Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
52Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jaring Laba Laba

Jaring Laba Laba

Ratings:

4.67

(9)
|Views: 22,521|Likes:
Published by anon-80419

More info:

Published by: anon-80419 on Oct 19, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, ODT, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
Ditemukan Fosil Jaring Laba-laba Purba
Jakarta, SelasaLaba-laba mungkin telah menggunakan jaringnya untuk menangkap mangsa sejakzaman dinosaurus. Ini terbukti dari temuan jaring laba-laba purba yang terjerat dalamamber sejak 121 hingga 115 juta tahun lalu.
 Amber terbentuk dari resin yang dihasilkan batangtanaman dan mengeras selama jutaantahun. Material tersebut sangat berguna bagi parailmuwan sebab dapat menjaga tubuh hewan yangterperangkap di dalamnya agar tetap utuh.Dua ekor laba-laba juga ditemukan terjerat dalamamber yang ditemukan di Alava, Spanyol bagianutara. Spesifikasi kedua spesimen yangdiperkirakan hidup di masa Cretaceous Awaldideskripsikan dalam jurnal
 Biology Letters.
 David Penney dari Universitas Manchester, Inggrisdan Vicente Ortuno dari Universitas Alcala,Spanyol memasukkan kedua laba-laba sebagaispesies baru Mesozygiella duniopi.
Evolusi jaring
Jaring laba-laba biasanya terdiri atas dua jenisbenang. Yang mengelilingi titik pusat biasanyalemah namun lengket. Sedangkan, benang radialyang tegak lurus dengannya kuat dan kaku.Dengan dua jenis benang, laba-laba telah membuat jaring yang kuat dan fleksibel saat menangkapserangga terbang yang menabaraknya. Calonmangsanya akan kesulitan melepaskan diri dari jeratan benang yang lengket.Desain jaring sebagai jerat mangsanya merupakanhasil evolusi yang terbukti efektif digunakanberbagai jenis laba-laba untuk memperolehmangsa. Sekitar 2.847 spesies laba-laba yanghidup sekarang memanfaatkan strategi tersebut. 
|
ist 
Laba-laba dan sarangnyaterperangkap dalam resin yangmengeras sejak jutaan tahun lalu.
Berita Terkait:
 
Object1
 
 
Namun, beberapa spesies memodifikasi bentuk jaringnya dari bentuk dasarnya. Salah satunya memilikistruktur menyerupai tangga. Bentuk jaring seperti ini terutama dipakai untuk menjerat ngengat yangmemiliki sisik yang mudah lepas di seluruh bagian tubuhnya."Saat seekor ngengat terbang ke jaring yang normal, hanya sisiknya yang menempel dan ngengat itusendiri dapat melepaskan diri. Namun, dengan struktur tangga, seluruh tubuh ngengat ngengat akanmasuk ke perangkap sehingga tetap terjebak," kata Penney.Dalam laporannya, Penny dan Ortuno menulis bahwa laba-laba mungkin berkembang menjadi banyak spesies sejak zaman Cretaceous. Meledaknya populasi tanaman berbunga mengawali perkembanganserangga. hal tersebut juga memacu perkembangan laba-laba yang memangsa serangga.Fosil laba-laba yang hidup lebih tua juga ditemukan jauh dari masa dinosaurus, yaitu dari zamanDenovian sekitar 350 juta hingga 420 juta tahun lalu. Beberapa fosil yang ditemukan dari masa ini telahmemiliki sejenis spinneret, organ di bagian perut laba-laba yang digunakan untuk memilin benang.Namun, masih belum dipastikan apa gunanya bagi laba-laba saat itu. Selain untuk membuat sarang,sebagian laba-laba modern juga menggunakannya untuk membuat benang yang melindungi kantungtelurnya.
Sumber:
Penulis:
Wah18 OKTOB 2008
Laba-laba
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi,cari
 
Laba-laba
 
Laba-laba penenun di tengah jaringnya
Kerajaan:AnimaliaFilum:ArthropodaKelas:ArachnidaOrdo:
Araneae
111 suku, 40,000 spesies
Subordo
 Lihat pulaTabel Suku
Laba-laba
, atau disebut juga
labah-labah
, adalah sejenis hewan berbuku-buku (artropoda) dengan
dua segmen tubuh
,
empat pasang kaki
, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenislaba-laba digolongkan ke dalam ordo
Araneae
; dan bersama dengan kalajengking,kutu, caplak dan kerabatnya --semuanya berkaki delapan-- dimasukkan ke dalam kelas
Arachnida
. Bidang studimengenai laba-laba disebut
arachnologi
.Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora), bahkan kadang-kadangkanibal. Mangsa utamanya adalahserangga. Hampir semua jenis laba-laba, dengan perkecualian sekitar 150 spesies dari sukuUloboridae dan Holarchaeidae, dan subordo Mesothelae, mampu menginjeksikan bisamelalui sepasang taringnya kepada musuh atau mangsanya. Meski demikian, dari puluhan ribu spesies yang ada, hanyasekitar 200 spesies yang gigitannya dapat membahayakan manusia.Tidak semua laba-laba membuat jaringuntuk menangkap mangsa, akan tetapi semuanya mampumenghasilkan benangsutera--yakni helaian serat protein yang tipis namun kuat-- dari kelenjar (disebut
spinneret 
) yang terletak di bagian belakang tubuhnya. Serat sutera ini amat berguna untuk membantupergerakan laba-laba, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa, membuat kantungtelur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->