Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pembahasan Makalah Pengantar Ilmu Pendidikan

Pembahasan Makalah Pengantar Ilmu Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 1,323|Likes:
Published by Sumadiyasa
Pembahasan Makalah Pengantar Ilmu Pendidikan
Pembahasan Makalah Pengantar Ilmu Pendidikan

More info:

Published by: Sumadiyasa on Nov 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/05/2012

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN1.
 
Latar Belakang Masalah.Pendidikan merupakan sarana yang tepat untuk menyiapkan Sumber DayaManusia yang memiliki tingkat pengetahuan yang dapat bersaing di erapendidikan ini. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan Negara Republik Indonesiayang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi“Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”. Hal ini menunjukkan bahwa setiap warganegara memiliki hak untuk memperoleh pendidikan dan tingkat pendidikan yangtelah ditentukan yang disesuaikan dengan minat, bakat dan keterampilan setiapindividu sehingga tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk manusia yang seutuhnya yang berjiwa Pancasila. Dengan adanya keterampilandan pengetahuan yang memadai dan memiliki semangat untuk terus memajukan,meningkatkan, dan mau bersaing serta mengembangkan pengetahuan danketerampilan yang dimiliknya, maka Bangsa Indonesia siap bersaing di kancahpersaingan dunia. Dari sisi lain, dapat dilihat bahwa untuk mencapai suatu tingkatpengetahuan atau jenjang pendidikan, diperlukan adanya pengorbanan yang tidak sedikit baik dari segi materi, energi dan waktu. Namun di sisi lain pendidikanmerupakan suatu kewajiban bagi setiap individu dan menduduki prioritas yangcukup tinggi.Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupansosial dan budaya dan masyarakat, sehingga diperlukan suatu adanya hubunganyang baik antara pendidikan dengan hubungan sosial budaya dan masyarakat sertapembangunan nasional.Dalam perkembangannya, proses pendidikan yang berlangsung banyak mengalami kemajuan dan perkembangan hal ini menunjukan bahwa pendidikanselalu mengalami perkembangan dari waktu kewaktu. Hal ini dikarenakan adanyasuatu tuntutan zaman yang menginginkan adana pembaruan dan penyempurnaan
 
 2
dari ilmu-ilmu yang telah mengalami perkembangan sebelumnya. Sebagaikonsekuensinya, akan timbul berbagai masalah selama terjadinya prosespembaruan tersebut. Masalah-masalah yang dimaksud dapat berupa masalah baruyang tentunya berbeda dengan masalah yang dihadapi sebelumnya. Hal inidikarenakan sasaran pendidikan adalah manusia yang merupakan mahluk misteriyaitu memiliki teka-teki, selanjutnya pendidikan selalu mengarah kedepan dalamartian selalu mencari hal-hal baru yang nantinya akan banyak menimbulkanpertanyaan-pertanyaan. Dalam mencapai tujuan pendidikan nasional tentunyatidak terlepas dari adanya permasalahan-permasalahan yang terjadi selama prosespencapaiannya. Dari berbagai permasalahan tersebut terdapat permasalahan pokok yang merupakan permasalahan utama dalam pendidikan di Indonesia yangsistematis yang artinya memiliki keterkaitan antara permasalahan yang satudengan permasalahan yang lainnya. Adapun berbagai faktor-faktor yang didugasebagai penyebabnya serta masalah-masalah aktual yang yang terdapatdidalamnya beserta cara penanggulangannya perlu untuk dikaji sehingga parapendidik atau pengajar peserta didik untuk dapat membuat dan menyiapkanberbagai pemikiran-pemikiran serta perencanaan-perencanaan yang diperlukanuntuk dijadikan pegangan dalam melaksanakan proses pendidikan ataupengajaran. Dengan demikian seorang pendidik dapat mengetahui dan telahmempersiapkan metode-metode pendekatan yang sesuai dengan pemikiran danperencanaan yang telah dibuat sebelumnya untuk dapat disesuaikan denganberbagai kondisi dan suasana pendidikan yang dihadapi. Adapun tujuan akhirdengan diperolehnya metode-metode pemecahan masalah tersebut, maka sangatdiharapkan tercapainya tujuan pendidikan nasional serta tujuan Negara Republik Indonesia.
 
 3
2.
 
Tujuan.Berdasarkan yang telah dipaparkan pada penjelasan sebelumnya, makatujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
 
Memahami masalah-masalah pokok pendidikan dan keterkaitannyaantara masalah-masalah pokok tersebut,
 
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangannya,
 
Mengerti masalah-masalah aktual beserta cara penanggulangannya.Sehingga nantinya dapat membantu pembaca khususnya para pengajar dalammelaksanakan pendidikan baik secara formal maupun informal dan interkurikulermaupun ekstrakurikuler.3.
 
Rumusan Masalah.Berdasarkan pada latar belakang masalah dan tujuan, rumusan masalahyang terdapat didalamnya adalah : Masalah-masalah apa saja yang terdapat didalam pendidikan serta bagaimana alternatif atau pemecahan masalah yang dapatdilakukan agar proses pendidikan dapat terlaksana sesuai yang telah ditargetkanatau direncanakan sebelumnya ?

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Tom My liked this
Marnou Azh liked this
Sumadiyasa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->