Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
17Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
02_bab_1

02_bab_1

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 3,908|Likes:
Published by Siskaliana Dianita

More info:

Published by: Siskaliana Dianita on Nov 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/12/2012

pdf

text

original

 
1
Kimia Kelas X 
Struktur Atom
I
Pernahkah Anda mem-bayangkan bahwa keber-adaan alam semesta, duniadan seisinya termasuk jugakita hanya mungkin terjadidengan adanya kese-imbangan yang teramathalus dan teliti? Atomadalah bagian terkecil darisuatu unsur yang masihmemiliki sifat unsur tersebut.Struktur atom menggambar-kan bagaimana partikel-partikel dalam atom ter-susun. Pada bab ini Andadiajak untuk meninjau lebih jauh tentang struktursempurna yang berada didalam sebuah atom.
Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkanmampu mengidentifikasi atom dan strukturnya berdasarkan Tabel Periodik Unsur.
 
2
Struktur Atom
Model AtomInti AtomProtonNeutronEksperimenSinar KatodeElektronEksperimenSinar KatodeKonfigurasiElektronEksperimenChadwickKulitElektronModel AtomDaltonModel AtomModern
 
Model AtomModernModel AtomBohr
 
Model AtomBohrModel AtomRutherford
 
Model AtomRutherfordModel AtomThomson
Atom
 
3
Kimia Kelas X 
Atom terdiri atas proton, neutron, dan elektron. Proton dan neutron beradadi dalam inti atom. Sedangkan elektron terus berputar mengelilingi inti atomkarena muatan listriknya. Semua elektron bermuatan negatif (–) dan semua pro-ton bermuatan positif (+). Sementara itu, neutron bermuatan netral. Elektronyang bermuatan negatif (–) ditarik oleh proton yang bermuatan positif (+) padainti atom. Elektron tersebut tidak meninggalkan inti, meskipun ada gayasentrifugal yang terjadi akibat kecepatan elektron. Atom memiliki elektron di bagian luarnya sedangkan proton dalam jumlah yang sama di bagian pusatnya,sehingga muatan listrik atom berada dalam keadaan seimbang. Namun, baikvolume maupun massa proton lebih besar daripada elektron. Jika kitamembandingkannya, perbedaan di antara kedua partikel ini seperti perbedaanantara manusia dengan sebutir kacang kenari. Walaupun demikian, muatan listriktotal keduanya tetap sama besar. Apa yang akan terjadi jika muatan listrik pro-ton dan elektron tidak sama besar?Dalam hal ini, semua atom di alam semesta akan menjadi bermuatan positif (+) karena ada kelebihan muatan listrik positif (+) di dalam proton. Akibatnya,semua atom akan saling bertolakan satu sama lain. Apa yang akan terjadi jikasituasi seperti ini berlangsung? Apa yang akan terjadi jika semua atom di alamsemesta saling bertolakan? Hal yang akan terjadi sangat tidak lazim. Begitu terjadiperubahan seperti itu di dalam atom, tangan Anda yang saat ini sedangmemegang buku, begitu pula lengan Anda, akan hancur berantakan. Tidak hanyatangan dan lengan, tetapi juga tubuh, kaki, kepala, gigi Anda, singkatnya setiap bagian tubuh Anda akan terpisah-pisah saat itu juga. Ruangan yang Andatempati, pemandangan di luar yang terlihat dari jendela juga akan berantakan.Semua laut di bumi, gunung-gunung, semua planet di dalam tata surya dansemua benda-benda langit di jagat raya akan musnah, hancur secara serempak.Tidak ada satu benda pun yang akan tersisa. Demikianlah karena keseimbanganyang sangat teliti dari struktur atom maka tercipta pula keseimbangan alamsemesta.
A.Perkembangan Teori Atom
Anda telah mengetahui beberapa unsur dalam kehidupan sehari-hari. Unsurdapat mengalami perubahan materi yaitu perubahan kimia. Ternyata perubahankimia ini disebabkan oleh partikel terkecil dari unsur tersebut. Partikel terkecilinilah yang kemudian dikenal sebagai atom. Jika Anda memotong satu batang kapur menjadi dua bagian, kemudiandipotong lagi menjadi dua bagian dan seterusnya maka bagian terkecil yangtidak dapat dibagi lagi inilah yang mengawali berkembangnya konsep atom.Konsep atom itu dikemukakan oleh Demokritos yang tidak didukung oleheksperimen yang meyakinkan, sehingga tidak dapat diterima oleh beberapa ahliilmu pengetahuan dan filsafat.Pengembangan konsep atom-atom secara ilmiah dimulai oleh John Dalton(1805), kemudian dilanjutkan oleh Thomson (1897), Rutherford (1911), dandisempurnakan oleh Bohr (1914).

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Karin Ririn liked this
Robbta Javas liked this
Kelvin Leo liked this
Cahaya Asikkzz liked this
Diiah Sonehyun liked this
Reza Aulia liked this
Irsam Yulianto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->