Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kewajiban Berdakwah

Kewajiban Berdakwah

Ratings: (0)|Views: 877|Likes:
Published by aqilanet_26

More info:

Published by: aqilanet_26 on Dec 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Dari ketiga agama tauhid (monotheism), hanya agama Yahudi yang bukan agamamisi. Islam, seperti juga Nasrani adalah agama dakwah yang mewajibkan para pemeluknyauntuk mengemban misi dakwah, yaitu mengajak orang lain kepada kebenaran. Kebenaranmenurut Islam adalah pesan-pesan yang disampaikan tuhan melalui nabi Muhammad s.a.w.yang berupa Al-Quran dan Al-Hadits. Itulah kebenaran yang hakiki, selain itu adalahkebenaran nisbi. Dengan kata lain kebenaran hakiki adalah kebenaran wahyu sedangkankebenaran menurut pemikiran akal saja adalah kebenaran nisbi. Jadi, misi dakwah seorangmuslim adalah mengajak orang lain untuk mengamalkan Quran dan hadits. MengamalkanQuran dan hadits berarti melakukan perintah Tuhan dan meninggalkan laranganNya. Hal inisesuai dengan ungkapan Ibn Taimiyah tentang dakwah, bahwa tidak sempurna dakwah ke jalan Allah kecuali dengan menyuruh orang melakukan apa yang dicintai Allah danmeninggalkan apa yang dibenciNya, baik itu perkataan atau perbuatan.Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa agama Islam adalah agama misi atau agamadakwah memang tidak bisa disangkal lagi dilihat dari teks suci yang mewajibkan pemeluk Islam untuk melakukan aktivitas dakwah. Berikut peneliti kutip sebagian dari ayat-ayat yangmengandung perintah untuk berdakwah.
B.Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang kewajiban berdakwah2.Untuk mengetahui ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang tanggung jawabmanusia terhadap keluarga dan masyarakat.3.Untuk mengetahui ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang berlaku adil dan jujur 1
 
BAB IIPEMBAHASANA.Memahami Ayat Ayat Al-Qur’an Dan Hadits Tentang Kewajiban Berdakwah
Dakwah merupakan aktivitas yang sangat penting dan inheren dengan Islam. OlehAwis Karni, sangat sulit memisahkan dakwah dengan Islam karena Islam itu berkembangdengan lewat dakwah. Dakwah adalah suatu upaya mengajak manusia kepada kebaikan dan petunjuk, menyuruh berbuat baik dan mencegah berbuat mungkar yang dilarang oleh AgamaIslam. Dengan dakwah, segala kegiatan yang melanggar aturan agama Islam dapatdihindarkan dan disana pula ajaran Islam dapat diterima oleh manusia. Islam yangdisyariatkan melalui kegiatan dakwah yang berfungsi untuk menata kehidupan yang agamisdan penuh dengan keredhaan Allah SWT. Karena pentingnya dakwah itu, maka kegiatandakwah bukanlah pekerjaan yang dipikirkan dan dikerjakan sambil lalu saja melainkan suatu pekerjaan yang mesti direncanakan dengan matang, dilakukan secara
 sustainable
, dandilaksankan secara konsisten.
1.Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadist Tentang Kewajiban Berdakwaha.QS. An Nahl Ayat 125Artinya:
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik serta bantahlah mereka dengan cara yang baik. SesungguhnyaTuhanmu Dialah yang lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nyadan Yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”
b.QS. Asy-Syu'ara 214-216Artinya:
 Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat, (26:214) Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaituorang-orang yang beriman. (26:215) Jika mereka mendurhakaimu maka katakanlah: "Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan"; (26:216)
2
 
QS. Al- Hijr 94Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yanmusyrik. (15:94)
c.QS. Al-Hijr 94-96
Maka sampaikanlah olehmu segala apa yang diperintahkan (kepadamu)danberpalinglah dari orang-orang yang musyrik.Sesungguhnya Kami memelihara kamu dari (kejahatan) orang-orang yang memperolok-olokan (kamu), yaitu orang-orang yang menganggap adanya ilah yang lain di samping  Allah; maka mereka kelak akan mengetahui (akibat-akibatnya).
d.Hadist
Artinya:
 Perintahkanlah (olehmu) akan kebaikan meskipun kamu belummengerjakan kebaikan itu, dan cegahlah olehmu dari pada munkameskipun kamu belum meninggalkannya.
2.Kandungan-Kandungana.QS. An-Nahl 125
Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang samadengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar,sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.
b.Q.S. Asy-Syu'ara 214-216
Keluarga seseorang yang menjadi pokok. Yang dimaksud di sini ialah BaniHasyim dan Bani ‘Abdul Muthalib. Beliau diperintah untuk memperingatkan kerabatkarena memperhatikan urusan mereka sangatlah penting. 214Lenturkanlah tubuhmu terhadap mereka dan hendaklah kamu mampu bergauldengan mereka yang keadaannya sangat sederhana dan berinteraksilah denganmereka melalui akhlak yang baik. 2153

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->