Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komplikasi Pasca Ekstraksi

Komplikasi Pasca Ekstraksi

Ratings: (0)|Views: 271 |Likes:
Published by L

More info:

Published by: L on Nov 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2014

pdf

text

original

 
 
BAB IPENDAHULUAN
Tindakan bedah pada mulut terutama tindakan bdeah berupa ekstraksi gigiseringkali disepelehakan karena merupakan bedah minor. Tapi ternyata hal ini dapat berakibiat fatal jika tidak di tanganni dengan baik. Kita bias melihat hal tersebut daritimbulanya bermacam
macam komplikasi yang timbul pasca ekstraksi.Seperti misalnya perdarahan, fraktur mandibulla, dry socket, trismus atau lock jaw, dan yang paling berbahaya adalah cedera saraf ireversibel. Jika kita tidak menangani hal ini dengan benar, seperti memberikan instruksi post ekstraksi padapasien secara baik dan benar, maka kemungkinan timbul komplikasi tersebut sangat besar.
 
 
 
BAB IIPEMBAHASANTINDAKAN ATAU PROSEDUR PASCA EKSTRAKSI GIGI
Cukup banyak orang yang mengeluhkan sakit, perdarahan atau pembengkakanyang terjadi setelah pencabutan gigi. Belum ada data yang menunjukkan secara pastijumlah kasus seperti ini, tapi diperkirakan 5% dari pasien yang telah dicabut giginyamengalami perdarahan dan pembengkakan. Sebagian besar keluhan itu muncul sebagaiakibat perlakuan yang salah terhadap luka bekas pencabutan.Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari setelah pencabutan gigi, yaitu :
 
Gigit kapas yang dipasang di atas lubang bekas gigi kuat-kuat selama 1 jam. Halini dilakukan untuk menghentikan perdarahan. Untuk membantu prosespenghentian perdarahan, dapat dilakukan kompres pada pipi di daerah gigi yangdicabut dengan menggunakan es batu.
 
Bila masih ada perdarahan setelah kapas dibuang, masukkan air teh pahit dinginke dalam mulut dan diamkan selama 2-3 menit.
 
Bila dalam waktu 2 jam sesudah pencabutan tidak ada tanda-tanda perdarahanberhenti, kembalilah ke dokter gigi anda. Mungkin diperlukan penjahitan padaluka atau pemberian obat anti perdarahan
 
Rasa sakit yang muncul setelah efek obat bius habis adalah hal lumrah. Hal inidapat diatasi dengan obat analgesik yang dijual bebas di pasaran, seperti jenisparasetamol, asam asetil salisilat atau asam mefenamat. Gunakan hanya jikaperlu saja.
 
Selama 24 jam tidak boleh berkumur, meludah dan menghisap-hisap daerahbekas pencabutan. Tindakan-tindakan tersebut dapat mengakibatkan bekudarah yang sudah menutupi lubang bekas pencabutan akan terlepas sehinggaakan terjadi perdarahan lagi.
 
Hindari makanan dan minuman panas, beralkohol, rokok selama 24 jam setelahpencabutan, karena semuanya memperlambat proses penyembuhan luka
 
 
 
Setelah 24 jam bila luka sudah tidak mengeluarkan darah sama sekali, dapat berkumur dengan air garam yang hangat untuk mencegah terjadinya infeksipada bekas luka.
 
Bila terjadi pembengkakan pada hari berikutnya, kompres dengan air hangat dari luar maupun di dalam mulut.Bila seluruh instruksi di atas sudah dilaksanakan, tapi pada hari ketiga rasa sakit,perdarahan, dan pembengkanan masih ada, sebaiknya pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan pertolongan.
KOMPLIKASI PASCA EKSTRKASI GIGI
Setelah dilakukan tindakan ekstraksi, biasanya sering diikuti adanya
 
komplikasi.Komplikasi-komplikasi
 
pada pencabutan gigi banyak dan bermacam-macam.Komplikasi pasca esktraksi ini bisa menjadi masalah yang
 
serius dan fatal.Menurut Pederson (1996), komplikasi adalah suatu respon pasien tertentu
 
yangdianggap sebagai kelanjutan normal dari pembedahan, yaitu perdarahan,
 
rasa sakit, danedema. Tetapi apabila berlebihan maka perlu ditinjau apakah
 
termasuk morbiditasyang biasa terjadi atau termasuk komplikasi.Komplikasi pencabutan gigi menurut Pederson (1996) dibagi menjadi tiga
 
yaitukomplikasi intraoperatif, komplikasi pasca bedah, dan komplikasi
 
beberapa saat setelahoperasi. Komplikasi intraoperatif berupa perdarahan,
 
fraktur, pergeseran, cederajaringan lunak, dan cedera saraf. Sedangkan
 
komplikasi pasca bedah berupaperdarahan, rasa sakit, edema, dan reaksi
 
terhadap obat. Dan yang termasuk komplikasibeberapa saat setelah operasi
 
adalah alveolitis (dry socket) dan infeksi.Komplikasi pasca pencabutan gigi menurut Pedlar (1996)

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rahmatul Aini liked this
ulfa_25394 liked this
Yenita Adetama liked this
Armitha Hapsari liked this
mardhiyahbasyir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->