Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Fiskal Dan Moneter

Teori Fiskal Dan Moneter

Ratings: (0)|Views: 244 |Likes:
Published by Ibnu So'im

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Ibnu So'im on Nov 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2014

pdf

text

original

 
UANG DAN BANKBy. Sholihin. M.Ag
1.1. RUANG LINGKUP
Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajaritentang sifat fungsi serta pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Secaraumum, kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yangmempengaruhi tingkat pengangguran produksi; harga dan hubunganperdagangan/pembayaran internasional. Oleh karena itu ekonomi moneter mencakup/mempelajari beberapa hal di antaranya:a Peranan dan fungsi uang dalam perekonomian.b. Sistem moneter serta pengaruhnya terhadap jumlah uang dan kredit. c. Struktur dan fungsi dari bank sentral. d. Pengaruh jumlah uang dan kredit terhadap kegiatanekonomi. e. Pembayaran serta sistem moneter internasional.Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang juga dipelajari selain 5 judul di atastetapi pada dasarnya dapat dimasukkan ke dalam salah satu dari judul di atas.Pertanyaan yang sering muncul adalah: Mengapa kita mempelajari ekonomimoneter? Ada dua alasan/pertimbangan, yakni:
1.1.1.
Dengan mempelajari ekonomi moneter dapatlah diketahui secaramendalambagaimana mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, pasar uang, sistemdan kebijaksanaan moneter, serta pembayaran internasional.1.1.2. Di camping itu, dapat mengetahui serta menganalisa beberapa fenomenamoneter dalam kaitannya dengan efek kebijaksanaan moneter terhadapkegiatan ekonomi.Dengan demikian dapat menambah pengetahuan kita tentang beberapalembaga serta konsep yang berkaitan dengan uang, bank dan kegiatan ekonomiyang dijumpai/dihadapi sehari-hari. Efek daripada kebijaksanaan moneteterhadap pekerjaan serta pendapatan kita perlu dipahami dengan seksama agar supaya arah kebijaksanaan tersebut dapat sejalan dengan keinginan kita. Untukpemahaman ini diperlukan pengetahuan tentang ekonomi moneter, khususnyakebijaksanaan moneter, yakni pengaturan tentang uang dan perbankan untukmencapai tujuanpembangunan ekonomi.
1.2. PERANAN DAN FUNGSI UANG
Uang tidak lain adalah segala sesuatu yang dapat dipakai/diterima untukmelakukan pembayaran baik barang, jasa maupun utang. Dalam sejarah uang,beberapa jenis barang telah pernah dipakai sebagai uang (misalnya, kerang,emas, gigi binatang, kulit, perak, clan sebagainya). Dengan demikian uang dapatdidefinisikan sebagai segala sesuatu yang secara umum mempunyai fungsi sebagaiberikut:
 
a.Sebagai Satuan
Pengukur Nilai
Dengan fungsi ini maka nilai suatu barang dapat diukur dandiperbandingkan. Misalnya, di Indonesia rupiah adalah dasar pengukur nilai daribarang-barang dan jasa yang diperdagangkan di pasar. Seseorangdapaf'mengukur nilai sebuah mobil atau rumah dengan rupiah, bahkan dengan`diketahuinya nilai rupiah dari mobil dan rumah, maka dapat diketahui pulaperbandingan nilai antara mobil dan rumah. Bayangkan kalau suatuperekonomian yang tanpa uang, mungkin harga sepeda dinilai 1/20 mobil.
b.Sebagai Alat Tukar-menukar 
Fungsi ini memisahkan antara keputusan membeli dengan keputusan menjual.Adanya uang sebagai alat di dalam tukar-menukar dapat meng hiiangkanperlunya ada kesamaan keinginan sebelum tertaoinya pertukaran. Kesamaankeinginan harus ada lebih dahulu untuk terjadinya tukar-menukar barangdengan barang (barter). Dengan adanya uang keharusan adanya kesamaankeinginan ini tidak perlu ada untuk terjadinya pertukaran. Prosesnya, barang ditukar dengan uang, dan dengan uang ini dapat membeli/menukarkan dengan barang lain.c.
Sebagai Alat Penimbun/Penyimpan Kekayaan
Kekayaan seseorang dapat berupa barang atau uang. Dalam bentuk barangmisalnya: rumah, mobil, perhiasan dan sebagainya, sedang dalam bentuk uangmisalnya: uang kas dan surat-surat berharga. Dengan demikian seseorangdapat menyimpan kekayaannya dalam bentuk uang kas. Dalam pengertian inilahuang berfungsi sebagai alat penimbun kekayaan.
1.3. DEFINISI UANG
Ada beberapa definisi daripada uang, masing-masing berbeda sesuaidengan tingkat likuiditasnya. Biasanya uang didefinisikan:M, adalah uang kertas dan logam ditambah simpanan dalam bentuk rekeningkoran (demand deposit).
M
2
adalah M
1
+ tabungan + deposito berjangka (time deposit) pada
bank-bank umum.
M
3
adalah M
2
+ tabungan + deposito berjangka pada lembaga-lembaga
tabungan nonbank.M, adalah yang paling likuid, sebab erases menjadikannya
.
uang kas sangat cepat dantanpa adanya kerugian nilai (artinya satu rupiah menjadi juga satu rupiah).
Sedang M
2
karena mencakup deposito berjangka maka likuiditasnya
lebih rendah. Untuk menjadikannya uang kas, deposito berjangka perlu
waktu (3, 6 atau 12 bulan). Dan apabila dijadikan uang kas sebeium
 jangka waktu tersebut kena penalti/denda Qadi tidak satu rupiah menjadisatu rupiah, tetapi lebih kecil karena denda tersebut).
 
1.4. Nilai Dari Uang
Nilai dari uang diukur dengan kemampuannya untuk dapat membeli (ditukarkandengan) barang dan jasa (internal value) serta valuta asing (external value).Dengan demikian besarnya nilai uang ditentukan oleh harga barang dan jasa.Apabila harga barang ini naik (turun) maka nilai uang akan turun'(naik).Biasanya ada tiga metode untuk mengukur nilai uang, yakni dengan menggunakan:indeks biaya hidup, indeks harga barang-barang perdagangan besar atau apayang disebut dengan GNP deflator.Indeks biaya hidup umumnya banyak dipakai sebagai ukuran nilai uang. Indeksini mencakup harga beberapa barang kebutuhan hidup. Di Indonesia kita kenalindeks harga 9 (sembilan) bahan pokok, indeks harga 62 macam barang dansebagainya. Sedangkan indeks harga perdagangan besar merupakan indeks hargabarang-barang yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan barang lain.GNP deflator mencakup harga-harga barang yang lebih luas/banyak dibandingdengan indeks biaya hidup maupun indeks harga perdagangan besar. Caramenghitungnya dengan membagi GNP nominal dengan GNP nil pada harga konstan.Misalnya, GNP deflator untuk tahun 1982 =GNP nominal (tahun 1982)GNP nil (pada harga konstan tahun 1970)Sedangkan GNP deflator pada tahun-tahun dasar (1970) = 1.Ketiga angka indeks ini cenderung bergerak bersama-sama arahnya, meskipuridengan tingkat yang berbeda-beda. Perubahan ini memberikan informasi tentangperubahan nilai uang.
1.5. KLASIFIKASI UANG
Uang dapat diklasifikasikan atas beberapa dasar yang berbedabeda, sepertimisalnya:1)sifat fisik dan bahan yang dipakai untuk membuat uang;2)yang mengeluarkan/mengedarkan, yakni pemerintah, bank sentral, atau bankkomersial;3) hubungan antara nilai uang sebagai uarxg dengan nilai uang sebagai barang.Uraian di sini akan didasarkan atas ketiga klasifikasi tersebut di atas, namununtuk mudahnya akan dimulai dengan yang ketiga. Tabel berikutmenunjukkan beberapa tipe uang atas dasar klasifikasi ini.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Moeh Haries liked this
Iren Tasirileleu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->