Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengantar Riset Operasi

Pengantar Riset Operasi

Ratings:

4.78

(9)
|Views: 7,615 |Likes:
Published by abu abdirrahman
menjelaskan tentang pengertian dan peran riset operasi serta penggunaannya
menjelaskan tentang pengertian dan peran riset operasi serta penggunaannya

More info:

Published by: abu abdirrahman on Oct 19, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
PENGANTAR RISET OPERASI
February 16, 2006
Abu Abdirrahman1
I.
 
Pengantar Riset Operasi1.1
 
Pengantar Pemodelan
Riset Operasi dikenal pula dengan manajemen sains merupakan penerapanpendekatan sains dalam proses pengambilan keputusan yang dimaksudkan untuk mendapatkan rancangan dan jalannya
system
 yang terbaik, yang dalampenerapannya senantiasa atau biasanya memperhatikan syarat-syarat yangdibutuhkan dalam penggunaan sumber daya yang langka.System yang dimaksudkan adalah suatu organisasi yang unsur-unsurnya salingterkait yang bekerja secara bersama-sama untuk menyelesaikan tujuan dari systemtersebut. Contoh: Perusahaan Telkom merupakan sebuah system yang tujuanyaadalah memaksimumkan pendapatan (profit) yang dapat diperoleh denganmemberikan kualitas sambungan yang jernih, atau Perusahaan Mobil Toyotamerupakan sebuah system yang tujuannya dalam memaksimumkan pendapatan(profit) yang dapat diperoleh dengan menghasilkan mobil Toyota (kendaraan) yang berkualitas.Terminologi Riset Operasi (Operation Research) telah dijalankan selama PerangDunia II saat Militer Inggris meminta kepada para ilmuwan untuk menganalisis beberapa permaslah militer seperti pemasangan Radar dan pengaturan Konvoy,pengeboman, anti kapal selam, dan operasi penambangan.Pendekatan sains untuk membuat keputusan biasanya menyertakan penggunaansatu atau lebih
Model Matematika.
Model matematika merupkan representasisuatu keadaan secara matematika yang dimungkinkan digunakan untuk membuatkeputusan terbaik atau memberikan kemudahan dalam memahami keadaansebenarnya dengan lebih baik. Berikut diberikan contoh untuk mengantar kitamemahami penggunaan model matematika.
Contoh: (Memaksimumkan hasil Wozac)
Ely Daisy membuat Wozac dalam tumpukan yang sangat banyak denganmemanaskan campuran kimia dalam Tong bertekanan. Setiap satutumpukan dip roses, memberikan perbedaan jumlah wozac yangdihasilkan. Jumlah yang dihasilkan merupkana
hasil proses
(diukur dalam Kg)
. Daisy telah mempelajari dalam memahami factor yangKode MK : Tahun Akademik : 2008/2009Nama Mata Kuliah : Teknik Riset Operasi Semester : 5Jurusan : Teknik InformatikaDosen : Adnan Sauddin, S.Pd., M.Si
 
PENGANTAR RISET OPERASI
February 16, 2006
Abu Abdirrahman2
mempengaruhi hasil dari proses produksi Wozac. Gambarkan atau jelaskan sebuah proses pengembangan model untuk masalah tersebut.
Solusi:
Pertama, Daisy harus memperhatikan dalam alam penentuan factor yangmempengaruhi hasil dari proses. Faktor-faktor tersebut merupakanreferensi yang akan digunakan sebagai
 Penjelasan model 
, sebab haltersebut menjelaskan prilaku hasil yang sebenarnya sebagai sebuah fungsidari beberapa factor. Daisy mungkin menentukan factor yangmempengaruhi hasil sebagai berikut:
 
 Volume Tabung dalam liter (V)
 
Tekanan Tabung dalam milli liter (P)
 
Suhu Tabung dalam derajat celcius (T)
 
Komposisi kimia dari proses pencampuranJika kita misalkan A, B, dab C persentasei campuran yang dibuat dari bahan kimia A, B, dan C, maka Daisy menemukan model sebagai berikut:Hasil = 300 +0.8V + 0.01P + 0.06T + 0.001T*P – 0.01T
2
– 0.001P
2
+11,7A + 9,4B + 16.4C + 19A*B + 11,4A*C – 9.6B*C.
1.2
 
Seni Pemodelan
Proses pembuatan keputusan dalam riset operasi menunjukkan padakonsistensi dari penyusunan model keputusan dan penyelesaiannyauntuk menentukan keputusan yang optimum. Model didefinisikansebagai suatu fungsi tujuan dan dinyatakan dengan batasan dalammodel dari variable keputusan (alternative) dari permasalahan.
Optimasi Model
Penjelasan awal dari prilaku model bagi sebuah organisasi merupakan yangpenting untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Komponen daripenjelasan awal tersebut meliputi:a.
 
Fungsi Tujuan b.
 
 Variabel Keputusanc.
 
Konstrain atau BatasanDengan kata lain, proses optimasi model adalah proses pencarian untuk menemukan nilai variable keputusan yang mengoptimumkan (maksimum atauminimu) fungsi tujuan diantara seluruh himpunan variable keputusan yangmemenuhi batasan yang diberikan.
 
PENGANTAR RISET OPERASI
February 16, 2006
Abu Abdirrahman3
1.3
 
Langkah-langkah Proses Pengembangan Model
Saat kita akan menggunakan operasi riset untuk menyelesaikan masalah dalamsuatu organisasi, berikut ini dijelaskan prosedur pengembangan model:
Step 1: Perumusan Masalah.
Peneliti bidang operasional pertama-tama harusmendefinisikan masalah organisasi. Pendefinisian masalah merupakan bagian daripenetapan tujuan organisasi dan merupakan bagian yang harus dipelajari sebelummasalah dapat diselesaikan.
Step 2: Pengamatan System.
Langkah selanjutnya adalah proses pengumpulandata untuk mengestimasi nilai parameter yang mempengaruhi (yang menyebab)terjadi masalah organisasi. Estimasi tersebut akan digunakan untuk mengembangkan (dalam langkah 3) dan evaluasi (langkah 4) model matematikadari permasalah yang dihadapi.
Step 3:
 
Perumusan Model Matematika.
Dalam langkah ini, penelitimengembangkan model matematika.
Step 4:
 
 Verifikasi Model dan Penggunaan Model untuk Prediksi
. Penelitimencoba menentukan jika model matematika yang dikembangkan dalam step 3merupakan representasi realita yang cukup akurat.
Step 5
:
Memilih Alternatif pemecahan Masalah yang pantas.
Memberikansebuah model dan sekumpulan alternative pemecahan masalah, peneliti harusmemilih alternative yang terbaik dari tujuan organisasi.
Step 6
:
Hasil dan Kesimpulan
. Dalam langkah ini, peneliti menghadir modeldan merekomendasikan dari step 5 ke pembuat keputusan secara individual ataukelompok. Dalam banyak keadaan, mungkin dihasilkan beberapa alternative danorganisasi harus memilih yang terbaik diantaranya.
Step 7 
:
Penerapan dan Evaluasi.
Jika organisasi telah menerima hasilpenelitian, kemudian analis segera menerapkan. Sistem harus senantiasdimonitoring untuk menyakinkan bahwa hasil penelitian yang direkomendasikandapat mencapai tujuan.
1.4
 
Contoh-Contoh Penerapan PemodelanTeladan 1:
Suatu pabrik kecil membuat dua jenis produk, yaitu produk A danB. Keuntugan produk A adalah Rp. 10.000/butir dan laba produk B

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arrancar Espada liked this
lyka_purple liked this
Jazuri Muhammad added this note
izin mengunduh kang
Amah Susyanti liked this
Nasrul Setiawan liked this
Citra Tazzmania liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->