Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah PASAR INDUSTRI

Makalah PASAR INDUSTRI

Ratings: (0)|Views: 1,597 |Likes:
Published by Bimz Nns

More info:

Published by: Bimz Nns on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
 
MANAJEMEN PEMASARAN
“PASAR INDUSTRI”
Disusun oleh :Kelompok 11. Andrik Febrianto H08090092. Aulia Warih H08090193. Bayu Hartanto H 08090204. Dewandono Bimo S H08090245. Dewi S Panjaitan H0809026 
FAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS SEBELAS MARETSURAKARTA2011
 
PENDAHULUAN
Istilah industri berasal dari bahasa latin, yaitu industria yang artinya buruh atau tenaga kerja. Dewasa ini, istilah industri sering digunakan secaraumum dan luas, yaitu semua kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhanhidupnya dalam rangka mencapai kesejahteraan. Kegiatan industri sebenarnyasudah lama ada, yaitu sejak manusia berada di muka bumi ribuan tahun yang laludalam tingkat yang sangat sederhana. Seiring dengan pesatnya perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia, kegiatan industri puntumbuh dan berkembang semakin kompleks.Kebutuhan manusia yang semakain bertambah menyebabkan permintaanakan suatu produk akan terus meningkat, sehingga industri penting untuk produksi barang secara masal. Dalam pengertian yang sempit, industri adalah suatukegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi penggunaannya. Berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas dengan tetap berorientasi padaimplementasi dari keinginan konsumen. Indusri ada karena adanya permintaaandari masyarakat akan kebutuhan produk yang terus meningkat. Perkembanganindustri yang ada saat ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi yangterus maju sehingga memunculkan peralatan yang canggih dalam industrialisasi.
 
PASAR INDUSTRI
A. Pengertian Industri dan Pasar Industri
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasiadalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi jugadalam bentuk jasa. Pasar industri adalah semua organisasi yang membeli barangatau jasa untuk digunakan memproduksi barang dan jasa lain yang dijual,disewakan, atau dipasok ke perusahaan lain yang ada.
B. Karakteristik Pasar Industri
1. Struktur dan Permintaan Pasar.- Pasar Industri memiliki lebih sedikit pembeli tetapi lebih besar nilainya.- Pelangan pasar industri lebih terkonsentrasi secara geografis.- Permintaan pembeli industri merupakan turunan dari permintaan konsumenakhir.- Permintaan di pasar industri lebih inelastic kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek.- Permintaan di pasa r industri lebih berfluktuatif dan lebih cepat.2. Sifat unit pembelian.- Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak pembeli.- Pembelian dipasar industri melibatkan usaha pembelian yang lebih professional.3. Berbagai tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan.- Pembeli di pasar industri biasanya menghadapi pengambilan keputusan yangkompleks.- Proses pembelian industri lebih formal.- Dalam pembelian di pasar industri, penjual dan pembeli bekerja lebih erat danmembangun hubungan jangka panjang.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Echa JoJo liked this
Vendy Bahtiar liked this
Rosyid Sidik liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->