Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sop Tata Cara Pelayanan Informasi

Sop Tata Cara Pelayanan Informasi

Ratings: (0)|Views: 1,060 |Likes:
Published by andrabegal

More info:

Published by: andrabegal on Dec 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
POLRI DAERAH JAWA TIMURRESORT KEDIRISUB BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT
STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP)
 
TENTANG
 
TATACARA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK POLRES KEDIRI
 
I. PENDAHULUAN
 
1. UMUM
Dalam Undang - undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28Fdisebutkan bahwa setiap orang berhak untuk ber komunikasi dan memperoleh informasi,mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya serta berhak untuk mencari, memperoleh,memiliki dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.Untuk memberikan jaminan terhadap semua orang dalam memperoleh informasimaka dibentuk undang-undang yang mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik. Hal inidiperlukan mengingat hak manusia untuk memperoleh informasi merupakan Hak Asasi Manusiasebagai salah satu wujud dari kehidupan berbangsa bernegara yang demokratis.Dalam kesiapannya menghadapi era Keterbukaan Informasi Publik, Polres Kediri sebagaisalah satu badan publik, dituntut untuk lebih meningkatkan kinerjanya secara optimal danprofessional sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan informasi kepada publik secaracepat, murah, transparan dan Akuntabel.Seiring dengan tuntutan masyarakat yang semakin komplek dan kritis terhadap jasapelayanan informasi maka dibutuhkan kesiapan secara menyeluruh baik perangkat kerasmaupun perangkat lunak dan penyediaan jasa layanan informasi. Salah satu bentuk daripadakegiatan tersebut adalah penyiapan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yangbertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayananinformasi.Guna memudahkan kinerja dan mendapatkan hasil yang optimal dipandang perlu untukmembuat Standar Operation Procedure (SOP) tentang tata Cara Pelayanan Informasi.
2. DASAR
a. Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
 
b. Undang–Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukan Informasi Publik.c. Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publikd. Grand Strategi Polri 2004-2025.e. Renstr a Polri 2010–2014.f. Refor masi Birokr asi Polri.
 
2
3. MAKSUD DAN TUJUANa.
 
Maksud
Pembuatan Standar OperationProcedure (SOP) ini dimaksudkan sebagai pedoman dasarPejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Polri bertugas dalam pelayananinformasi.
b.
 
Tujuan
Tujuan Pembuatan Standar Operation Procedure (SOP) ini sebagai acuan pelaksanaantugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Polres Kediri guna mendapatkanpersamaan persepsi, kesatuan tindak dan keseragaman dalam pelayanan informasi.
4. RUANG LINGKUP
Adapun ruang lingkup dari pada Standar Operation Procedure (SOP) ini meliputi tatacara pelayanan informasi.
5. PENGERTIAN - PENGERTIAN
a.
 
Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan dan tanda–tanda yang mengandungnilai, makna, dan pesan, baik data, data maupun penjelasannya yang dapat dilihat,didengar, dan dibaca disajikan dalam ber bagai kemasan dan format sesuai denganperkembangan teknologi Informasi dan komunikasi secara elektronik ataupunnonelektronik.b.
 
Informasi Publik adalah Informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikiriim, dan/atauditerima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara danpenyelenggaraan badan Publik lainnya yang sesuai dengan Undang–Undang ini sertaInformasi lain yang berkaitan dengan kepentingan Publik.c. Pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang ber tanggung jawabdibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan Informasi dibadan Publik.d. Orang adalah orang perseorangan, kelompok orang, badan hukum, atau badan publiksebagaimana dimaksud dalam Undang–Undang.e. Pengguna informasi Publik adalah orang yang menggunakan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang–Undang.f. Pemohon informasi Publik adalah warga negara dan/atau badan hukum Indonesia yangmengajukan permintaan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang–Undang.g. Pelayanan informasi adalah serangkaian kegiatan pelayanan kepada pemohon informasiberupa penerimaan permohonan, pencatatan dan pemberian informasi.h. Subbaghumas Polres Kediri adalah fungsi yang melaksanakan pelayanan informasi diPolres Kediri.
 
3
II. TATA CARA PELAYANAN INFORMASI.a. Persiapan pelayanan informasi:
1) Mempersiapkan sarana dan prasarana pelayanan baik berupa buku register danblangko tanda penerimaan permohonan informasi.2) Mempersiapkan personil/petugas pelayanan informasi.
b. Pelaksanaaan pelayanan informasi:
1) Mencatat nama dan alamat pemohon informasi Publik, subjek dan format informasiserta cara penyampainan informasi yang diminta oleh pemohon informasi publik.2) Mencatat permintaan infor masi publik yang diajukan secar a tidak tertulis.3) Memberikan tanda bukti penerimaan permintaan informasi.4) Dalam hal permintaan disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik,nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permintaan.5) Dalam hal permintaan disampaikan melalui surat, pengirman nomor pendaftarandapat diberikan bersamaan dengan pengiriman informasi.
c Tanggung jawab pelayanan informasi:
1) Mendokumentasikan Informasi dan data yang diperoleh dalam bentuk foto, rekamandan Audio Visual.2) Memberikan pelayanan informasi dengan mengirimkan secara berkala, serta mertadan setiap saat informasi dan dokumentasi kepada pengemban fungsi Humas.3) Kelancaran pelayanan informasi kepada pengemban fungsi Humas.4) Kerahasiaan Informasi yang dikecualikan kepada masyarakat.5) Keakuratan Informasi yang diberikan kepada pengemban fungsi Humas danmasyarakat.
d. Bentuk pelayanan informasi.1)
 
Penyampaian informasi publik dilakukan dalam bentuk:
(a) Pemberian informasi dan data secara langsung.(b) Pemberian informasi melalui akses informasi dan data teknologi informasi dankomunikasi.
2) Penyampaian informasi dan data secara langsung kepada publik oleh Pelayaninformasi dalam bentuk antara lain:
(a) Tulisan(b) Laporan(c) Gambar(d) Grafik(e) Rekaman
2)
 
Penyampaian akses informasi dan data melalui teknologi informasi dan komunikasioleh Pelayan informasi dapat diperoleh melalui antara lain:
(a) Internet(b) Multimedia Messages System (MMS)(c) Pesan singkat (Short Messages System/SMS)(d) Faksmil.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->