Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
12_adab makan minum

12_adab makan minum

Ratings: (0)|Views: 884|Likes:

More info:

Published by: Galih Riyandi Prasetya on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2012

pdf

text

original

 
BAB 12ADAB MAKAN DAN MINUM
Standar Kompetensi Kompetensi Dasa
12. Membiasakan perilaku terpuji 12.1. Menjelaskan adab makan dan minum12.2. Menampilkan contoh adab makan dan minum12.3. Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
Makan dan minum merupakan kebutuhan sehari-hari manusia. Karena merupakansebuah kegiatan rutin, kadang-kadang masalah makan dan minum tidak mendapatkanperhatian yang khusus. Padahal makan dan minum merupakan faktor yang sangat pentingdalam hidup. Apa yang dimakan dan diminum seseorang serta bagaimana tata cara dia makansangat berpengaruh terhadap kehidupannya.Dalam hal makan dan minum, manusia dan binatang sama-sama melakukan danmembutuhkannya. Namun yang membedakan adalah manusia mempunyai tata cara (adab),sedangkan binatang menjadikan makan dan minum hanya sekedar untuk memuaskannafsunya. Adab makan dan minum tersebut menjadikan kegiatan makan dan minum bagimanusia tidak hanya sekedar untuk memuaskan nafsu saja, namun juga terkandung nilaiibadah.Untuk lebih jelasnya, pelajarilah pembahasan mengenai adab makan dan minum dalamajaran Islam berikut ini.
A.
 
Tata Krama Sebelum Makan dan Minum
1.
 
Mencuci tangan sebelum makanSebelum makan cucilah tangan terlebih dahulu, hal ini sangat berguna untuk menjagakesehatan kita. Barangkali sebelum makan tadi tangan kita memegang sesuatu yangmengandung bakteri atau kuman yang membahayakan kesehatan.Bagaimana kalau dalam makan menggunakan sendok dan garpu? Sebaiknya tangan tetapdicuci, karena siapa tahu di tengah-tengah kegiatan makan tersebut kita tergoda untuk memegang makanan.Hadis Rasulullah :
)(
Artinya : “Diriwayatkan dari Aisyah r.a : Sesunggunhya Rasululah saw ketika hendak tidursementara beluai dalam keadaan junub, maka beliau mberwudu, dan ketika hendak makanbeliau mencuci kedua tangannya” (HR Nasai)2.
 
Duduk dengan baik.Rasulullah memberi contoh makan dengan duduk dan mencela makan dan minum sambilberdiri atau berjalan karena dapat menghilangkan keberkahan makanan.Hadits Rasulullah :
)(
Artinya : Diriwayatkan dari Anas r.a. : Sesungguhnya Nabi saw melarang seorang laki-lakiminum sambil berdiri”. (HR Muslim)
 
 3.
 
Berdoa sebelum makan atau minumSebelum makan kita diperintahkan untuk berdoa, hal ini mengandung maksud agar kegiatanmakan dan minum nantinya diberi keselamatan. Makanan dan minuman yang akan kitamasukkan ke dalam tubuh tidak hanya sekedar menghilangkan lapar dan dahaga, namun dapatmenjadikan berkah. Energi yang dihasilkan dari makanan tersebut dapat bermanfaat untuk menunjang kegiatan kita, baik belajar, bekerja, ibadah dan sebagainya.Adapun doa sebelum makan adalah sebagau berikut :Artinya :
“Ya Allah keberkatan kepada kami dalam risqi yang telah Engkau berikankepada kami dan jauhkan kami dari api neraka”.
 Bila lupa berdoa dan membaca Basmalah di awal, maka bacalah Basmalah di tengah-tengahnya karena rasulullah pernah bersabda yang maksudnya adalah
apabila salah seorangdari kamu bersantap, sebutlah dulu asma Allah, maka jika lupa tidak membaca pada awalnya,hendaknya membaca Basmalah sewaktu ingat di tengah-tengah makan, demikian : Bismillahiawwalu wa akhirahu.
 
B.
 
Tata Krama Pada Saat Makan
1.
 
Jangan sekali-kali mencela makananKetika makan, tidak selalu apa yang kita makan sesuai dengan selera. Bagaimana sikap kita?Ajaran Islam melarang mencela makanan. Apalagi mencela makanan di depan orang yangmemasaknya, hal ini bisa membuat orang tersebut tersinggung. Terlebih lagi jika yangmemasak makanan itu adalah ibu kamu, maka jangan sekali-kali mencelanya.Bila kebetulan kurang berminat terhadap makanan tertentu, jangan mencela. Kalau tidak berminat sebaiknya diam dan tidak dimakan.Hadis Rasulullah :
: ) (
Artinya : “Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a katanya : Rasulullah s.a.w tidak pernahmencela makanan satu kalipun. Apabila baginda menyukai sesuatu makanan bagindamemakannya dan kalau tidak menyukainya baginda meninggalkannya.” (HR Bukharidan Muslim)
2.
 
Jangan makan dengan terburu-buruMakan dan minum tidak boleh dilakukan dnegan terburu-buru karena dikhawatirkanmenjadikan kerja organ-organ pencernaan di dalam tubuh bekerja dengan tidak sempurna.Makanlah dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.
: ) (
 
Artinya : Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda:Apabila dihidangkan makanan di hadapanmu, sedangkan waktu shalat sudah datang,maka hendaklah kamu makan terlebih dahulu. Janganlah kamu terburu-buru, lakukanshalat setelah kamu selesai makan *
3.
 
Makan dan minum dengan menggunakan tangan kananDengan mengunakan tangan kanan untuk makan dan minum mengandung nilai bahwa kitamenghargai atau memuliakan makanan tersebut. Kegiatan makan dan minum adalah kegiatanmulia, makanan dan minuman yang kita minum juga makhluk Allah SWT yang mulia.Dengan demikian diharapkan makanan dan minuman yang kita masukkan ke dalam tubuh kitatersebut juga menghasilkan energi dan amal yang mulia.Cara makan dengan menggunakan tangan kanan juga untuk membedakan cara makan manusiadengan syaitan. Syaitan makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri. Kita tahu bahwasyaitan merupakan makhluk yang tercela, sehingga sangat senang melakukan hal-hal yangtercela termasuk ketika dia makan dengan menggunakan tangan kirinya.Hadits Rasulullah :
) (
Artinya : Diriwayatkan dari Aibnu Umar r.a : Rasulullah SAW bersabda ketikakamu makan makan lakukan dengan tangan kanan, ketika minum juga dengantangan kanan. Karena sesungguhnya syaitan makan dan minum dengan tangankirinya ( HR Muslim)
4.
 
Menyantap makanan yang paling dekat.Ketika kit amakan bersama orang banyak dengan bermacam-macam makanan yangdihidangkan, maka ambillah yang kamu sukai dan yang terdekat. Bila menjangkau yang jauh,maka tampak tidak sopan. Apabila kita memang sangat menyulai makanan yang letaklnya jauh dari jangkauan kita, maka mintalah tolong orang yang terdekat untuk menggeser ataumengambilkannya.Diceritakan dalam sebuah hadis :
: ) (
 
Artinya : Diriwayatkan dari Umar bin Abu Salamah r.a katanya: Aku pernah berada dibawah dekat Rasulullah s.a.w. waktu makan, tanganku terulur hendak menjangkautalam, lalu Rasulullah s.a.w bersabda kepadaku: Wahai anak muda! BacalahBasmalah, makanlah dengan tangan kanan dan dahulukan dengan makanan yangterdekat denganmu” ( HR Bukhari dan Muslim)
5.
 
Menghabiskan makanan, jangan ada yang tersisa, karena kita tidak mengerti bagian manayang mengandung berkah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->