Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
64Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelas Amphibi

Kelas Amphibi

Ratings: (0)|Views: 2,098 |Likes:
Published by Fajrul Ihsan

More info:

Published by: Fajrul Ihsan on Nov 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2013

pdf

text

original

 
Kelas Amphibi
A.
 
Tujuan
 
Mampu melakukan determinasi katak dan berudu berdasarkan ciri morfologi yangditentukan dalam kunci determinasi
 
Mampu mengelompokkan katak dan berudu berdasarkan perbedaan danpersamaannya
 
Mampu menemukan ciri-ciri famili dalam kelas amphibi
 
Mengetahui ciri khusus yang dimiliki oleh setiap spesies katak dalam kelas amphibi
 
Mengenal keanekaragaman spesies dari kelas amphibi
B.
 
Waktu dan tempat praktikum
 
Hari: Rabu
 
Tanggal: 5 dan 12 September 2011
 
Tempat: Laboratorium Struktur Hewan
 –
JICA
 C.
 
Dasar teori
Proses trasnsisi kehidupan vertebrata dari kehidupan air ke kehidupan daratmenyebabkan timbulnya perubahan pada organ pernapasan dan alat gerak. Di darat hewan-hewan ini tidak lagi membutuhkan insang untuk respirasi sehingga insang tereduksi danmerangsang pembentukan paru-paru. Beberapa kelompok ikan primitiv telah melakukanpre-adaptasi organ pernapasan dengan paru-paru sederhana. selain perubahan pada organpernapasan perubahan juga terjadi pada alat gerak, saat berada di dalam air tubuh ikanmenjadi ringan karena adanya gaya apung ke atas dan memungkinkan untuk melakukanpergerakan dengan sirip, tetapi saat di darat tubuh akan menjadi lebih berat sehingga siriptidak dapat menahan beban tubuh. Oleh karena itu diperlukan tungkai untuk berjalan,tungkai ini di asumsikan sebagai bentuk spesialisasi dari pinna pektoralis dan pelvis pada
 
pisces, sehingga munculah superkelas tetrapoda (yang berkaki empat) di daratan bumi iniyang mencakup kelas amphibi, reptil, aves, mamalia. Tetrapoda pertama adalah amphibianperiode Devon, yang meskipun telah mampu bernapas di udara dan mempunyai tungkainamun secara umum masih mirip dengan ikan dan diduga masih sering kembali ke air.Terdapat bukti yang signifikan mengenai perubahan kehidupan dari air ke darat, yaituadanya beberapa jenis ikan yang dapat berpindah dari kolam satu ke kolam lain. Prosesperpindahan dari air ke darat masih dapat disaksikan pada amphibia masa kini, yangkehidupannya dimulai dari berudu yang hidup seperti ikan, bernapas dengan insang yangkemudian menjadi hewan berkaki empat dan bernapas langsung dari udara.
Gambar.1. evolusi Tetrapoda
Superkelas Tetrapoda ini memiliki ciri umum sebagia berikut :
 
Tubuh tidak bersisik (amphibia), tubuh diliputi sisik epidermis (reptilia), tubuhdiliputi bulu (aves) atau tubuh diliputi rambut (mamalia)
 
Tungkai berpasangan dan pada umumnya memiliki lima jari.
 
Kepala ditunjang oleh leher dan pata digerakkan kecuali amphibia.
 
Mempunyai nostril internal berhubungan dengan rongga mulut.
 
Terkorak berkembang dengan baik.
 
Kelenjar air mata berasosiasi dengan rongga mata terdapat padahewan yangtertestrial tetapi tidak ada pada Tetrapoda akuatik.
 
Pernapasan umumnya dilakukan dengan paru-paru.
 
Perkembangan system peredaran darah ganda yang bervariasi. Pada tetrapodaprimitive masih ada yang memiliki insang dalam.
 
 
Lidah berpangkal pada dasar mulut dan dapat digerakkan.Pada bahasan kali ini akan dibahas adalah mengenai Kelas Amphibia. Amphibia berasaldari bahasa Yunani yaitu
 Amphi 
yang berarti dua dan
Bios
yang berarti hidup. Karena ituamphibi diartikan sebagai hewan yang mempunyai dua bentuk kehidupan yaitu di darat dandi air. Namun, sebenarnya Amphibia menghuni habitat yang sangat bervariasi, darigenangan air, dibawah permukaan air, sampai pohon yang tinggi. Kebanyakan hidupdikawasan hutan karena amphibia memerlukan kelembapan yang cukup tinggi untukmelindungi tubuhnya dari kekeringan.Amphibia mendominasi kehidupan darat sejak jaman karbon, yang kemudian diikuti olehkemunculan reptilian, aves dan mamalia. Pada zaman tersebut ukuran amphibian bervariasidan umumnya berukuran besar, tengkorak dan bentuk tubuhnya mirip buaya. Tungkaipendek, memiliki gelang bahu dan gelang panggul sebagai tempat pelekatan otot-otot sertauntuk menjaga tubuhnya yang berat. Beberapa diantaranya berukuran besar yangpanjangnya hingga tiga meter, tetapi ada pula yang berukuran kecil. Amphibia merupakansatu-satunya tetrapoda yang bermetamorfosis. Pada fase berudu amphibi hidup di perairandan bernafas dengan insang. Pada fase ini berudu bergerak menggunakan ekor. Pada fasedewasa hidup di darat dan bernafas dengan paru-paru. Pada fase dewasa ini amphibibergerak dengan kaki. Perubahan cara bernafas yang seiring dengan peralihan kehidupandari perairan ke daratan menyebabkan hilangnya insang dan rangka insang lama kelamaanmenghilang. Pada anura, tidak ditemukan leher sebagai mekanisme adaptasi terhadap hidupdi dalam liang dan bergerak dengan cara melompat.
Gambar.2. metamorfosis dan berudu pada Amphibia
Sumber 
: 

Activity (64)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
brigitaputri liked this
Nita Raesita liked this
Nunung Mu'arivah liked this
Arfika Nola liked this
Jefry VoLution liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->