Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
04 Ananiah,Ghazab,Hasad,Ghibah,Namimah

04 Ananiah,Ghazab,Hasad,Ghibah,Namimah

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 6,435 |Likes:

More info:

Published by: Galih Riyandi Prasetya on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2013

pdf

text

original

 
BAB 4ANANIAH, GHAZAB, HASAD, GHIBAH, DAN NAMIMAH
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 
4.
 
Menghindari perilaku tercela
4.1
 
. Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah4.2
 
. Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah4.3
 
. Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupansehari-
 
hari.
 
Agama Islam selalu mengajarkan agar kehidupan kita membawa manfaat bagi dirisendiri, orang lain, maupun lingkungan. Sikap-sikap yang ditampakkan oleh seorang muslim juga harus membuat senang orang lain dan menciptakan suasana yang menyejukkan.Sebaliknya, sikap dan tindakan yang tidak menyenangkan dan membuat rusak suasana damaimerupakan tindakan yang dilarang oleh ajaran Islam.Diantara sikap dan tindakan yang dapat membuat kisruh suasana tersebut adalahananiah, ghazab, hasad, ghibah, dan namimah. Pelajarailah uraiannya dalam bab ini, agar menjadi bekal dan pendorong bagi diri kita untuk menjauhinya.
1.
 
Ananiah (egois)Pengertian Ananiah
Ananiah berarti sifat mementingkan diri sendiri. Sikap ini tidak pernahmenghiraukan orang lain. Orang yang terhinggapi sifat ini, tidak pernah mau tahuterhadap orang lain. Ia memandang dapat hidup karena dirinya sendiri. Dia tak pernah berfikir bahwa kehidupan dirinya tidak dapat terlepas dari orang lain.Sifat egois termasuk 
akhlak madmumah
, atau akhlak tercela. Kebalikan dari sifategois adalah sifat tasamuh (toleran), yaitu sifat yang selalu menghargai dan menerimamasukan orang lain.Termasuk tabiat dari orang yang egois adalah dia tidak peduli (tidak dapat berempati) dengan nasib atau perasaan orang lain. Contohnya, bila ada salah seorangteman yang sedang kesusahan, dia malah bersenang-senang di hadapannya.Dengan demikian sifat egois yang dibiarkan berlarut-larut akan menjadi sifatsombong, kikir dan takabur. Semua sifat tersebut dilarang bagi umat Islammelakukannya. Karena dalam sejarah kehidupan manusia, tidak akan pernah ada hiduptanpa orang lain. Bahkan kesempuraan hidup seseorang terletak pada kesanggupan hidup bersama orang lain.Sifat egois tumbuh dan berkembang dari bujukan nafsu, syaitan dan pengaruh orangyang bersikap egois. Benih tumbuhnya sifat egois adalah perasaan mampu hidup tanpaorang lain atau merasa dirinya lebih tinggi dari orang lain. Ia selalu memandang oranglain lebih rendah darinya, sehingga tidak percaya dengan orang lain.Sifat egois termasuk dalam kategori sifat sombong yang dilarang oleh ajaran agamaIslam. Firman Allah :
):
١٨
(
 
 Artinya :
“ Janganlah kamu palingkan muka terhadap sesama manusia karena sombong,dan jangan pula berjalan di atas bumi terlalu senang. Sungguh Allah tiada kasihterhadap setiap orang sombong dan bermegah – megahan “
( QS. Luqman : 18 )
Akibat Negatif Ananiah
Sifat egois yang mementingkan diri sendiri dan merasa mampu mengurus dirisendiri tanpa bantuan orang lain, adalah merupakan bentuk perilaku yang tidak disukaiAllah SWT sekaligus tidak disukai oleh orang-orang di sekeliling kita. Apakah kamusenang bergaul dengan orang yang egois? Jika jawabnya tidak senang, orang lain puntidak senang jika kamu egois. Adapaun akibat buruk dari egois adalah sebagai berikut :
 
Dimurkai oleh Allah, karena merasa mampu tanpa mengingat bahwa kemampuanitu semata-mata dari Allah SWT.
 
Sifat egois juga akan menjadikan orang lupa diri, sehingga kemampuan yangdimilikinya cenderung tidak berkembang. Kemampuan seseorang akan terus berkembang jika mau mengakui kelebihan orang lain dan mau belajar dari oranglain.
 
Orang yang egois tidak dapat menjalankan peran hidupnya dengan baik.Misalnya, bila sifat egois dimiliki oleh orang tua, maka dia tidak dapatmembimbing anak-anaknya dengan baik. Bila sifat egois dimiliki oleh seorang pemimpin maka dia tida dapat memimpin dengan baik.
 
Sifat egois juga menjadikan seseorang sulit dinasehati. Jadi, kalau seorang yangegois sudah mempunyai pendirian yang salah, maka dia sulit berubah karena tidak mau diingatkan atau tidak mau menerima nasehat.
 
Orang yang egois akan merasa malu bila pada suatu ketika membutuhkan bantuanorang lain. Bagaimanapun juga manusia sudah ditakdirkan oleh Allah SWTmernjadi makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan lainnya.Suau saat membantu dan pada saat yang lain dibantu.
Cara Menghindari Ananiah
Ananiah (egois) dapat dihindari dengan cara-cara sebagai berikut :
 
Memperkuat keimanan kepada Allah SWT, karena hanya Allah SWT sajalah YangMaha Mandiri dan Maha Kuasa atas segala sesuatu.
 
Menyadari bahwa manusia ditakdirkan untuk menjadi makhluk sosial yang salingmembutuhkan antara yang satu dengan lainnya. Suatu saat membantu dan padasaat lainnya dibantu. Suatu ketika menasehati dan pada saat yang lain memberinasehat.
 
Memupuk semangat kebersamaan dan toleransi dengan menumbuhkan kesadaran bahwa manusia memang diciptakan Allah SWT berbeda-beda, masing-masingmempunyai kelebihan dan kekurangannya.
2.
 
Ghadab (pemarah)Pengertian Ghadab
Ghadab (pemarah) artinya sifat seseorang yang mudah marah. Setiap melihat ataumenghadapi persoalan kehidupan yang tidak disukai sekecil apapun langsung marah.Setiap orang memang dikarunia oleh Allah SWT gejala emosional seperti senang,susah, geli, dan marah. Dengan demikian pada dasarnya setiap orang bisa marah, namun
 
karena marah dapat menimbulkan berbagai akibat negatif, maka Allah SWT danRasulNya mememerintahkan agar kita dapat menahan marah tersebut. Disamping kitadiperintahkan untuk menahan marah, kita juga dilarang memancing kemarahan oranglain.Kebalikan dari sifat pemarah adalah adalah berlapang hati, sabar, dan pemaaf.Berkaitan dengan penerapan antara sifat pemarah dengan pemaaf, Imam Ghazalimengelompokkan tipe manusia menjadi 4 macam yaitu :1.
 
Orang yang mudah marah dan sulit memaafkan.2.
 
Orang yang mudah marah dan mudah memaafkan.3.
 
Orang yang sulit marah dan sulit memaafkan.4.
 
Orang yang sulit marah dan mudah memaafkan.Mana yang paling baik? Sudah barang tentu yang terbaik adalah orang yang sulitmarah tapi mudah memaafkan. Tipe orang seperti inilah yang dicontohkan olehRasulullah SAW. Dalam kehidupannya sangat sulit dan jarang sekali Rasulullah SAWmarah. Namun beliau sangat mudah memaafkan, walaupun kesalahan yang diperbuatorang lain itu begitu menyakitkan.Menahan marah merupakan salah satu bentuk ketakwaaan seseorang. Dengan katalain salah satu ciri ketakwaan seseorang adalah kemampuannya dalam menahan marahserta mudah memaafkan orang lain. Firman Allah SWT dalam QS. Ali Imran (3) ayat 37 :Artinya : “(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapangmaupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema`afkan(kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” ( QS AliImran : 37)Pemarah bukanlah orang yang kuat, melainkan orang yang lemah. Karenakemarahan meninggalkan banyak kelemahan. Hakekat manusia yang kuat adalah bukanmanusia yang dengan mudah untuk marah dan membuat sasaran kemarahan dari semuayang ada disekitarnya. Orang yang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan diriketika hendak marah. Hadits Rasulullah SAW :
: 
 
) (
Artiya :
“Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a katanya: Sesungguhnya Rasulullah s.a.wbersabda: Kekuatan itu tidak dibuktikan dengan kemenangan dalam bergulat. Tetapiorang yang kuat ialah orang yang dapat mengendalikan dirinya ketika sedang marah.”
 (HR. Bukhari dan Muslim)Sifat pemarah cenderung untuk tidak menyelesaikan persoalan dengan kepala dingin,artinya dengan baik-baik dan kekeluargaan. Sebaliknya masalah dihadapi denganmengedapkan emosi, sehingga penyelesaian masalah tidak sempurna, sekalipun setelahitu harus menyesal.

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
Muti Widya liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
assonasagi liked this
Summy Tc Ati liked this
Keyla Maniez added this note
bagaimana jika dendam ituh berlarut larut apa hukumnya dan apa dosanya????

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->