Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis Jenis Penelitian Ilmiah

Jenis Jenis Penelitian Ilmiah

Ratings: (0)|Views: 1,686|Likes:
Published by Muhamad Umar Chatab
Jenis Jenis Penelitian Ilmiah.
Jenis Jenis Penelitian Ilmiah.

More info:

categoriesTypes, Research, Science
Published by: Muhamad Umar Chatab on Nov 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/29/2013

pdf

text

original

 
Label:METODE PENELITIAN Penelitian dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis penelitian, misalnya:
Penelitiankualitatif 
(termasuk penelitian historis dan deskriptif)adalah penelitian yang tidak menggunakanmodel-model matematik, statistik atau komputer. Proses penelitian dimulai dengan menyusunasumsi dasar dan aturan berpikir yang akan digunakan dalam penelitian. Asumsi dan aturan berpikir tersebut selanjutnya diterapkan secara sistematis dalam pengumpulan dan pengolahandata untuk memberikan penjelasan dan argumentasi. Dalam penelitian kualitatif informasi yangdikumpulkan dan diolah harus tetap obyektif dan tidak dipengaruhi oleh pendapat penelitisendiri. Penelitian kualitatif banyak diterapkan dalam penelitian historis atau deskriptif.
Penelitian historis
menerapkan metode pemecahan yang ilmiah dengan pendekatan historis.Proses penelitiannya meliputi pengumpulan dan penafsiran fenomena yang terjadi di masalampau untuk menemukan generalisasi yang berguna untuk memahami, meramalkan ataumengendalikan fenomena atau kelompok fenomena. Penelitian jenis ini kadang-kadang disebut juga penelitian dokumenter karena acuan yang dipakai dalam penelitian ini pada umumnya berupa dokumen. Penelitian historis dapat bersifat komparatif, yakni menunjukkan hubungandari beberapa fenomena yang sejenis dengan menunjukkan persamaan dan perbedaan; bibliografis, yakni memberikan gambaran menyeluruh tentang pendapat atau pemikiran para ahli pada suatu bidang tertentu dengan menghimpun dokumen-dokumen tentang hal tersebut : atau biografis, yakni memberikan pengertian yang luas tentang suatu subyek, sifat dan watak pribadisubyek, pengaruh yang diterima oleh subyek itu dalam masa pembentukan pribadinya serta nilaisubyek itu terhadap perkembangan suatu aspek kehidupan.
Penelitian deskriptif 
adalah penelitian tentang fenomena yang terjadi pada masa sekarang. Prosesnya berupa pengumpulandan penyusunan data, serta analisis dan penafsiran data tersebut. Penelitian deskriptif dapat bersifat komparatif dengan membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena tertentu;analitis kualitatif untuk menjelaskan fenomena dengan aturan berpikir ilmiah yang diterapkansecara sistematis tanpa menggunakan model kuantitatif; atau normatif dengan mengadakanklasifikasi, penilaian standar norma, hubungan dan kedudukan suatu unsur dengan unsur lain.
Penelitian teoritis
adalah penelitian yang hanya menggunakan penalaran semata untumemperoleh kesimpulan penelitian. Proses penelitian dapat dimulai dengan menyusun asumsi
1

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ali Harris liked this
febriansyahh liked this
Winda Annie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->