Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BIOLOGI PERILAKU

BIOLOGI PERILAKU

Ratings: (0)|Views: 394|Likes:
Published by Dark Green

More info:

Published by: Dark Green on Dec 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH BIOLOGIBIOLOGI PERILAKUDosen :
Aunurohim, DEA
Oleh :
Dewi Indra Setiawan 1311100115Putri Milakhul Khasanah 1311100116Anggraini Ayu N. 1311100118I Made Purwaputra 1311100125Rizka Fauzia 1311100126Brian Arinda 1311100127
Jurusan StatistikaFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamInstitut Teknologi Sepuluh NopemberSurabaya2011
 
I. PENDAHULUAN
 S
uatu definisi kamus mengenai perilaku mungkin berupa “ bertindak, bereaksi, atau
berfungsi dalam suatu cara
teretentu sebagai respon terhadap beberapa rangsangan (stimulus)”.
Banyak perilaku memang terdiri atas aktivitas otot yang dapat diamati secara eksternal, yaitu
komponen “bertindak” dan “bereaksi” dari defenisi tersebut. akan tetapi jika seekor burung muda
 yang mendengarkan kicauan burung dewasa mungkin tidak menunjukkan adanya hubungan denganaktivitas otot. Sebagai gantinya, ingatan akan kicauan burung dapat disimpan dalam otak burungmuda dan setiap respon otot yang diamati muncul belakangan. Dengan demikian, jika kitamenganggap perilaku (behavior) sebagai apa yang dilakukan oleh hewan dan bagaimana hewantersebut melakukannya, definisi ini akan meliputi komponen perilaku yang tidak berkaitan denganpergerakan dan juga tindakan hewan yang dapat diamati(Campbell.2004).
II. PERILAKU DISEBABKAN OLEH GEN DAN FAKTOR LINGKUNGAN
Seperti ciri fenotipik lainnya, perilaku memperlihatkan suatu kisaran variasi fenotipik yangbergantung pada lingkungan, di mana genotype itu diekspresikan. Namun demikian, terdapat suatunorma reaksi. Perilaku dapat diubah oleh pengalaman di lingkungan. Faktor-faktor lingkungan yangmempengaruhi perilaku adalah semua kondisi di mana gen yang mendasari perilaku itudiekspresikan. Hal ini meliputi lingkungan kimiawi di dalam sel, dan juga semua kondisi hormonal dankondisi kimiawi dan fisik yang dialami oleh seekor hewan yang sedang berkembang di dalam sebuahsel telur atau di dalam rahim. Perilaku juga meliputi interaksi beberapa komponen sistem saraf hewan dengan efektor, dan juga berbagai interaksi kimia, penglihatan, pendengaran, atau sentuhandengan organisme lain. Adalah tidak tepat untuk mengatakan bahwa setiap perilaku hanya semata-mata disebabkan oleh gen. Semua gen, termasuk gen-gen yang ekspresina mendasari perilakubawaan, memerlukan suatu lingkungan untuk diekspresikan (Campbell.2004).
2.1 PERILAKU HEWAN
 Perilaku adalah aktivitas suatu organisme akibat adanya suatu stimulus. Dalam mengamatiperilaku, kita cenderung untuk menempatkan diri pada organisme yang kita amati, yakni denganmenganggap bahwa organisme tadi melihat dan merasakan seperti kita. Ini adalah antropomorfisme(Y: anthropos = manusia), yaitu interpretasi perilaku organisme lain seperti perilaku manusia.Semakin kita merasa mengenal suatu organisme, semakin kita menafsirkan perilaku tersebut secaraantropomorfik.
A.
 
Innate
 Merupakan perilaku atau suatu potensi terjadinya perilaku yang telah ada di dalam suatuindividu. Perilaku yang timbul karena bawaan lahir berkembang secara tetap/pasti. Perilaku ini tidak
 
memerlukan adanya pengalaman atau memerlukan proses belajar, seringkali terjadi pada saat barulahir, dan perilaku ini bersifat genetis (diturunkan).
GAMBAR 1.1
Tukik yang mampu menuju laut meski tanpa pemanduSumber Gambar:http://suryotomo.files.wordpress.com 
B.
 
Insting
 Adalah perilaku innate klasis yang sulit dijelaskan, walaupun demikian terdapat beberapa perilakuinsting yang merupakan hasil pengalaman, belajar dan adapula yang merupakan factor keturunan.Semua maklhuk hidup memiliki beberapa insting dasar.
Pola Aksi Tetap (FAP = Fixed Action Pattern )
 FAP adalah suatu perilaku steretipik yang disebabkan oleh adanya stimulus yang spesifik. Contoh:ü Saat anak burung baru menetas akan selalu membuka mulutnya, kemudian induknya akanmenaruh makanan di dalam mulut anak burung tersebut.ü
Anak bebek yang baru menetas akan masuk ke dalam air. Perilaku ini telah “diprog
ram
sebelumnya”, dengan kata lain, tidak diperlukan proses belajar.
 ü Pada perilaku kawin pada burung merak (Pavo muticus), burung jantan akan menunjukkankeindahan warna ekor bulunya.ü Induk burung tidak perlu belajar untuk memberi makan anaknya yang baru menetas, anak bebektidak perlu belajar berenang.
Perilaku Akibat Proses Belajar
 Proses belajar seringkali didefinisikan sebagai suatu upaya untuk mendapatkan informasi dari adanyainteraksi, atau suatu perilaku yang memang telah ada pada organisme (hewan) dan cenderungmemberikan pengertian dari suatu upaya coba-coba. Kita ketahui bahwa perilaku dipengaruhi olehfactor genetic, sehingga organisme (hewan).
III. JENIS-JENIS PERILAKU
Jenis
 –
jenis perilaku dapat dibagi menjadi :
Perilaku tanpa mencakup susunan saraf 
 
 
Kinesis
: yaitu gerak pindah yang diinduksi oleh stimulus, tetapi tidak diarahkan dalam tujuantertentu. Meskipun demikian, perilaku ini masih terkontrol.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->