Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PEDOMAN TASTABS UNY

PEDOMAN TASTABS UNY

Ratings: (0)|Views: 1,362 |Likes:
Published by Roni Nepology

More info:

Published by: Roni Nepology on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN A.
 
Rasional
1.
 
Statuta Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), antara lain menjelaskan bahwatujuan UNY adalah memelihara, mengembangkan, menciptakan danmenyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang dapatmembawa ke arah kesejahteraan individu dan masyarakat, serta mendukungpembangunan nasional melalui berbagai kegiatan akademik dan penelitian yangrelevan. UNY juga bertujuan mewujudkan keunggulan dalam bidangkependidikan melalui upaya-upaya pengembangan pendidikan akademik danatau profesional, keilmuan, dan unsur-unsur terkait, dan dengan komitmenuntuk merespon segala permasalahan pendidikan dan kehidupan secara kreatif,inovatif, dan berkeadilan.2.
 
UNY memiliki fungsi antara lain melaksanakan dan mengembangkanpendidikan tinggi serta melaksanakan penelitian dalam rangka pengembanganilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni.3.
 
Mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika UNY ikut pula bertanggung jawab dalam upaya memelihara, mengembangkan, dan menyebarluaskanilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui kegiatan penelitian danpenyusunan karya ilmiah. Salah satu bentuk kegiatan penelitian danpenyusunan karya ilmiah adalah penyusunan tugas akhir.4.
 
 Agar penyusunan tugas akhir itu dapat terlaksana dengan baik, diperlukanpedoman tugas akhir. Pedoman ini diperuntukkan baik bagi mahasiswaprogram
strata satu (S1) maupun diploma tiga (DIII).B.
 
Batasan dan Bentuk Tugas Akhir1.
 
Batasan
Tugas akhir (TA) adalah karya tulis ilmiah mahasiswa yang merupakankulminasi proses berpikir ilmiah sesuai dengan disiplin ilmunya, yang disusununtuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar sarjana dalam program dan jenjang pendidikan S1 di UNY.
2.
 
Bentuk 
a.
 
Tugas akhir program S1 berbentuk skripsi yang disebut Tugas Akhir Skripsi(TAS) atau bukan skripsi yang disebut Tugas Akhir Bukan Skripsi (TABS).1)
 
TAS adalah karya tulis ilmiah mahasiswa yang mencerminkankemampuan melakukan proses dan pola berpikir ilmiah melaluikegiatan penelitian.2)
 
TABS dapat berbentuk:a)
 
makalah ilmiah
, yaitu karya tulis ilmiah mahasiswa sebagai hasilanalisis suatu karya produk, desain teknologi atau seni yangmenekankan pada kemampuan mengkaji secara kritis ataumenemukan gagasan inovatif berdasarkan penguasaan materi padaprogram studi tertentu.b)
 
karya desain teknologi atau seni
merupakan produk keilmuanmahasiswa melakukan penemuan, pengembangan aplikasi, ataupenyempurnaan ilmu pengetahuan teknologi atau seni yang
 
 2
bersifat terapan dan praktis; karya tersebut dapat berupa prototipe,rancangbangun, atau karya seni, yang disertai dengan deskripsiilmiah tentang karya tersebut.b.
 
Tugas akhir program DIII, khusus FT dan FISE. Selanjutnya tugas akhiruntuk DIII dinamakan Proyek Akhir.
C.
 
Tujuan Penyusunan Tugas Akhir
Penyusunan tugas akhir bertujuan memantapkan wawasan pengetahuandan pengalaman mahasiswa dalam melakukan kegiatan ilmiah, dengan caramemberi kesempatan memformulasikan ide, konsep, pola berpikir, dankreativitas yang dikemas secara komprehensif, dan mengkomunikasikan dalamformat yang lazim digunakan di kalangan masyarakat ilmiah.
D. Persyaratan
Mahasiswa yang mengajukan usulan penyusunan tugas akhir harusmemenuhi persyaratan sebagai berikut.1.
 
Telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 110 sks.2.
 
Indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,00.3.
 
Mendapat rekomendasi dari ketua program studi.
E. Etika Penyusunan Tugas Akhir
Tugas akhir yang disusun mahasiswa diharapkan berkualitas tinggi darisudut keilmuan dan memenuhi persyaratan administratif yang ditentukan sertastandar etika akademik, baik proses maupun produknya.Pertimbangan-pertimbangan etis yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa,antara lain, adalah sebagai berikut.1.
 
Kejujuran akademik, yang tercerminkan dalam;a.
 
karya yang disusun benar-benar merupakan karyanya sendiri, bukan hasil jiplakan (plagiasi) seluruh ataupun sebagian.b.
 
dicantumkannya secara jelas semua referensi yang digunakan sebagaibahan kajian, dan menunjukkan izin pencantuman atau penggunaannyasesuai dengan ketentuan yang berlaku mengenai Hak atas KekayaanIntelektual (HaKI).c.
 
disusunnya tugas akhir sesuai ketentuan yang berlaku.2.
 
Keterbukaan, yaitu kesediaan untuk menerima kritik atau masukan demipeningkatan kualitas hasil kajian.3.
 
Tidak memaksa dan merugikan subjek penelitian.4.
 
Menjaga kerahasiaan dan keamanan subjek penelitian, yaitu dengan tidak mempublikasikan nama dan identitas subjek yang sebenarnya, kecuali seizinyang bersangkutan.
 
 3
BAB IIPENYUSUNAN, PEMBIMBINGAN, DAN UJIAN TUGAS AKHIR  A.
 
Penyusunan dan Pembimbingan Tugas Akhir
Mahasiswa yang akan menyusun Tugas Akhir (TA) harus memenuhipersyaratan: (1) telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 110 sks, (2) indeksprestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,00, dan (3) mendapat rekomendasidari dosen penasihat akademiknya. Oleh karena itu, untuk menyusun TA mahasiswaharus mengikuti prosedur sebagai berikut.1.
 
Jika mahasiswa telah memenuhi dua persyaratan pertama di atas (telahmenyelesaikan studi minimal 110 sks dan IPK minimal 2,00 maka mahasiswasegera menghubungi dosen penasehat akademik (PA) untuk mendapatkanrekomendasi menyusun TA.2.
 
Mahasiswa menemui Ketua prodi untuk berkonsultasi mengenai calonpembimbing TA dengan membawa surat rekomendasi dosen PA dan rencana judul (topik, tema) TA disertai latar belakang dan penegasan singkat judul yangdipilih. Ketua prodi menunjuk pembimbing I dan/atau II.3.
 
Mahasiswa menemui calon dosen pembimbing untuk meminta kesediaannyamembimbing. Jika dosen pembimbing menyatakan bersedia (membubuhkantanda tangan kesediaan pada surat penunjukan dari Ketua prodi), mahasiswameminta Ketua prodi mengesahkan calon pembimbing menjadi pembimbing(sesuai ketentuan yang berlaku).4.
 
Ketua prodi mengajukan usulan calon pembimbing TA yang sudah disepakatibersama kepada Dekan untuk dibuatkan surat keputusan pembimbing TA.5.
 
Mahasiswa menemui para pembimbing untuk membicarakan rencana TA yangakan dibuat, menentukan jadwal bimbingan TA dan melaksanakan konsultasipenulisan TA. Pada setiap kali melakukan konsultasi mahasiswa membawa
bukubimbingan
yang telah disediakan oleh Subbag Pendidikan Fakultas.6.
 
 Apabila karena sesuatu hal proses bimbingan tidak dapat berjalan efektif yangbukan karena kesalahan mahasiswa, mahasiswa dapat berkonsultasi denganKetua prodi tentang kemungkinan pergantian pembimbing, baik yang bersifatsementara maupun permanen.
B.
 
Permohonan dan Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir1.
 
Prosedur Pendaftaran Ujian
Pendaftaran ujian TA dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut.a.
 
Mahasiswa yang telah selesai menyusun naskah TA dan mendapatpersetujuan secara tertulis dari pembimbing untuk melaksanakan ujian TA segera mendaftarkan ujian ke Subbag Pendidikan Fakultas dengan membawasyarat-syarat sebagai berikut.1)
 
Dokumen hasil studi (DHS).2)
 
Surat keterangan bebas teori.3)
 
Kuitansi pembayaran SPP semester terakhir atau semester berjalan.4)
 
KRS yang mencantumkan TA.5)
 
Surat keterangan cuti kuliah (bagi mahasiswa yang pernah cuti).6)
 
Naskah TA yang sudah disetujui pembimbing.

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
syafiqbasalamah liked this
Sarfiani Sape liked this
Iwan Fajar liked this
Ramli Salasa liked this
syafiqbasalamah liked this
dwi_dop19 liked this
Andi Ardi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->