Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Riski S Tugas_jarkom

Riski S Tugas_jarkom

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 103 |Likes:
Published by api-3723707

More info:

Published by: api-3723707 on Oct 19, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

Tugas P.Wasis
Proxy server Mandrake
M.Rizky Santoso
No. Abs 16
PROXY SERVER
Banyak yang sudah mendengar kata proxy server didalam teknologi
keseharian kita, tapi apa sebenarnya proxy server, bagaimana dia bekerja? tulisan
ini sedikit menceritakan tentang proxy server.
Untuk dapat menikmati fasilitas World Wide Web dengan lebih cepat gunakanlah
Pr oxy Server. Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang
dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari
Internet atau intranet.

dahulu kala proxy server digunakan untuk menyimpan halaman web yang sering diakse. karena pada jaman dahulu ketika internet tidak sekencang sekarang dan internet tidak murah, jadi para akademisi yang mengkases internet hanya akan mengakses proxy server saja. web pada jaman dahulu masih bersifat statis tidak dinamis seperti sekarang ini, jadi apa yang disimpan didalam proxy server, ya halaman yang itu-itu saja. dengan menyimpan halaman-halaman web tersebut ke dalam server lokal, proxy akan menekan penggunaan badwidth yang berlebihan untuk membuka halaman-halaman yang sama.

cara kerja proxy sangat sederhana, proxy akan mendengarkan request/permintaan dari client pada jaringan internal kemudian mengirim request/permintaan tersebut ke jaringan eksternal, seolah-olah proxy adalah seorang client. pada saat proxy menerima balasan dari public server atau jaringan eksternal, proxy akan mengembalikannya kepada client seolah-olah dia adalah public server.

Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

mungkin diantara anda pernah mengalaminya ketika sedang mengisi blog diwarnet kemudian kita posting ternyata postingan kita tidak muncul, ketika kita posting ulang ternyata postingan anda muncul 2x, bisa jadi hal itu karena warnet tersebut menggunakan proxy server untuk web caching.

Generated by Foxit PDF Creator \u00a9 Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
Tugas P.Wasis
Proxy server Mandrake
M.Rizky Santoso
No. Abs 16

Untuk komunikasi antar proxy server digunakan protokol yang disebut sebagai ICP (Internet Cache Protocol). Protokol ini digunakan oleh proxy server untuk mengecek keberadaan suatu objek (dalam dunia proxy data biasa disebut sebagai objek) pada proxy server lain yang termasuk dalam hirarki proxy server pada suatu network. Objek itu sendiri dikirim melalui protokol HTTP. Overview dari cara kerja proxy server yang menggunakan ICP adalah sebagai berikut :

Proxy server 1
Proxy server 2
ICP Reply
ICP Query
gambar 1. Komunikasi antar proxy server
1.Proxy server 1 memberi ICP query yang berisi data tentang keberadaan suatu objek
pada proxy server 2.
2.Berdasarkan permintaan dari porxy server 1, proxy server 2 akan melihat keberadaan
objek yang diminta pada cache data yang telah dimilikinya. Cache data sendiri berasal
dari permintaan pengguna sebelumnya.
3.Apabila objek yang diminta dimiliki oleh proxy server 2, maka proxy server 2 akan
memberi ICP reply ke proxy server 1 yang berisi petunjuk bahwa objek yang diminta
dimiliki oleh proxy server 2.
4.Objek yang diminta oleh proxy server 1 akan ditransfer dari proxy server 2 dengan
menggunakan protokol HTTP dan data ditransfer ke pengguna (selain dicache oleh
proxy server 1 sendiri).
5.Apabila objek yang diminta tidak dimiliki oleh proxy server 2, proxy server 2 akan
memberi ICP reply yang berisi petunjuk bahwa objek yang diminta tidak ada.
6.Apabila objek yang diminta tidak dimiliki oleh proxy server 2, maka proxy server 1

akan mengirimkan ICP query ke proxy server lain yang masih termasuk dalam hirarkinya (parent atau sibling proxy). Sebagai langkah terakhir, apabila objek tetap tidak dimiliki oleh proxy server dalam hirarkinya, maka objek akan diminta langsung ke server tujuan (direct) dan data akan dicache (selain ditransfer ke pengguna yang meminta).

penggunaan proxy server mempunyai dampak positif dan dampak negatif, berikut
adalah diantaranya.
Dampak positif :

content filtering. proxy dapat digunakan untuk mencari kontent yang mencurigakan atau yang tidak diinginkan bagi jaringan internal.misalkan anda tidak dapat mendownload semua yang berhubungan dengan *.exe atau *.zip dalam hal ini

Generated by Foxit PDF Creator \u00a9 Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
Tugas P.Wasis
Proxy server Mandrake
M.Rizky Santoso
No. Abs 16

biasanya digunakan aturan dalam proxy SMTP atau anda tidak dapat menampilkan semua gambar dari halaman web yang anda buka, dalam hal ini biasanya digunakan aturan dalam proxy HTTP.

url blocking. proxy juga dapat digunakan untuk membatasi URL yang boleh dikunjungi. bisanya proxy akan melihat request yang dikirimkan client (sekali lagi, proxy selalu melihat apa yang diminta dan melihat apa yang datang, jadi pada teorinya gampang saja menerapkan aturan yang berlaku bagi proxy) jika sesuai dengan aturan yang terdapat pada proxy maka proxy akan memperlakukan sesuai dengan aturannya itu. misalkan ada client yang akan membuka situs www.inijorobanget.com dan situs ini terdapat aturan didalam proxy untuk tidak meneruskan permintaan tersebut. jadinya client tidak akan menemui halaman itu.

Sementar a beber apa dampak negatifnya :

client harus menggunakan proxy. setiap layanan yang akan keluar dari jaringan internal harus berhubungan dahulu dengan proxy. jika software client tidak dapat dikonfigurasi proxy-nya, maka itu akan menjadi masalah. lain halnya ketika anda menggunakan NAT (network address translator). untuk memfilter semua kontent yang ada proxy juga harus ada disetiap layanan tapi sekali lagi lain halnya ketika anda menggunakan NAT (network address translator) bersama-sama. rata-rata software yang ada saat ini mampu dikonfigurasi aturan proxynya, seperti web browser.

single point of failure. ketika semuanya harus melalui proxy, maka mudah saja untuk mematikan jaringan internal yang ada, deface saja proxy servernya. tidak hanya proxy sebenarnya, router dan firewall mempunyai masalah yang sama, tetapi pada router dapat digunakan pe-routingan yang lain ketika route yang satu bermasalah.

jadi ketika anda menemui masalah yang sama lagi diwarnet seperti yang diatas, anda tau apa yang harus anda lakukan, cukup tekan tombol F5 berkali-kali, niscaya halaman web anda akan kembali baik-baik saja. demikian sedikit tulisan saya ini, semoga bermanfaat.

Generated by Foxit PDF Creator \u00a9 Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
azizputra89 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->