Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen an Pengorganisasian Dalam Proyek Arsitektur

Manajemen an Pengorganisasian Dalam Proyek Arsitektur

Ratings: (0)|Views: 123 |Likes:
Published by architecturetheory

More info:

Published by: architecturetheory on Nov 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2011

pdf

text

original

 
MANAJEMEN
Dasar – Dasar Manajemen
Manajemen menurut buku Pengantar Bisnis karya jeff Madura merupakan pendayagunaan sumber daya alam manusia dengan cara yang paling baik, agar dapatmencapai rencana-rencana dan sasaran – sasaran perusahaan. Manajemen yang efektif dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan.Menurut buku manajemen dasar, definisi dari manajemen adalah merupakansuatu proses, kolektifitas orang – orang yang melakukan aktifitas manajemen dansebagai sebuah seni dan sebagi ilmu. Adapun maksud dari semua itu dalah,
Sebagai suatu prosesBanyak definisi untuk pengertian bahwa manajemen adalah suatu proses,adapun ketiga devinisi yang menegaskan bahwa manjemen merupakan suatu proses :1.Manajemen merupakan suatu fungsi untuk mencapai sesuatu muai dari kegiataorang lain dan megawasi usaha usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.2.Manajemen merupakan pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahuludengan mempergunakan kegiatan orang lain.3.Manajemen merupakan suatu proses dengan proses yang mana pelaksanaansuatu tujuan tertuntu diselenggarakan dan diawasi.
Kolektivitas orang – orang yang melakukan aktivtas manajemen.
Seni dan Sebagai ilmu
Golongan Manajemen
Menurut cara pemecahan persoalan oleh Beishline manajemen dapatdigolongkan menjadi 3 kelas yaitu :1. Manajemen KonvensionalManajemen ini didasarkan pada pemikiran masa lampau dan tradisi,sehingga pengalaman dan peranan manager sangat penting.2.Manajemen SistematisDidasarkan bukan hanya pengalaman sendiri melainkan pengalaman oranglain yang menghadapi masalah serupa.
 
3.Manjemen berdasarkan ilmu pengetahuan.Didasarkan atas penganalisaa data yang ada yang berkaitan denganmasalah yang dihadapi, yang kemudian dapat mengambil keputusan.
Sarana Manajemen
Untuk mencapai tujuan yang sudah diterapkan, diperlukan sarana ataumanajemen yang sering dsebut degan 6 M, yaitu :- Man : sarana utama yang menggerakkan fungsi manajemen.- Money : untuk memberi upah orang-orang yang melakukan fungsi manajemen- Material : digunakan dalam proses pelaksanaan kegiatan.- Manchine : alat mempercepat dan meningkatkan mutu dalam pelaksanaan kegiatan.- Method : sebagai kegiatandapat lebih berdaya guna dan berhasil guna.- Market : sarana untuk memperkenalkan hasil produksi.
Fungsi Manajemen
INTENALDari sudut proses : perencaaan, pengorganisasian, penysunan, pengarahandan pengawasan.Dari sudut bidang : keuangan, personalia, pemasaran, produksi, dll.
EKSTERNALFungsi manajemen diwakili oleh manager dalam megadakan hubungandengan rekanan.
Tingkatan Manajemen
Manajemen dapat dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu :1)Manajemen Puncak adalah manager dalam posisi seperti presiden dan direktur utama yang membuat keputusan, mengenai sasaran – sasaran jangka pajang.2)Manajemen Menengah adalah menejer yang bertanggug jawab atas keputusan jangka pendek.3)Manajemen Pengawasan adalah manajer yang berhubungan erat dengan parakaryawan.
Kemampuan Manager
 
KonsepsualMerupakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatanorganisasi, menganalisis, menginterpretasikan informasi yang ada.
KemanusiaanKemampuan untuk bekerja memehami dan memotivasi orang lain baisebagai individu maupun kelompok, sehingga dapat mengairahkan padatujuan.
Teknik Kemampuan untuk menggunakan peralatan – peralatan atau teknik-teknik dari suatu bidang tertentu.
Pengukuran Prestasi
Efektif : memilih pekerjaan yang benar untuk dilaksanakan.
Efisien : menekan penggunaan masukan untuk mendapatkan keluaran yangdiharapkan.Tokoh – Tokoh Manajemen
Frederich Winslow Taylor ( 1856-1915 )
Henry Fayol ( 1841-1925 )
Robert Owen ( 1771-1885 )
Charles Babbage ( 1792-1871 )

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->