Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Doc 18 Unsur Pertama

Doc 18 Unsur Pertama

Ratings: (0)|Views: 283 |Likes:
Published by Novalila Kisaki

More info:

Published by: Novalila Kisaki on Nov 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

 
 [18 Unsur pertama tabel periodik] | [duniaunsur.blogspot.com]
    P   a   g   e
    1
18 ELEMEN PERTAMA
HIDROGEN [HYDROGEN]
Ayo kita mulai perjalanan “tabel periodik” kita dengan Hidrogen. Mengapa mulai dengan hidrogen?Hidrogen adalah unsur pertama dalam tabel periodik dan yang paling dasar dan umum dari semuaelemen di alam semesta. Lebih dari Sembilan puluh persen dari semua atom di alam semesta adalahatom hidrogen dan mereka adalah yang paling ringan dari semua elemen.Meskipun hidrogen telah ada di dunia bahkan sebelum umat manusia terlahir, seorang ahli kimiabernama
Lavoisier
lah yang pertama kali memberikan nama pada hidrogen. Nama hidrogenberasal dari kata latin “Hydro” yang berarti
air
. Lavoisier tahu hidrogen ada di semua molekul air. Parailmuwan menggunakan huruf “H” untuk mewakili hidrogen dalam semua persamaan kimia dandeskripsi, yang berarti,
H
adalah simbol untuk unsur Hidrogen. Gambar dibawah menunjukkaninformasi tentang hidrogen yang perlu kamu ketahui.
DIMANA KITA BISA MENEMUKAN HIDROGEN?
MATAHARI
Hidrogen sangat mudah terbakar. Seperti yang kamu ketahui, Matahari adalah suatubola api yang besar. Salah satu elemen yang membuat matahari terbakar sehinggaterang adalah hidrogen.
 
 [18 Unsur pertama tabel periodik] | [duniaunsur.blogspot.com]
    P   a   g   e
    2
 
PENGELASAN
Pernahkah kamu melihat orang mengelas? Mereka menggunakan gas yang dapatterbakar sangat panas dan membuat nyala yang terang. Salah satu gas tersebutadalah hidrogen.
Tumbuhan dan gula
Hidrogen ada di semua tumbuhan. Ada gula di seluruh tumbuhan dan ada hidrogendalam gula. Itulah mengapa, hewan memakan tumbuhan ... Agar merekamendapatkan gula dan energi.
KRIOGENIKA
Hidrogen digunakan dalam sesuatu yang disebut kriogenika. Kriogenika adalahproses ketika para ilmuwan membekukan sesuatu. Ketika dalam bentuk cairHidrogen itu sangat, sangat dingin. Para ilmuwan menggunakan hidrogen dingintersebut untuk membekukan sesuatu dengan sangat cepat.
HELIUM [HELIUM]
Mari kita selesaikan baris paling atas dari tabel periodik dengan melihat helium. Kamu akanmenemukannya di bagian kanan atas tabel sebagai unsur nomor dua. Helium adalah unsur yang sangatsederhana lainnya yang akan kamu temukan dengan satu orbital atom. Ahli kimia Lockyear danFrankland lah yang menamai unsur ini. Mereka menamakannya dengan bahasa latin dari Matahari,"helios". Bahkan ketika pertama kali ditemukan dan diidentifikasi, para ilmuwan tahu bahwa adasejumlah besar helium di matahari.Mirip dengan hidrogen, helium biasanya ditemukan sebagai gas dan tidak memiliki warna atau bau.Helium ditemukan di mana-mana di alam semesta dan merupakan unsur kedua yang paling umum,seperti hidrogen. Gambar dibawah menunjukkan informasi tentang helium yang perlu kamu ketahui.
 
 [18 Unsur pertama tabel periodik] | [duniaunsur.blogspot.com]
    P   a   g   e
    3
DIMANA KITA BISA MENEMUKAN HELIUM?
MATAHARI
Helium terdapat di matahari. Benar sekali! Jika kamu bisa melihat segala sesuatu dibawah matahari, kamu akan menemukan sejumlah besar helium. Matahari adalahsebuah bola gas yang sangat besar dan semua gas terbakar. Salah satu gas yangmenghasilkan api pada proses pembakaran tersebut adalah helium.
BALON
Pernah kamu mendapat balon sebagai hadiah? Kamu tahu bagaimana balon selalumencoba untuk terbang menjauh? Itu karena ada helium didalamnya. Heliumadalah unsur yang sangat ringan. Ketika kamu memasukkannya ke dalam balon, iaakan mencoba untuk terbang/bergerak ke atas (mengapung di udara).
TANKI UDARA BERTEKANAN
Setiap kali kamu melihat seorang penyelam SCUBA dalam air, kamu harus tahubahwa ia memiliki helium di tangki udara nya. Penyelam menggabungkan heliumdan udara biasa dalam tank-tank pada tekanan yang sangat tinggi. Ketika merekamenyelam jauh ke dalam air helium membuat mereka lebih mudah untuk bernapas.
LASER
Kadang-kadang helium digunakan dalam laser. Helium adalah unsur yang baik untukdigunakan karena helium bersifat non-reaktif. Bahkan pada suhu yang sangat tinggi,helium tidak akan berikatan dengan unsur lainnya.
Pendingin
Reaktor nuklir menggunakan helium sebagai pendingin. Ketika helium dalam bentukcair memiliki suhu yang sangat rendah. Karena reaktor bisa menjadi sangat panas,para ilmuwan perlu sesuatu yang sangat dingin untuk menjaga segala sesuatu dibawah kendali.
BAHAN BAKAR ROKET
Ketika NASA menembakkan roket ke ruang angkasa, mereka menggunakan helium.Ketika mereka meluncurkan roket ke ruang angkasa, mereka juga kadang-kadangmenggunakan helium untuk mendinginkan mesin.
Balon udara
Jika kalian pergi ke suatu pertandingan sepak bola kamu mungkin akan melihatbalon udara. Balon udara menggunakan helium untuk tetap berada di udara. Heliumlebih ringan dari udara biasa sehingga membantu suatu benda untuk mengapung diudara. Sebuah balon udara diisi dengan helium dan mengapung di udara untukwaktu yang sangat lama. Kemudian mereka menggunakan baling-baling untukbergerak.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->