Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pembahasan

Pembahasan

Ratings: (0)|Views: 1,191|Likes:
Published by Sumadiyasa
Pembahasan Makalah Pancasila
Pembahasan Makalah Pancasila

More info:

Published by: Sumadiyasa on Nov 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/02/2012

pdf

text

original

 
 
1
 
BAB IPENDAHULUAN1.
 
Latar Belakang Masalah.Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia sekaligus sebagaipandangan hidup. Pancasila dalam hal ini digunakan sebagai acuan dalammelakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan bermasyarakat khususnya pada halini sebagai sudut pandang dalam paradigma pembangunan dan pembentukankarakter. Pancasila dalam bagian-bagiannya terdapat nilai-nilai yang terkandungpada setiap baginannya tersebut, nilai-nilai inilah yang dijadikan sebagaipedoman, tolak ukur, dasar dan kerangka acuan dalam segenap aspek pembangunan dan pembangunan karakter. Tujuan dari penggunaan Pancasilasebagai dasar atau tolak ukur dalam pembangunan tentunya bertujuan agar arahpembangunan jelas dan tepat sasaran sesuai dengan yang diharapkan. Hal yangdiinginkan dari adanya pembangunan tersebut adalah berupa kemajuan disegenapaspek kehidupan manusia karena pada periode sebelumnya yaitu orde baru yangberlangsung selama 32 tahun tidak menunjukan adanya kemajuan dalam bidangatau aspek kehidupan manusia khususnya aspek kehidupan manusia atau individuIndonesia. Hal ini menunjukan adanya kegagalan dalam program pembangunanpada saat itu dimana pada periode yang cukup lama pemerintah tidak dapatmewujudkan peningkatan pada setiap bidang yang mencakup aspek kehidupanmasyarakatnya atau rakyatnya serta ditambah dengan karakter individu ataumasyarakat yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung padasetiap sila Pancasila. Dengan berpandangan pada hal tersebut, maka pada sangatdiharapkan pada setiap komponen negara untuk selalu berpedoman, berdasar,beracuan dan bertolak ukur pada Pancasila agar apa yang diharapkan sesuaidengan tujuan pembangunan tersebut dapat tercapai.
 
 
2
 
2.
 
Tujuan.Berdasarkan pemaparan di atas, maka tujuan dari penulisan makalah iniadalah : Agar pembaca pada umunya dan penyelenggara negara pada khususnyadapat mengetahui pentingnya Pancasila sebagai dasar atau acuan atau tolak ukurdalam pembangunan pada bidang yang mencakup seluruh aspek kehidupanmanusia Indonesia termasuk pada pembentukan karakter bangsa atau individu.3.
 
Rumusan Masalah.Sesuai dengan penjelasan pada latar belakang masalah dan tujuanpenulisan makalah, maka rumusan masalahnya adalah : Dengan dijadikannyaPancasila sebagai dasar atau tolak ukur dalam pembangunan, maka hal-hal apasaja yang akan berubah dari sebelumnya pada setiap bidang pembangunan ketikaPancasila digunakan sebagai dasar atau acuan dalam pembangunan tersebut ?
 
 
3
 
BAB IIPEMBAHASANParadigma dikemukakan pertama kali oleh Thomas Khun yang padaawalnya dipakai dalam bidang filsafat ilmu pengetahuan, ia menyatakan bahwailmu pengetahuan pada waktu tertentu didominasi oleh paradigma. Paradigmamerupakan pandangan dasar para ilmuan tentang apa yang menjadi pokok persoalan suatu cabang ilmu pengetahuan. Paradigma mengandung sudut pandangdan kerangka acuan. Pada pengembangan selanjutnya istilah paradigmaberkembang tidak hanya pada bidang ilmu pengetahuan tetapi bidang lainnyaseperti bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi. Pengertian paradigma jugamengalami perkembangan dalam pengertian sebagai kerangka pikir, kerangkabertindak, acuan, orientasi, sumber, tolak ukur, parameter, arah dan tujuan.1.1.
 
Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan.Pancasila sebagai paradigma pembangunan berarti nilai-nilai secaranormatif menjadi dasar, kerangka acuan serta menjadi tolak ukur setiap aspek pembangunan yang dilaksanakan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena adanyapengakuan Bangsa Indonesia yang mengakui Pancasila sebagai dasar negara danideologi nasional. Adapun hakekat manusia menurut Pancasila adalah mahluk monopluralis yaitu “mono” yang dimaksud adalah bangsa Indonesia dan“pluralis” adalah masyarakat majemuk atau beraneka ragam seperti agama, sukubangsa, bahasa daerah, adat istiadat dan kebudayaan yang artinya manusiaberbangsa satu Indonesia yang didalamnya memiliki berbagai keberagaman.Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut :-
 
Susunan kodrat manusia terdiri atas jiwa dan raga,-
 
Sifat kodrat manusia adalah individu dan sosial,-
 
Kedudukan kodrat manusia adalah sebagai mahluk pribadi dan mahluk Tuhan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->