Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Referat Vit E -- Stroke

Referat Vit E -- Stroke

Ratings: (0)|Views: 120 |Likes:
Published by Abdul Latif

More info:

Published by: Abdul Latif on Nov 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANG
Telah diketahui secara umum bahwa vitamin sangat bermanfaat bagitubuh, utamanya dalam hal menjaga kesehatan kulit. Juga sebagai zat yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas, disamping juga sangat berperansekali dalam metabolisme tutuh. Walaupun demikian dari beberapa penelitianternyata vitamin E ini juga membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatankita.
1
Sejak dulu vitamin E dikenal sebagai antioksidan yang bisa melawan penyakit, radikal bebas serta membantu reproduksi normal manusia. Vitamin Eadalah antioksidan larut lemak yang terkenal mampu menghambat peroksidasilipid dan memelihara membran sel. Pereoksidasi lipid berperan penting dalamatherogenesis, sebuah proses di arteri. Peneliti di Harvard Medical School,Boston, dan INSERM di Paris menemukan bahwa suplemen vitamin E dapatmeningkatkan risiko beberapa jenis stroke.
1
 Haemorrhagic stroke
(stroke pendarahan) adalah tipe stroke paling jarangdan terjadi bila pembuluh yang memasok darah ke otak pecah sehinggamenyebabkan kerusakan otak. Peneliti menemukan bahwa vitamin Emeningkatkan risiko stroke ini sebesar 22 persen. Tapi penelitian ini jugamenemukan bahwa vitamin E ternyata bisa mengurangi risiko stroke iskemik,yaitu tipe paling umum dari stroke, sebesar 10 persen. Dibutuhkan penelitian lebih
1
 
lanjut untuk menemukan mekanisme aksi serta batas aman mengkonsumsivitamin E.
1
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis inginmengetahui dan mengulas tentang efek vitamin E terhadap jenis stroke. 
C. TUJUAN
Tujuan umum : Untuk memperoleh informasi mengenai vitamin E dan efeknyaterhadap jenis stroke.Tujuan khusus:
Untuk mengetahui segala hal tentang Vitamin E
Untuk mengetahui faktor resiko dan patofisiologi terjadinyaStroke.
D. MANFAAT
 
Penulisan referat ini diharapkan dapat memberikan informasi serta gambaranyang jelas tentang efek vitamin E terhadap jenis stroke.
Penulis mengharapkan penulisan ini bisa membantu pembelajaran paramahasiswa kedokteran dalam bidang ilmu penyakit saraf.
2
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.VITAMIN E1.Sifat Kimia Vitamin E
Vitamin E merupakan suatu zat penyapu radikal bebas lipofilik danantioksidan paling banyak di alam. Vitamin E terdiri dari struktur tokoferol,dengan berbagai gugus metil melekat padanya dan sebuah rantai sisi fitil. Diantara struktur tersebut α-tokoferol adalah antioksidan yang paling kuat.
2
Vitamin E berada di dalam lapisan fosfolipid membran sel dan berfungsimelindungi asam lemak jenuh ganda dan komponen membran sel lain darioksidasi radikal bebas dengan memutuskan rantai peroksidase lipid dengan caramenyumbangkan satu atom hidrogen dari gugus OH pada cincinnya ke radikal bebas, sehingga terbentuk radikal vitamin E yang stabil dan tidak merusak.Vitamin E berfungsi sebagai pelindung terhadap peroksidasi lipid di dalammembran.
2
 Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Namalain dari vitamin E tokoferol, keaktifan vitamin E dalam beberapa senyawatokoferol berbeda. Dikenal ά-; β-; γ dan δ- tokoferol menunjukkan keaktifanvitamin E yang paling tinggi. Struktur kimia tokoferol adalah sebagai berikut.Alfa –tokoferol alam memutar bidang polarisasi ke kanan, sedangkan alfa-
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->