mujtahid dalam pengambilan hukum. Para imammadzhab datang dengan tawaran metodologis yang matang.Selain perhatian yang besar dari para khalifah Bani Abbas, ada beberapahal yang menjadi penyebab lahirnya masa keemasan ini.
 Pertama
, meluasnya daerah kekuasaan Islam
 Kedua
, karya-karya dari masa sebelumnya, seperti dibukukannya Al-Qur’an.
 Ketiga
, munculnya tokoh-tokoh besar.
 Keempat 
, tumbuh suburnya kajian-kajian ilmiah.Beriringan dengan fenomena itu, adalah gerakan penerjemahan buku-bukuYunani dan Romawi, selain itu lahirnya fiqh dengan corak baru.
 Kelima
, kebebasan berfikir.Perhatikan khulafa’ Bani Abbas terhadap fiqh dan fuqaha terlihat dari berbagaistimulasi dan penciptaan suasana yang konstruktif bagi tumbuh suburnya ijtihad.
2
Ngainun Naim,
 Diktat Sejarah Pemikiran Hukum Islam,
(Tulungagung: STAIN Tulungagung,2005)h. 51
3
Supiana,
Materi Pendidikan Agama Islam,
(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000), h. 300
2
 
 Keenam
, fiqh menuju era keemasan.
 Ketujuh
, kodifiaksi ilmu
 Kedelapan
, umat Islam berusaha menghendaki supaya ibadah, mu’amalah dansebagainya sesuai dengan hukum Islam.
4
B.Dasar Pemikiran dan Perkembangan Madzhab Hukum Islam1.Madzhab Hanafi
Pendiri madzhab ini adalah an-Nu’man bin Zuhdi, dan lebih dikenalsebagai Imam Abu Hanafi. Beliau lahir di Kufah tahun 80 H dan wafat tahun150 H. Abu Hanifah hidup dalam dua generasi, pada masa Bani Umayahselama 52 tahun dan pada masa Abbasiyah selama 18 tahun.Pengalaman keilmuwannya diawali dari studi filsafat dan dialektika,setelah menguasai ini, beliau mendalami fiqh dan hadist. Guru utamnyaadalah Imam Hammad bin Zaid, beliau belajar di bawah bimbingan ulama besar ini selama 18 tahun. Ketika gurunya wafat, beliau menggantikan posisinya karena kedalaman ilmunya dan kemuliaan karakter pribadinya, parakhalifah Bani Umayah sangat menghormatinya. Imam Abu Hanifahdigolongkan sebagai tabi’in kecil, yaitu murid sahabat, karena telah bertemudengan beberapa sahabat dan meriwayatkan sejumlah hadits dari mereka.
5
Imam Abu Hanifah juga memiliki beberapa murid terkenal,diantaranya Abu Yusuf, Muhammad Zufar dan Hasan bin Ziyad. Mereka bersama dengan Hanifah membentuk madzhab Hanafi.Dasar-dasar madzhab Hanafi:Sumber hukum madzhab Hanafi:a.Al-Quran, merupakan sumber hukum utama yang tidak perludiperdebatkan lagi. b.Sunnah, sebagai sumber hukum setelah Al-Qur’an, tetapi dengan beberapa kualifikasi dalam penggunaannya.
4
Ngainun Naim.,
Op.Cit,
h. 52-55
5
Muhamad Mushtofa Syalabi,
 Al-Madkhal fi At-Ta’rif bil-Fiqh Al Islam,
(Beirut: Daman Nahdhah al-Arabiyyah, 1969), h. 171-172
3
 
2

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ayed Wahyu liked this
Afif added this note
thanks bro.pangeran cinta
murianda liked this
Ibnu Azka Azkia liked this
Ahmad Rizki Assegaf added this note
verry goood
Dori Lisnuari liked this
El Ristikna liked this
Dori Lisnuari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->