Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konflik dan Kekerasan

Konflik dan Kekerasan

Ratings: (0)|Views: 90 |Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Anggraini Nur Prabowo on Dec 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

 
KONFLIK DAN KEKERASAN
DISUSUN OLEH: XI IPS 3KELOMPOK 4: 1. Denada Puspacinta Y.S. (06)2. Anggraini Nur Prabowo (10)3. Bertha Kumalawati (12)4. Carinda Nabila Huda (13)5. Dessi Nur Isnaini (14)
 
PENGERTIAN KONFLIK
a.
 
Menurut Berstain (1965)
Konflik merupakan suatu pertentangan/ perbedaan yang tidak dapat di cegah.
b.
 
Menurut Drs. Ariyono Suyono
Konflik adalah proses/ keadaan dimana 2 pihak berusaha menggagalkan tujuanmasing-masing karena adanya perbedaan pendapat maupun nilai-nilai
c.
 
Menurut Dr. Robert M.Z Lawang
Konflik itu adalah perjuangan untuk memperoleh, nilai, keuntungan, status,kekuasaan, dimana tujuan mereka untuk menundukkan saingannya.
d.
 
Menurut Soerjono Soekanto
Konflik adalah suatu proses sosial dimana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan cara menantang pihak lawan dengan ancaman ataukekerasan.
e.
 
Menurut James W. Vander Zanden
Konflik adalah suatu pertentangan mengenai nilai atau tuntutan hak ataskekayaan, kekuasaan, status atau wilayah tempat piahak yang saling berhadapanbertujuan untuk menetralkan , merugikan, ataupun menyisihkan lawan mereka.
PENGERTIAN UMUM
 
Konflik pada umumnya merupakan gejala sosial yang sering munculdalam kehidupan bermasyarakat. Konflik timbul karena adanya persainganbaik antar individu, individu-kelompok, maupun kelompok-kelompok.
 
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB
a.
 
Perbedaan Antar Individu
Merupakan perbedaan yang menyangkut perasaan, pendirian, pendapat, atau ideyang berkaitan dengan harga diri, identitas, dan kebanggaan seseorang
b.
 
Perbedaan Kebudayaan
Kepribadian seseorang dibentuk dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.Tidak semua masyarakat mempunyai/memiliki nilai-nilai dan norma-norma sosialyang sama. Apa yang dianggap baik oleh suatu masyarakat belum tentu samadengan masyarakat lain.
c.
 
Perbedaan Kepentingan
Setiap individu maupun kelompok sering kali memiliki kepentingan yang berbedadengan individu/kelompok lain.semua itu bergantung dari kebutuhan2 hidupnya.
d.
 
Perubahan-Perubahan Sosial
Adanya perubahan-perubahan sosial yang terlalu cepat dalam masyarakat dapatmenyebabkan timbulnya perubahan nilai2 dan norma2 juga menyebabkanperbedaan pendirian.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->