Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah gelombang elektromagnetik

Makalah gelombang elektromagnetik

Ratings: (0)|Views: 4,621 |Likes:

More info:

Published by: i putu brama arya diputra oi on Dec 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar BelakangSaat ini dalam ilmu fisika banyak sekali materi yang terdapat didalamnya.Materi-materi tersebut keluar atau ada tidak secara tiba-tiba. Ilmu fisikasangat mempertahankan sifat empiriknya. Materi-materi tersebut munculkarena adanya penelitian yang dilakukan oleh ilmuan-ilmuan zaman dulu.Mereka mencari masalah dan menyelesaikannya dengan menyelidiki apayang berpengaruh didalamnya. Mereka membuktikannya melaluipercobaan-percobaan. Percobaan yang mereka lakukan tidak cukup 1 atau2 kali, untuk memperoleh hasil yang jelas dan dapat dibuktikankebenarannya mereka harus berulang-ulang kali melakukan percobaanhingga akhirnya mereka mengeluarkan hukum-hukum yang berlaku difisika hingga saat ini.Materi-materi yang terdapat pada ilmu fisika diantaranyagelombang,mekanika kuantum, mekanika klasik, optik, termodinamika,relativitas, radioaktif dan lain sebagainya. Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang dapat merambat tanpa menggunakan mediumperantara. Gelombang elektromagnetik tersebut ditemukan oleh HeinrichHertz. Untuk tahu lebih jelasnya bagaimana sejarah perkembangannyamaka makalah ini dibuat.
 
1.2
 
TujuanTujuan pembuatan makalah ini adalah bertujuan agar pembaca dapatmengetahui bagaimana sejarah perkembangan dari gelombangelektromagnetik.
 
 
BAB II
 
ISI
Menurut Christian Huygens (1629-1695) seorang ilmuwan berkebangsaanBelanda, menyatakan bahwa cahaya pada dasarnya sama dengan bunyidan berupa gelombang. Perbedaan cahaya dan bunyi hanya terletak padapanjang gelombang dan frekuensinya. Pada teori ini Huygens menganggapbahwa setiap titik pada sebuah muka gelombang dapat dianggap sebagaisebuah sumber gelombang yang baru dan arah muka gelombang ini selalutegak lurus tehadap muka gelombang yang bersangkutan. Pada teoriHuygens ini peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, ataupundifraksi cahaya dapat dijelaskan secara tepat, namun dalam teori Huygensada kesulitan dalam penjelasan tentang sifat cahaya yang merambat lurus.Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kalidijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di RoyalSociety mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (bahasa Inggris:A dynamical theory of the electromagnetic field), berdasarkan hasil kerjapenelitiannya antara 1861 dan 1865.Percobaan James Clerk Maxwell (1831
 – 
1879) seorang ilmuwanberkebangsaan Inggris (Scotlandia) menyatakan bahwa cepat rambatgelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya yaitu 3×108m/s, oleh karena itu Maxwell berkesimpulan bahwa cahaya merupakangelombang elektromagnetik. Kesimpulan Maxwell ini di dukung oleh :
 
Seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman, Heinrich Rudolph Hertz(1857
 – 
1894) yang membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang tranversal. Hal ini sesuai dengan kenyataanbahwa cahaya dapat menunjukkan gejala polarisasi.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhammad Sukron liked this
Randy Rdy liked this
Waniey Toqkimo liked this
Waniey Toqkimo liked this
Dek'wi Aja liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->