Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
14Activity
P. 1
Android Basic Tutorial

Android Basic Tutorial

Ratings: (0)|Views: 764 |Likes:
Published by Arrul Cevh Aul'z

More info:

Published by: Arrul Cevh Aul'z on Nov 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
November22, 2011ANDROID BASIC TUTORIAL
 Arrul 
’ 
 z if.c uin sgd bandung -(arulbardai@gmail.com) 
1
1.1. Sistem Operasi Android
Android adalah sistem operasi berbasis Linux dengan antarmuka pemrograman Java. Inimenyediakan alat, misalnya compiler, debugger dan emulator perangkat serta sendiri mesinvirtual Java (Dalvik Virtual Machine - DVM).Android resmi dipandu oleh Open Handset Alliance tetapi dalam kenyataannya Googlememimpin proyek tersebut.Android mendukung 2-D dan 3-D grafis menggunakan pustaka OpenGL dan mendukungpenyimpanan data dalam database SQLite.Setiap aplikasi Android berjalan dalam prosesnya sendiri dan di bawah user id sendiri yangdihasilkan secara otomatis oleh sistem Android selama penyebaran. Oleh karena itu aplikasi initerisolasi dari aplikasi yang berjalan lain dan aplikasi nakal tidak bisa dengan mudahmembahayakan aplikasi Android lainnya.
1,2. Penting Android komponen
Sebuah aplikasi Android terdiri dari bagian berikut:
 
Activity - mewakili lapisan presentasi dari sebuah aplikasi Android, misalnya layar yanguser melihat. Sebuah aplikasi Android dapat memiliki beberapa kegiatan dan dapatdiaktifkan antara mereka selama runtime dari aplikasi.
 
November22, 2011ANDROID BASIC TUTORIAL
 Arrul 
’ 
 z if.c uin sgd bandung -(arulbardai@gmail.com) 
2
 
Views - antarmuka pengguna dari sebuah Kegiatan dibangun dengan kelas widget yangmelekat dari android.view.View . Tata letak pandangan dikelola olehandroid.view.ViewGroups . Dilihat sering memiliki atribut yang dapat digunakan untuk mengubah penampilan dan perilaku.
 
Services - melakukan tugas-tugas latar belakang tanpa memberikan UI. Mereka dapatmemberitahukan pengguna melalui kerangka pemberitahuan di Android.
 
ContentProvider - menyediakan data untuk aplikasi, melalui penyedia konten aplikasiAnda dapat berbagi data dengan aplikasi lain. Android berisi SQLite DB yang dapatberfungsi sebagai penyedia data
 
Intents - adalah pesan asinkron yang memungkinkan aplikasi untuk meminta fungsi darilayanan lain atau kegiatan. Sebuah aplikasi dapat menghubungi langsung layanan ataukegiatan (maksud eksplisit) atau meminta sistem Android untuk layanan terdaftar danaplikasi untuk maksud (maksud implisit). Sebagai contoh aplikasi bisa bertanya melaluiniat untuk aplikasi kontak. Aplikasi mendaftarkan diri untuk maksud melalui suatuIntentFilter. Maksud adalah konsep yang kuat karena mereka memungkinkan pembuatanaplikasi longgar ditambah.
 
BroadcastReceiver - menerima pesan sistem dan maksud implisit, dapat digunakan untuk bereaksi terhadap kondisi berubah dalam sistem. Sebuah aplikasi dapat mendaftar sebagaiBroadcastReceiver untuk acara-acara tertentu dan dapat dimulai jika peristiwa semacamitu terjadi.
 
Widgets - komponen interaktif utama yang digunakan pada homescreen Android untuk menampilkan data tertentu dan untuk memungkinkan pengguna untuk memiliki aksescepat informasi yangAndroid lainnya komponen Folder Live dan Wallpaper Hidup Android. Folder tinggalmenampilkan data di homescreen tanpa meluncurkan aplikasi yang sesuai.
1,3. Dalvik Virtual Machine
Android menggunakan mesin virtual khusus, misalnya Mesin Virtual Dalvik. Dalvik menggunakan bytecode khusus. Oleh karena itu Anda tidak dapat menjalankan bytecode Javastandar pada Android. Android menyediakan alat dx yang memungkinkan untuk mengkonversi
 
November22, 2011ANDROID BASIC TUTORIAL
 Arrul 
’ 
 z if.c uin sgd bandung -(arulbardai@gmail.com) 
3
file Jawa Kelas ke dex (Dalvik executable) file. Aplikasi Android yang dikemas menjadi .apk file(Android Paket) oleh program aapt (Android Aset Packaging Tool) Untuk menyederhanakanpengembangan Google menyediakan Android Development Tools (ADT) untuk Eclipse. ADTyang melakukan konversi secara otomatis dari kelas ke file dex dan menciptakan APK selamapenyebaran.
1,4. Keamanan dan perizinan
Android mendefinisikan hak akses tertentu untuk tugas-tugas tertentu. Sebagai contoh jikaaplikasi ingin mengakses Internet harus menentukan dalam file konfigurasi yang inginmenggunakan izin terkait. Selama instalasi aplikasi Android pengguna menerima sebuah layar dimana ia perlu mengkonfirmasi izin yang diperlukan dari aplikasi.
2. Arsitektur Aplikasi Android2.1. AndroidManifest.xml
Sebuah aplikasi Android ini dijelaskan di file AndroidManifest.xml . File ini harus menyatakansemua kegiatan, layanan, penerima siaran dan penyedia konten aplikasi. Hal ini juga harus berisihak akses yang diperlukan untuk aplikasi. Sebagai contoh jika aplikasi membutuhkan akses jaringan itu harus ditetapkan di sini. AndroidManifest.xml dapat dianggap sebagai deploymentdescriptor untuk aplikasi Android.<mewujudkan< span="">xmlns: android="http://schemas.android.com/apk/res/android"</mewujudkan<> paket="de.vogella.android.temperature"  android: versionCode="1"  android: versionName="1.0"&gt;  <application< span="">android:icon="@drawable/icon" android:label= "@string/app_name"&gt;</application<> <aktivitas< span="">android: nama=". Mengkonversi"</aktivitas<>  android: label="@ string / APP_NAME"&gt; 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->