Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
39Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Reproduksi Hewan Dan Tumbuhan

Makalah Reproduksi Hewan Dan Tumbuhan

Ratings: (0)|Views: 10,455|Likes:
Published by MUHAMMAD RAMLI

More info:

Published by: MUHAMMAD RAMLI on Nov 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar belakang
Proses reproduksi adalah proses pertumbuhan jumlah individu sebagai akibatdihasilkannya keturunan melalui berbagai cara, sesuai dengan jenis dan tingkat perkembangannya. Makin banyak hambatan yang dialami suatu organisme didalamreproduksinya, makin sedikit jumlah individu itu didalam populasinya. Ada beberapa halyang diperkirakan dapat menghambat proses reproduksi antara lain jumlah keturunan relativesedikit, siklus reproduksi lama, situasi dan kondisi lingkungan tidak sesuai, individu jantan x betina terpisah dan tidak memiliki kesempatan untuk melakukan perkawinan atau terjadikelainan pada alat reproduksi. Kenyataan tersebut dapat menghambat pertumbuhan populasiorganisme tertentu sehingga dapat menghambat pertumbuhan populasi organisme tertentusehingga dapat menyebabkan kepunahan.Sebaiknya populsi mahkluk hidup ada yang memiliki laju reproduksi yang amat cepatsehingga jumlah populasi bertambah dengan cepat pertambahan anggota populasi yang cepatsering tidak sebanding dengan kecepatan produksi makanan dan luas daerah tempat hidupnyasehingga menimbulkan kompetisi.Kompetisi adalah interaksi dua atau lebih organism yang saling memperebutkankesempatan untuk memenuhi kebutuhan yang sama. Pertambahan jumlah populasi jugaterjadi pada manusia, hal ini disebabkan karena waktu reproduksi cepat dan semakinmembaiknya tingkat kesehatan.
liye.abot@gmail.com
 
BAB IIPEMBAHASANA.REPRODUKSIReproduksi Seksual ( Generatif )
Reproduksi biologis atau reproduksi seksual dalah suatu prosesbiologis penggunaanseks secara rutin dimana individu organisme baru diproduksi.Reproduksi adalah cara dasar mempertahankan diri yang dilakukan oleh semua bentuk kehidupan; setiap individu organisme ada sebagai hasil dari suatu proses reproduksioleh pendahulunya. Cara reproduksi secara umum dibagi menjadi dua jenis: seksual dan aseksual.Dalam reproduksi aseksual, suatu individu dapat melakukan reproduksi tanpaketerlibatan individu lain dari spesies yang sama. Pembelahan sel bakteri menjadi dua selanak adalah contoh dari reproduksi aseksual. Walaupun demikian, reproduksi aseksual tidak dibatasi kepada organisme bersel satu. Kebanyakan tumbuhan juga memiliki kemampuanuntuk melakukan reproduksi aseksual.Reproduksi seksual membutuhkan keterlibatan dua individu, biasanya dari jeniskelamin yang berbeda. Reproduksi manusia normal adalah contoh umum reproduksi seksual.Secara umum, organisme yang lebih kompleks melakukan reproduksi secara seksual,sedangkan organisme yang lebih sederhana, biasanya satu sel, bereproduksi secara aseksual.Pada reproduksi seksual/generatif terjadi persatuan dua macam gamet dari duaindividu yang berbeda jenis kelaminnya, sehingga terjadi percampuran materi genetik yangmemungkinkan terbentuknya individu baru dengan sifat baru.Pada organisme tingkat tinggi mempunyai dua macam gamet, gamet jantan atauspermatozoa dan gamet betina atau sel telur, kedua macam gamet tersebut dapat dibedakan baik dari bentuk, ukuran dan kelakuannya, kondisi gamet yang demikian disebutheterogamet.Peleburan dua macam gamet tersebut disebut singami. Peristiwa singami didahuluidengan peristiwa fertilisasi (pembuahan) yaitu pertemuan sperma dengan sel telur.Pada organiseme sederhana tidak dapat dibedakan gamet jantan dan gamet betinakarena keduanya sama, dan disebut isogamet. Bila salah satu lebih besar dari lainnya disebutanisogamet.
liye.abot@gmail.com
 
Reproduksi Aseksual ( Vegetatif )
Reproduksi Vegetatif adalah cara reproduksi makhluk hidup secaraaseksual (tanpaadanya peleburan sel kelamin jantan dan betina). Reproduksi Vegetatif bisa terjadisecara alami maupun buatan.
Vegetatif Alami
Vegetatif Alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lainseperti manusia.
Pada tumbuhan
Umbi batang. Contoh: ubi jalar, kentang
Umbi lapis. Contoh: bawang merah, bawang putih
Umbi akar. Contoh: wortel, singkong
Geragih atau stolon. Contoh: arbei, stroberi
Rizoma. Contoh: lengkuas, jahe
Tunas. Contoh: kelapa
Tunas adventif. Contoh: cocor bebek 
Pada hewan
Tunas. Contoh: Hydra, Ubur-ubur, Porifera
Fragmentasi. Contoh: Planaria, mawar laut
Membelah diri. Contoh: Amoeba
Parthenogenesis. Contoh: serangga seperti lebah, kutu daun
Vegetatif Buatan
Vegetatif Buatan adalah reproduksi aseksual yang terjadi karena bantuan pihak lain sepertimanusia.
Stek 
Cangkok 
Okulasi
Enten
Merunduk 
Kloning
liye.abot@gmail.com

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->