Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
97Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Skripsi

Skripsi

Ratings:

4.95

(19)
|Views: 12,574 |Likes:
Published by anon-226094

More info:

Published by: anon-226094 on Oct 22, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2013

pdf

text

original

 
Skripsi-Tesis.com™Layanan Referensi untuk Penelitian dan Pengkajian lebih lanjut »» HomeLayanan dan HargaDid You Know? It is impossible to hum if your nose is plugged.RSS Feeds: Posts CommentsANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BANK MANDIRI CABANGYOGYAKARTA TERHADAP KEPUASAN NASABAHJul 2nd, 2008Visited 400 times, 2 so far today by admin2BAB IPENDAHULUAN A. Latar Belakang MasalahBank merupakan salah satu lembaga keuangan atau perusahaan yang bergerak di bidangkeuangan. Pengertian bank menurut Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 tentangPerubahan Atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, menyatakan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk- bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Ada juga pengertian bank yang dikemukakan para ahli. Abdurarachman (2001 : 1) mengatakan bahwa :Bank adalah suatu badan usaha yang melaksanakan berbagai macam jasa, sepertimemberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai perusahaan-perusahaan, dan lain-lain. Selain itu, Suyatno (1996 : 1) memberikan pengertian bank sebagai badan yang usahautamanya menciptakan kredit. 
 
Dari pengertian tersebut dapat dikemukakan bahwa usaha bank selalu berkaitan denganmasalah keuangan, yaitu : menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya. Dengan demikian bank sebagai suatu badan berfungsi sebagai perantarakeuangan (financial intermediary) dari dua pihak, yaitu pihak yang kelebihan dana(surplus unit) dan pihak yang kekurangan dana (defisit unit). Hal ini juga yangmenyebabkan lembaga bank disebut sebagai lembaga kepercayaan (Kasmir, 2000 : 27),artinya pihak yang kelebihan dana mempercayakan sepenuhnya kepada bank untuk mengelola dananya termasuk menyalurkannya kepada pihak yang kekurangan ataumemerlukan dana berupa kredit. Wujud kepercayaan tersebut dalam bentuk tidak ikutcampurnya pihak surplus ini dalam menentukan pihak defisit mana yang layak dipercaya.Bank sebagai lembaga perantara keuangan, di samping harus tetap menjaga kepercayaanmasyarakat dengan menjamin tingkat likuiditas juga harus beroperasi secara efektif danefisien untuk mencapai tingkat rentabilitas (keuntungan) yang memadai.Kunci dari keberhasilan manajemen bank adalah bagaimana bank tersebut bisa merebuthati masyarakat sehingga peranannya sebagai financial intermediary (perantarakeuangan) berjalan dengan baik (Sinungan, 2000 : 79). Salah satu hal yang bisa merebuthati masyarakat adalah adanya kinerja bank yang baik. Bagi nasabah, mengetahui kinerjasuatu bank dapat membantu mengambil keputusan apakah bank tersebut dapat dipercayaatau tidak (Harnanto, 1991 : 352).Bank Mandiri adalah sebuah bank ritel baru yang merupakan gabungan dari beberapa buah bank, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Ekspor Impor, Bank Dagang Negara, dan Bank Pembangunan Indonesia. Visi Bank Mandiri (Swasembada, Tahun XVI, No. 08) adalahmenjadi bank ritel terbesar di Indonesia. Sesuai dengan visi tersebut, Bank Mandirimenempatkan kebutuhan perorangan terhadap produk perbankan sebagai prioritas utama.Bank Mandiri Cabang Gejayan Yogyakarta adalah cabang Bank Mandiri yang berkantor  pusat di Jakarta dan berada di bawah pengawasan Bank Mandiri cabang Jalan Sudirman.Visi Bank Mandiri untuk menjadi bank ritel terbesar di Indonesia juga diemban olehBank Mandiri Cabang Gejayan. Oleh karena itu Bank Mandiri Cabang Gejayan dituntutuntuk memberikan citra positif dengan memperlihatkan kualitas pelayanan yang baik seperti yang diharapkan nasabah agar para nasabah puas.Berdasarkan uraian di atas perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui penilaiannasabah terhadap kualitas pelayanan Bank Mandiri Cabang Gejayan Yogyakarta. B. Perumusan MasalahPermasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah :1. Bagaimana penilaian nasabah terhadap kualitas pelayanan Bank Mandiri CabangGejayan Yogyakarta?
 
2. Apakah ada perbedaan penilaian nasabah terhadap kualitas pelayanan Bank MandiriCabang Gejayan Yogyakarta berdasarkan karakteristik nasabah (jenis kelamin, umur, danlama menjadi nasabah)? C. Batasan MasalahBatasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :1. Penelitian dilakukan di Kantor Cabang Bank Mandiri Yogyakarta.2. Penelitian dilakukan terhadap para nasabah Bank Mandiri Cabang GejayanYogyakarta.3. Penilaian kualitas pelayanan dinilai berdasarkan lima dimensi, yaitu :a. Tangible, memperlihatkan fasilitas fisik, peralatan, karyawan dan bahan-bahan.1) Penampilan gedung kantor 2) Interior bangunan gedung kantor 3) Penampilan karyawan b. Reliability, kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan-pelayanan yangdijanjikan dengan tepat dan dapat diandalkan.1) Keandalan menangani transaksi2) Ketepatan memenuhi janji3) Akurasi pencatatan transaksic. Responsiveness, kesediaan untuk membantu pelanggan dan memberikan pelayananyang cepat.1) Lama mengantri2) Kecepatan pelayanan3) Kesungguhan karyawan membantud. Assurance, pengetahuan dan sopan santun para karyawan dan kemampuan merekauntuk membangkitkan rasa kepercayaan dan rasa percaya pelanggan.

Activity (97)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ambu Radul Gtoch liked this
Ashif Ipnuddin liked this
mau tanya skripsi psikologi yang mengungkap masalah-masalah dalam pemeriksaan psikologis didalam psikotes yang tidak sesuai dengan prosedurnya ad ga? terima kasih :)
Onedy Brutal liked this
Ikrom liked this
Sulthan Saliem liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->