Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEMITRAAN PETERNAKAN BEBEK

KEMITRAAN PETERNAKAN BEBEK

Ratings: (0)|Views: 59 |Likes:
Published by chiivaa

More info:

Published by: chiivaa on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

 
Jika anda ingin memeiliki usaha sampingan, dengan modal awal kecil, penghasilan rutin, aman, dan
 
syar'ih, kami pengelola Kandang ”Bebek Bebek Ku” mengajak anda untuk turut
bergabung dalam
 
pengembangan budidaya bebek, dengan syarat dan ketentuan yang disepakati antara kami sebagai
 
pengelola dan anda sebagai mitra kerja kami
Hubungi kami di bebek_bebek_ku@yahoo.co.id atau di
 
021 71132830 HP 0816 1989 761 untuk informasi dan kunjungan ke lokasi ... hanya 15 menit dari pantaiCarita - Banten
MANAGEMENT TEAMANALISA USAHA
ANALISA USAHA
 
BUDIDAYA BEBEK PEKIN
 
MODAL INVESTASI
 
1. Buat kandang bebek (4m x 4m) 100 ekor x 2 kandang Rp4.800.000,-
 
2. Sewa lahan 1 tahun Rp 1.200.000,- +
 
 
Total investasi Rp 6.000.000,-
 
MODAL KERJA
 
1. Beli DOD 200 ekor x Rp 15.000,- Rp 3.000.000,-
 
2. Pakan 3,75 kg/bebek/bulan x Rp 3.000/kg x Rp 4.500.000,-
 
200 ekor x 2 bulan
 
3. Biaya vaksin & vitamin Rp 750.000,-
 
4. Upah tenaga kerja Rp 900.000,- x 2 bulan Rp 1.800.000,-
 
5. Penyusutan kandang (2 tahun) Rp 200.000,-
 
6. Penyusutan sewa lahan (1 tahun) Rp 100.000,-
 
 
7. Biaya operasional Rp 400.000,- x 2 bulan Rp 800.000,- +
 
 
Total modal kerja Rp 11.150.000,-
 
PEMASUKAN
 
200 ekor x 1,3 kg x Rp 70.000,- = Rp 18.200.000,-
 
Laba = Rp 18.200.000,- -- Rp 11.150.000,-
 
= Rp 7.050.000,-
BUDIDAYA BEBEK 
1.
 
SEJARAH SINGKAT
 Itik dikenal juga dengan istilah Bebek (bhs.Jawa). Nenek moyangnya berasal dari AmerikaUtara merupakan itik liar (
 Anas moscha
) atau
Wild mallard 
. Terus menerus dijinakkan olehmanusia hingga jadilah itik yang diperlihara sekarang yang disebut
 Anas domesticus
(ternak itik).
2.
 
SENTRA PETERNAKAN
 Secara internasional ternak itik terpusat di negara-negara Amerika utara, Amerika Selatan,Asia, Filipina, Malaysia, Inggris, Perancis (negara yangmempunyai musim tropis dan subtropis). Sedangkan di Indonesia ternak itik terpusatkan didaerah pulau Jawa (Tegal, Brebes dan Mojosari), Kalimantan (Kecamatan Alabio, KabupatenAmuntai) dan Bali serta Lombok.
3.
 
J E N I S
 Klasifikasi (penggolongan) itik, menurut tipenya dikelompokkan dalam 3 (tiga) golongan,yaitu:1) Itik petelur seperti Indian Runner, Khaki Campbell, Buff (Buff Orpington) dan CV 2000-INA;2) Itik pedaging seperti Peking, Rouen, Aylesbury, Muscovy, Cayuga;3) Itik ornamental (itik kesayangan/hobby) seperti East India, Call (Grey Call), Mandariun,Blue Swedish, Crested, Wood.Jenis bibit unggul yang diternakkan, khususnya di Indonesia ialah jenis itik petelur seperti itik tegal, itik khaki campbell, itik alabio, itik mojosari, itik bali, itik CV 2000-INA dan itik-itik petelur unggul lainnya yang merupakan produk dari BPT (Balai Penelitian Ternak) Ciawi,Bogor.
4.
 
MANFAAT
 1) Untuk usaha ekonomi kerakyatan mandiri.2) Untuk mendapatkan telur itik konsumsi, daging, dan juga pembibitan ternak itik.3) Kotorannya bisa sebagai pupuk tanaman pangan/palawija.4) Sebagai pengisi kegiatan dimasa pensiun.5) Untuk mencerdaskan bangsa melalui penyediaan gizi masyarakat.
5.
 
PERSYARATAN LOKASI
 Mengenai lokasi kandang yang perlu diperhatikan adalah: letak lokasi lokasi jauh darikeramaian/pemukiman penduduk, mempunyai letak transportasi yang mudah dijangkau darilokasi pemasaran dan kondisi lingkungan kandang mempunyai iklim yang kondusif bagiproduksi ataupun produktivitas ternak. Itik serta kondisi lokasi tidak rawan penggusurandalam beberapa periode produksi.
 
6.
 
PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA
 Sebelum seorang peternak memulai usahanya, harus menyiapkan diri, terutama dalam halpemahaman tentang pancausaha beternak yaitu (1).Perkandangan; (2). Bibit Unggul; (3). Pakan Ternak; (4). Tata Laksana dan (5). PemasaranHasil Ternak.
6.1.
 
Penyiapan Sarana dan Peralatan
 1.
 
Persyaratan temperatur kandang ± 39 derajat C.2.
 
Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%3.
 
Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tatakandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang4.
 
Model kandang ada 3 (tiga) jenis yaitu:a. kandang untuk anak itik (DOD) oada masa stater bisa disebut juga kandangbox, dengan ukuran 1 m2 mampu menampung 50 ekor DODb. kandang Brower (untuk itik remaja) disebut model kandang Ren/kandangkelompok dengan ukuran 16-100 ekor perkelompok c. kandang layar ( untuk itik masa bertelur) modelnya bisa berupa kandangbaterei ( satu atau dua ekor dalam satu kotak) bisa juga berupa kandanglokasi ( kelompok) dengan ukuran setiap meter persegi 4-5 ekor itik dewasa (masa bertelur atau untuk 30 ekor itik dewasa dengan ukuran kandang 3 x 2meter).5.
 
Kondisi kandang dan perlengkapannyaKondisi kandang tidak harus dari bahan yang mahal tetapi cukup sederhana asaltahan lama (kuat). Untuk perlengkapannya berupa tempat makan, tempat minumdan mungkin perelengkapan tambahan lain yang bermaksud positif dalammanagemen
6.2.
 
Pembibitan
 Ternak itik yang dipelihara harus benar-benar merupakan ternak unggul yang telah diujikeunggulannya dalam memproduksi hasil ternak yang diharapkan.
1)
 
 Pemilihan bibit dan calon induk
 Pemilihan bibit ada 3 ( tiga) cara untuk memperoleh bibit itik yang baik adalahsebagai berikut :a. membeli telur tetas dari induk itik yang dijamin keunggulannyab. memelihara induk itik yaitu pejantan + betina itik unggul untuk mendapatkantelur tetas kemudian meletakannya pada mentok, ayam atau mesin tetasc. membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunyamaupun yang telah mendapat rekomendasi dari dinas peternakan setempat.CiriDOD yang baik adalah tidak cacat (tidak sakit) dengan warna bulu kuningmengkilap.
 )
 
 Perawatan bibit dan calon induk
 a. Perawatan BibitBibit (DOD) yang baru saja tiba dari pembibitan, hendaknya ditangani secarateknis agar tidak salah rawat. Adapun penanganannya sebagai berikut: bibitditerima dan ditempatkan pada kandang brooder (indukan) yang telahdipersiapkan sebelumnya. Dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam brooderadalah temperatur brooder diusahakan yang anak itik tersebar secara merata,kapasitas kandang brooder (box) untuk 1 m2 mampu menampung 50 ekor DOD,tempat pakan dan tempat minum sesuai dengan ketentuan yaitu jenis pakan itik fase stater dan minumannya perlu ditambah vitamin/mineral.b. Perawatan calon Induk Calon induk itik ada dua macam yaitu induk untuk produksi telur konsumsi daninduk untuk produksi telur tetas. Perawatan keduanya sama saja, perbedaannyahanya pada induk untuk produksi telur tetas harus ada pejantan dengan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->