Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU 15 Tahun 2011

UU 15 Tahun 2011

Ratings: (0)|Views: 3,821|Likes:
Published by Yurdani Ahmad

More info:

categoriesBusiness/Law
Published by: Yurdani Ahmad on Dec 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/19/2013

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 15 TAHUN 2011 TENTANGPENYELENGGARA PEMILIHAN UMUMDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa penyelenggaraan pemilihan umum yang berkualitasdiperlukan sebagai sarana untuk mewujudkan kedaulatanrakyat dalam pemerintahan negara yang demokratisberdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;b.
 
bahwa untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraanpemilihan umum yang dapat menjamin pelaksanaan hakpolitik masyarakat dibutuhkan penyelenggara pemilihanumum yang profesional serta mempunyai integritas,kapabilitas, dan akuntabilitas;c.
 
bahwa dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraanpemilihan umum sebagaimana dimaksud pada huruf b,Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentangPenyelenggara Pemilihan Umum perlu diganti;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu membentukUndang-Undang tentang Penyelenggara Pemilihan Umum;Mengingat : Pasal 1 ayat (2), Pasal 6A, Pasal 18 ayat (3) dan ayat (4),Pasal 19 ayat (1), Pasal 20, Pasal 21, Pasal 22C ayat (1), danPasal 22E Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN . . .
 
 
- 2 -MEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PENYELENGGARA PEMILIHANUMUM.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Pemilihan Umum, selanjutnya disingkat Pemilu, adalahsarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yangdiselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesiaberdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945.2.
 
Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, DewanPerwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerahadalah Pemilu untuk memilih anggota Dewan PerwakilanRakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan PerwakilanRakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan RakyatDaerah Kabupaten/Kota dalam Negara Kesatuan RepublikIndonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.3.
 
Pemilu Presiden dan Wakil Presiden adalah Pemilu untukmemilih Presiden dan Wakil Presiden dalam NegaraKesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila danUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.4.
 
Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota adalah Pemilihanuntuk memilih gubernur, bupati, dan walikota secarademokratis dalam Negara Kesatuan Republik Indonesiaberdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945.5. Penyelenggara . . .
 
 
- 3 -5.
 
Penyelenggara Pemilu adalah lembaga yangmenyelenggarakan Pemilu yang terdiri atas KomisiPemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu sebagai satukesatuan fungsi penyelenggaraan Pemilu untuk memilihanggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan PerwakilanDaerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Presiden danWakil Presiden secara langsung oleh rakyat, serta untukmemilih gubernur, bupati, dan walikota secara demokratis.6.
 
Komisi Pemilihan Umum, selanjutnya disingkat KPU, adalahlembaga Penyelenggara Pemilu yang bersifat nasional, tetap,dan mandiri yang bertugas melaksanakan Pemilu.7.
 
Komisi Pemilihan Umum Provinsi, selanjutnya disingkatKPU Provinsi, adalah Penyelenggara Pemilu yang bertugasmelaksanakan Pemilu di provinsi.8.
 
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, selanjutnyadisingkat KPU Kabupaten/Kota, adalah PenyelenggaraPemilu yang bertugas melaksanakan Pemilu dikabupaten/kota.9.
 
Panitia Pemilihan Kecamatan, selanjutnya disingkat PPK,adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kotauntuk melaksanakan Pemilu di tingkat kecamatan ataunama lain.10.
 
Panitia Pemungutan Suara, selanjutnya disingkat PPS,adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kotauntuk melaksanakan Pemilu di tingkat desa atau namalain/kelurahan.11.
 
Panitia Pemilihan Luar Negeri, selanjutnya disingkat PPLN,adalah panitia yang dibentuk oleh KPU untukmelaksanakan Pemilu di luar negeri.12.
 
Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, selanjutnyadisingkat KPPS, adalah kelompok yang dibentuk oleh PPSuntuk melaksanakan pemungutan suara di tempatpemungutan suara.13.
 
Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri,selanjutnya disingkat KPPSLN, adalah kelompok yangdibentuk oleh PPLN untuk melaksanakan pemungutansuara di tempat pemungutan suara luar negeri.14.
 
 Tempat Pemungutan Suara, selanjutnya disingkat TPS,adalah tempat dilaksanakannya pemungutan suara.15.
 
 Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri, selanjutnyadisingkat TPSLN, adalah tempat dilaksanakannyapemungutan suara di luar negeri.16. Badan . . .

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Phoo Iki Wae liked this
Idhamplg Ham liked this
Eko Rahardjo liked this
Salimz Cah Amba liked this
Nurdiana Ulfah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->